5 Rider MotoGP yang Paling Banyak Balapan dengan Merek Sama, Betah

Para pembalap setia di lintasan

Intinya Sih...

  • Valentino Rossi paling setia bersama Yamaha, turun balap sebanyak 273 kali di kelas premier.
  • Dani Pedrosa adalah pembalap paling setia dengan 217 balapan bersama Repsol Honda.
  • Marc Marquez juga termasuk paling banyak turun balap untuk Honda dengan total 169 balapan.

MotoGP adalah sebuah harmoni. Kombinasi antara pembalap yang cepat, motor yang tepat, dan tim yang mumpuni bisa melahirkan balapan yang kompetitif di atas lintasan. Kans untuk merebut podium, bahkan kemenangan pun jadi berlipat ganda.

Namun, ada lagi satu hal penting dari adanya keharmonisan. Hubungan baik yang terjalin di garasi bisa membuat suasana nyaman. Dampaknya, pembalap bisa kerasan mengendarai motor sama untuk jangka waktu lama.

Disarikan Motosan, setidaknya ada lima pembalap MotoGP yang paling banyak melakoni balapan dengan merek sama. Mereka termasuk pembalap setia di paddock Grand Prix. Simak siapa saja para rider tersebut dalam ulasan berikut.

1. Valentino Rossi balapan 273 kali bareng Yamaha

5 Rider MotoGP yang Paling Banyak Balapan dengan Merek Sama, BetahValentino Rossi (motogp.com)

Valentino Rossi paling setia bersama Yamaha. Bahkan, di antara yang lainnya, The Doctor jadi pembalap MotoGP paling banyak turun balap untuk satu merek. Di atas YZR-M1, Rossi beraksi sebanyak 273 kali dari total 372 balapannya di kelas premier.

Rider Italia ini memang menghabiskan 16 musim bersama pabrikan Garpu Tala. Dengan Yamaha, Rossi merebut 4 titel juara (2004, 2005, 2008, 2009). Rossi juga pernah membela Honda dan Ducati, tetapi untuk episode yang lebih singkat.

Baca Juga: 3 Pembalap yang Naik Podium Kelas MotoGP pada Usia 19 Tahun

2. Dani Pedrosa selalu menggeber Honda sepanjang berkarier di kelas premier

5 Rider MotoGP yang Paling Banyak Balapan dengan Merek Sama, Betahpotret Dani Pedrosa (motogp.com)

Di antara pembalap dalam daftar, Dani Pedrosa adalah yang paling setia. Bagaimana tidak, rider berjuluk The Little Samurai ini selalu berseragam Repsol Honda selama berkarier sebagai pembalap reguler di MotoGP. Menggeber RC213V, Pedrosa melakoni 217 balapan.

Selama turun balap dalam kurun waktu 2006 hingga 2018, Pedrosa bisa merebut banyak kemenangan dan podium. Hanya saja, ia belum bisa meraih titel dunia. Hasil terbaiknya adalah tiga kali runner-up kejuaraan.

3. Marc Marquez membuat Honda mendominasi dekade 2010-an

5 Rider MotoGP yang Paling Banyak Balapan dengan Merek Sama, BetahMarc Marquez menggeber RC213V versi 2014. (motogp.com)

Selain Pedrosa, Marc Marquez juga termasuk paling banyak turun balap untuk Honda. The Baby Alien melakoni 169 balapan di atas RC213V. Ia bisa saja menambah jumlah tersebut andai tak mengakhiri kontrak lebih awal dan pindah ke Ducati.

Selama periode 11 tahun dari 2013—2023, Marquez memburu banyak kemenangan dan titel bersama Honda. Ia mendominasi MotoGP pada banyak musim. Marquez pun sukses merebut titel dunia sebanyak enam kali.

4. Jorge Lorenzo beraksi 156 kali bersama Yamaha

5 Rider MotoGP yang Paling Banyak Balapan dengan Merek Sama, Betahpotret Jorge Lorenzo (motogp.com)

Jorge Lorenzo berseragam Yamaha pada 2008—2016. Selama itu, X-Fuera turun balap sebanyak 156 kali di atas YZR-M1. Itu adalah jumlah mayoritas dari total balapannya di kelas premier yang mencapai 203 kali.

Sembilan tahun bareng pabrikan Garpu Tala, Lorenzo meraih tiga gelar juara dunia. Meski begitu, Spaniard kemudian pindah ke Ducati selama 2 musim. Ia lalu pindah ke Repsol Honda pada musim penghabisannya di MotoGP.

5. Alex Barros kerasan bareng Honda, balapan sebanyak 154 kali

5 Rider MotoGP yang Paling Banyak Balapan dengan Merek Sama, BetahAlex Barros, pembalap pertama tim Gresini Racing yang finis di gelaran MotoGP/500cc di Shah Alam tahun 1997. (twitter.com/gresiniracing)

Selain Fantastic 4 di atas, ada satu lagi pembalap yang juga punya rekam jejak apik dengan satu merek motor. Alex Barros, pembalap kuat asal Brasil, pernah melakoni 154 balapan bareng Honda. Itu lebih dari separuh jumlah 245 balapannya di kelas 500cc/MotoGP.

Durasi karier Barros di kelas premier membentang sejak 1990 hingga 2007. Selama itu, ia pernah membalap untuk Cagiva, Suzuki, Honda, Yamaha, bahkan Ducati. Namun, musim-musim kariernya di atas Honda tetap yang paling mengesankan. Ia langganan tempati peringkat ke-4 di tangga klasemen.

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo tampil mumpuni bareng Yamaha. Sementara itu, Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Alex Barros berlaga dengan apik besama Honda. Pada era MotoGP kekinian, adakah yang bakal sama setianya dengan kelima pembalap di atas?

Baca Juga: 7 Pembalap MotoGP 2024 yang Pernah Naik Podium dengan 2 Motor Berbeda

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya