Valentino Rossi Sebut Start Maverick Vinales Belum Bagus

Vinales belum pernah menang dengan Aprilia

Maverick Vinales start dari posisi bagus di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Ia memulai balapan MotoGP 2023 dari urutan ke-2. Sayangnya, ia hanya finis P8 saat balapan sprint dan P6 saat main race.

Meskipun memulai balapan dari urutan bagus, Vinales kehilangan banyak posisi tepat pada awal balapan. Dalih Vinales adalah kurang maksimalnya performa mesin Aprilia saat awal balapan, terutama bagian koplingnya. Namun, Valentino Rossi punya pendapat tersendiri.

The Doctor mendiagnosis performa mantan rekan setimnya di tim pabrikan Yamaha itu. Bagi Valentino Rossi, Vinales belum melakukan start dengan kinerja terbaik. Begini ulasannya!

1. Start punya peran penting dalam balapan

Valentino Rossi Sebut Start Maverick Vinales Belum BagusValentino Rossi (motogp.com)

Valentino Rossi dan Maverick Vinales adalah mantan rekan setim. Keduanya sempat berseragam tim pabrikan Yamaha selama 4 tahun. Rossi cukup tahu mengenai teknik balap eks tandemnya tersebut.

“Menurutku, start punya bagian teknis yang penting, tetapi kita tak boleh melupakan bagian psikologisnya. Ini tentang bagaimana perasaan mental pembalap saat sendirian, saat balapan dimulai. Itu selalu menjadi momen kritis,” kata Rossi seperti dilansir Motorsport-Total.

Baca Juga: Matteo Flamigni Sebut Marco Bezzechi Beri Banyak Kejutan, Mirip Rossi!

2. Tak hanya teknis, ada faktor mental untuk bisa start maksimal

Valentino Rossi Sebut Start Maverick Vinales Belum Baguspotret Maverick Vinales (motogp.com)

Bagi Valentino Rossi, faktor teknis dan mental sama berpengaruhnya untuk menghasilkan start balap terbaik. Sisi psikologis pembalap menentukan performa saat awal balapan. Apalagi, momen start terjadi dengan begitu cepat.

“Ini belum tentu soal daya tanggapnya. Karena ada pembalap yang tenang di awal, ada yang bersemangat, ada yang fokus. Ada juga pembalap yang menginginkan hasil tertentu tetapi sudah lama tak mencapainya, atau ada yang tahu bisa mencapainya tetapi tegang. Pada akhirnya, semuanya hanya sepersekian detik,” ujar The Doctor.

3. Valentino Rossi tetap mengakui kecepatan Maverick Vinales saat balapan

Valentino Rossi Sebut Start Maverick Vinales Belum Baguspotret Maverick Vinales (motogp.com)

“Bagiku Vinales sangat kuat. Pada sesi Sabtu, ia membuatku terkesan. Ia melaju paling baik, tetapi akhirnya hanya membawa sedikit hasil. Mungkin ia sedikit menderita. Ia yang tercepat saat latihan, tetapi pada akhirnya selalu melewatkan sesuatu. Entah ia start dengan buruk, atau ia menyentuh seseorang,” kata Valentino Rossi dikutip Motorsport-Total.

Karena start yang buruk di Austria, Maverick Vinales tercecer sehingga terlibat insiden pada tikungan pertama sesi sprint. Ia mundur ke posisi P18 meskipun akhirnya finis P8. Saat main race, ia kembali kehilangan posisi pada fase start dan mundur dari P2 ke P9, lalu finis P6.

Dibandingkan seri balap lainnya, seri Austria sejatinya jadi kesempatan terbaik bagi Vinales untuk merebut kemenangan. Itu posisi grid terbaiknya sejauh ini. Sebagai gambaran, berikut hasil kualifikasi, sprint, dan main race Maverick Vinales hingga seri Austria:

  • GP Portugal - P7 (kualifikasi), P5 (sprint), P2 (main race);
  • GP Argentina - P5 (kualifikasi), P7 (sprint), P12 (main race);
  • GP Amerika - P8 (kualifikasi), P10 (sprint), P4 (main race);
  • GP Spanyol - P10 (kualifikasi), P7 (sprint), DNF (main race);
  • GP Prancis - P6 (kualifikasi), P9 (sprint), DNF (main race);
  • GP Italia - P13 (kualifikasi), P13 (sprint), P12 (main race);
  • GP Jerman - P13 (kualifikasi), DNF (sprint), DNF (main race);
  • GP Belanda - P7 (kualifikasi), P7 (sprint), DNF (main race);
  • GP Inggris - P8 (kualifikasi), P3 (sprint), P5 (main race); dan
  • GP Austria - P2 (kualifikasi), P8 (sprint), P6 (main race).

Maverick Vinales punya target untuk bisa menang dengan Aprilia. Ia masih punya banyak kesempatan untuk mewujudkannya. Pada balapan seri berikutnya, bisakah Vinales tampil lebih maksimal?

Baca Juga: Mengenang Duel Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di Catalunya, Ikonik!

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya