Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Jepang, Masuk 10 Besar

Semua sophomore dan rookie tampil kompetitif

MotoGP 2023 seri Jepang yang berlangsung pada, Minggu (1/10/2023), diwarnai dengan berkibarnya bendera merah. Hujan deras yang mengguyur Sirkuit Twin Ring Motegi membuat para pembalap kehilangan visibilitas. Mau tak mau, balapan pun dihentikan di akhir lap ke-13.

Usai menunggu sekitar 20 menit, balapan kembali dilanjutkan. Namun, ternyata hujan masih muncul di beberapa titik dan genangan air pun masih tampak di banyak sektor lintasan. Demi menjaga keamanan, balapan tak dilanjutkan dan hasil balapan sebelum bendera berkibar menjadi hasil akhir main race seri Jepang.

Menariknya, para sophomore rider dan pembalap debutan mampu tampil kompetitif dalam balapan basah MotoGP 2023 Jepang tersebut. Semuanya finis di posisi sepuluh besar. Bahkan, ada satu pembalap yang bisa finis di posisi empat besar. Bagaimana performa mereka di atas lintasan? Berikut ulasannya!

1. Marco Bezzecchi (P4)

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Jepang, Masuk 10 Besarpotret Marco Bezzecchi (motogp.com)

Marco Bezzecchi meraih hasil terbaik di antara para sophomore rider. Pembalap tim Mooney VR46 Racing Team ini start dari urutan ke-4 di grid. Saat perlombaan, ia finis P6 pada balapan sprint dan finis P4 pada main race.

Kendati begitu, hasil tersebut tak bisa dibilang maksimal. Pasalnya, Jorge Martin dan Francesco Bagnaia merebut poin yang lebih tinggi usai finis sebagai kampiun dan runner up. Bezzecchi makin tertinggal dalam perebutan poin kejuaraan dunia.

Baca Juga: 4 Pembalap MotoGP yang Pernah Menang dengan 2 Merek Jepang

2. Augusto Fernandez (P7)

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Jepang, Masuk 10 Besarpotret Augusto Fernandez (motogp.com)

Augusto Fernandez membuktikan diri sebagai rookie yang mumpuni. Pada balapan dengan kondisi hujan, pembalap tim GASGAS Factory Racing Tech3 ini tetap bisa tampil kompetitif. Ia finis P7 saat main race dan punya kecepatan untuk finis lebih baik andaikan bendera merah tak berkibar.

Sehari sebelumnya, Fernandez pun berupaya keras untuk raih hasil maksimal. Ia menuntaskan sesi kualifikasi di urutan ke-13. Saat balapan sprint, ia finis di posisi ke-12.

3. Fabio Di Giannantonio (P8)

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Jepang, Masuk 10 Besarpotret Fabio Di Giannantonio (motogp.com)

Sejauh ini, MotoGP Jepang jadi seri balap tersukses bagi Fabio di Giannantonio. Dalam satu akhir pekan, untuk pertama kalinya ia mendulang poin sekaligus pada balapan sprint dan main race. Pembalap tim Gresini Racing ini tampil kompetitif.

Diggia memulai balapan dari urutan ke-6 di grid. Ia lalu merebut poin pada balapan sprint dengan finis P8. Saat main race hari Minggu, ia bisa bertahan pada rumitnya balapan basah dengan finis di posisi ke-8.

4. Raul Fernandez (P9)

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Jepang, Masuk 10 Besarpotret Raul Fernandez (motogp.com)

Raul Fernandez bertekad tampil lebih kompeitif pada setiap balapan. Di Sirkuit Motegi, pembalap tim CryptoData RNF MotoGP ini membuktikannya. Ia finis di posisi sepuluh besar pada dua balapan yang dilombakan.

Memulai balapan dari urutan ke-11 di grid, Raul mampu merangsek ke posisi yang lebih baik. Pada balapan sprint, ia finis P10. Hasil lebih apik ia raih pada balapan main race dengan finis di posisi ke-9.

5. Hasil balap seri MotoGP Jepang

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Jepang, Masuk 10 Besarpotret Jorge Martin (motogp.com)

MotoGP Jepang didominasi oleh Jorge Martin. Pembalap andalan di tim Prima Pramac Racing itu menjadi yang tercepat pada setiap sesi. Martinator menjadi polesitter, menang sprint race, dan juga menang main race.

Berikut ini hasil main race seri Jepang di Sirkuit Motegi:

  1. Jorge Martin (Ducati) - 12 lap;
  2. Francesco Bagnaia (Ducati) - +1,413 detik;
  3. Marc Marquez (Honda) - +2,013 detik;
  4. Marco Bezzecchi (Ducati) - +2,943 detik;
  5. Aleix Espargaro (Aprilia) - +3,181 detik;
  6. Jack Miller (KTM) - +6,837 detik;
  7. Augusto Fernandez (KTM) - +7,587 detik;
  8. Fabio Di Giannantonio (Ducati) - +8,602 detik;
  9. Raul Fernandez (Aprilia) - +11,229 detik;
  10. Fabio Quartararo (Yamaha) - +12,244 detik;
  11. Takaaki Nakagami (Honda) - +14,714 detik;
  12. Joan Mir (Honda) - +14,924 detik;
  13. Cal Crutchlow (Yamaha) - +16,057 detik;
  14. Stefan Bradl (Honda) - +17,253 detik;
  15. Pol Espargaro (KTM) - +24,921 detik;
  16. Michele Pirro (Ducati) - +33,962 detik;
  17. Franco Morbidelli (Yamaha) - +1 menit 14,934 detik;
  18. Miguel Oliveira (Aprilia) - +1 putaran;
  19. Maverick Vinales (Aprilia) - +1 putaran;
  • Johann Zarco (Ducati) - DNS; dan
  • Brad Binder (KTM) - DNF.

MotoGP seri berikutnya bakal digelar di Indonesia, pada 13—15 Oktober 2023. Sirkuit Mandalika yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, untuk kali kedua menjadi tuan rumah ajang Grand Prix. Sanggupkah para sophomore rider dan rookie kembali tampil kompetitif di atas lintasan?

Baca Juga: Aleix Espargaro Puas meski Finis Kelima Main Race MotoGP Jepang

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya