5 Kemenangan Michael Schumacher di Formula 1 GP Italia

Jadi kado manis untuk tuan rumah 

Michael Schumacher merupakan legenda Formula 1 yang fantastis. Pembalap asal Jerman tersebut menjadi pembalap pertama yang mengoleksi tujuh gelar juara dunia pembalap.

Schumacher sendiri sering kali menang di Italia. Kebetulan ia juga membela Ferrari, tim dari Italia.

Pada akhir pekan ini, Minggu (11/9/2022), F1 akan kembali ke Italia dengan menggelar GP Italia 2022. Balapan di kandang Ferrari ini menjadi saksi catatan manis yang pembalap Jerman tersebut pernah berikan, baik kepada tim maupun penggemarnya.

Sambil menunggu GP Italia 2022, simak deretan kemenangan Michael Schumacher di Formula 1 GP Italia!

1. GP Italia 1996

5 Kemenangan Michael Schumacher di Formula 1 GP ItaliaMichael Schumacher menangi GP Italia 1996. (twitter.com/Formula 1)

Michael Schumacher bergabung ke Scuderia Ferrari pada 1996. Saat sesi kualifikasi, ia menduduki posisi ketiga. Namun, ia berhasil menyelesaikan balapan di posisi pertama.

Selain berhasil menjadi pemenang, ia juga berhasil mencatatkan fastest lap dengan waktu 1:26,110. Selain itu, kemenangan ini merupakan kemenangan ketiganya pada 1996, sekaligus memberi kemenangan pertama untuk Ferrari di GP Italia sejak 1988, yang saat itu diraih Gerhard Berger.

2. GP Italia 1998

5 Kemenangan Michael Schumacher di Formula 1 GP ItaliaMichael Schumacher melakukan selebrasi usai menjuarai GP Italia 1998. (twitter.com/Michael Schumacher)

Michael Schumacher meraih kemenangan keduanya di GP Italia pada 1998. Ia memulai balapan dari pole position dan sukses menjadi pembalap pertama yang melewati garis finis.

Podium kedua menjadi milik rekan satu timnya saat itu, yakni Eddie Irvine. Hasil ini juga istimewa karena memberi kemenangan 1-2 untuk Ferrari di kandang.

Baca Juga: 5 Momen Tak Terlupakan Michael Schumacher di Formula 1 GP Belgia

3. GP Italia 2000

5 Kemenangan Michael Schumacher di Formula 1 GP ItaliaMichael Schumacher angkat trofi juara pertama GP Italia 2000. (twitter.com/Michael schumacher)

Michael Schumacher meraih kemenangan ketiganya di GP Italia pada 2000. Saat sesi kualifikasi, ia berhasil mengunci posisi start terdepan, yang diikuti rekannya Rubens Barrichello. Hasil ini tentu membanggakan penggemar Ferrari.

Saat balapan, Schumacher sukses mengunci podium pertama. Sayangnya, rekan satu timnya gagal menyelesaikan balapan karena mengalami kecelakaan.

4. GP Italia 2003

5 Kemenangan Michael Schumacher di Formula 1 GP ItaliaMichael Schumacher melakukan selebrasi setelah menjadi pemenang di GP Italia 2003. (twitter.com/Michael Schumacher)

Michael Schumacher memulai GP Italia 2003 dari pole position. Sementara itu, rekannya, Rubens Barrichello, start dari posisi ketiga.

Kedua pembalap Ferrari tersebut menyelesaikan balapan di posisi pertama dan ketiga. Pecinta Ferrari tentu bangga dua pembalap dari tim kesayangannya berada di atas podium.

5. GP Italia 2006

5 Kemenangan Michael Schumacher di Formula 1 GP ItaliaMichael Schumacher mengangkat trofi juara pertama GP Italia 2006. (twitter.com/Michael Schumacher)

F1 GP Italia 2006 menjadi saksi kemenangan kelima pembalap Jerman tersebut di Sirkuit Monza. Hasil ini sebenarnya cukup istimewa karena lawan terberatnya untuk merebut gelar juara dunia pembalap 2006, Fernando Alonso, gagal finis akibat gangguan mesin.

Sayangnya, kabar kurang menggembirakan justru muncul setelah balapan. Saat sesi konferensi pers, Michael Schumacher mengumumkan pensiun dari ajang balap F1. Hal ini membuat kegembiraan penggemarnya setelah melihat idolanya yang menjadi juara pertama di kandang Ferrari berubah menjadi kesedihan.

Lima kemenangan Michael Schumacher di GP Italia di atas tentu memberi kenangan spesial, utamanya kepada pecinta Ferrari. Tentu kamu tidak akan melupakannya, ya!

Baca Juga: Kontroversi Michael Schumacher dan Damon Hill di GP Australia 1994

Samuel Photo Verified Writer Samuel

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya