Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Catalunya, Ada Drama!

Rookie jadi yang tampil paling apik

MotoGP 2023 Catalunya yang berlangsung pada, Minggu (3/9/2023), diwarnai drama kecelakaan pada awal balapan. Tak tanggung-tanggung, lima pembalap tersungkur di Tikungan 1. Mereka adalah Enea Bastianini, Johann Zarco, Alex Marquez, Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi.

Namun, kejadian paling dramatis terjadi di Tikungan 2. Francesco Bagnaia mengalami highside parah sehingga tejatuh di tengah lintasan. Akibatnya fatal, Bagnaia terhantam Brad Binder. Bendera merah pun dikibarkan dan balapan dihentikan.

Beruntungnya semua pembalap masih dalam keadaan sadar. Usai lintasan dibersihkan dan Bagnaia dibawa menuju medical center, balapan kembali dimulai. Hanya Bagnaia dan Bastianini yang absen karena mereka membutuhkan pemeriksaan kondisi fisik lanjutan.

Berdurasi 23 putaran, persaingan di atas lintasan berlangsung kompetitif. Tak hanya para pembalap di barisan depan yang bertarung, tetapi debutan dan sophomore rider pun terlibat duel seru di barisan tengah. Bagaimana hasil balap para rookie dan sophomore rider tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Augusto Fernandez (P9)

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Catalunya, Ada Drama!potret Augusto Fernandez (motogp.com)

Seperti biasa, Augusto Fernandez tampil apik selama balapan. Pembalap GASGAS Factory Racing Tech3 ini memulai balapan dari urutan ke-19, tetapi bisa finis P9 main race. Sehari sebelumnya, ia finis P17 saat sesi sprint.

Augusto Fernandez sempat terlibat adu sikut dengan Fabio Di Giannantonio sejak Lap 13 yang akhirnya ia menangkan. Hasil balap tersebut meneruskan tren positifnya. Sepanjang musim, satu-satunya rookie 2023 ini selalu finis dalam setiap balapan.

Baca Juga: Diwarnai Crash Horor, Aleix Espargaro Juara MotoGP Catalunya

2. Fabio Di Giannantonio (P10)

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Catalunya, Ada Drama!potret Fabio Di Giannantonio (motogp.com)

Fabio Di Giannantonio alias Diggia sejatinya tampil kuat di Sirkuit Catalunya. Pembalap tim Gresini Racing ini salah satu yang langsung masuk ke sesi Q2 tanpa harus melewati Q1. Ini salah satu performa terkuatnya sepanjang musim.

Diggia bisa memulai balapan dari urutan ke-8. Sayangnya, ia hanya finis P13 saat sesi sprint sehingga tak mendulang tambahan poin. Saat sesi main race, ia finis P10 tepat di belakang Augusto Fernandez.

3. Marco Bezzecchi (P12)

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Catalunya, Ada Drama!potret Marco Bezzecchi (motogp.com)

Marco Bezzecchi tampil kurang maksimal di MotoGP Catalunya. Dibandingkan seri-seri sebelumnya, hasil balap di seri ini jadi salah satu yang tak memuaskan. Pasalnya, Bezzecchi hanya memulai balapan dari urutan ke-10.

Saat sesi sprint, pembalap tim Mooney VR46 Racing Team itu finis di posisi ke-8. Sedangkan saat sesi main race, Bezzecchi finis P12. Itu finis Grand Prix terburuknya sejauh ini.

4. Raul Fernandez (DNF)

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Catalunya, Ada Drama!potret Raul Fernandez (motogp.com)

Raul Fernandez mengalami nasib sial. Pembalap tim CryptoData RNF MotoGP ini tak menyelesaikan main race karena mengalami kendala teknis. Ia hanya mampu menuntaskan 11 putaran saja. DNF (did not finish) di Catalunya jadi DNF keempatnya musim ini.

Sehari sebelumnya, Fernandez hanya finis P14 di sesi sprint. Ia start dari urutan ke-15 di grid. Fernandez jadi satu-satunya pembalap Aprilia yang tak finis.

5. Hasil balap seri MotoGP Catalunya

Performa Sophomore Rider dan Rookie di MotoGP Catalunya, Ada Drama!potret helm spesial Aleix Espargaro di Sirkuit Catalunya (instagram.com/aleixespargaro)

MotoGP Catalunya jadi milik Aleix Espargaro. Pembalap tim pabrikan Aprilia Racing ini menang meyakinkan setelah tampil apik sepanjang akhir pekan. Bersama Maverick Vinales, Aleix mencetak sejarah sebagai dua pembalap Aprilia yang berdiri di podium Grand Prix yang sama. Itu pertama kalinya sepanjang digelarnya MotoGP.

Berikut hasil lengkap balap Grand Prix seri Catalunya:

  1. Aleix Espargaro (Aprilia) - 23 lap;
  2. Maverick Vinales (Aprilia) - +0,377 detik;
  3. Jorge Martin (Ducati) - +2,831 detik;
  4. Johann Zarco (Ducati) - +4,867 detik;
  5. Miguel Oliveira (Aprilia) - +7,529 detik;
  6. Alex Marquez (Ducati) - +10,590 detik;
  7. Fabio Quartararo (Yamaha) - +10,821 detik;
  8. Jack Miller (KTM) - +10,880 detik;
  9. Augusto Fernandez (KTM) - +12,889 detik;
  10. Fabio Di Giannantonio (Ducati) - +13,280 detik;
  11. Luca Marini (Ducati) - +16,491 detik;
  12. Marco Bezzecchi (Ducati) - +16,561 detik;
  13. Marc Marquez (Honda) - +21,616 detik;
  14. Franco Morbidelli (Yamaha) - +23,108 detik;
  15. Takaaki Nakagami (Honda) - +26,740 detik;
  16. Iker Lecuona (Honda) - +28,860 detik;
  17. Joan Mir (Honda) - +33,929 detik;
  • Raul Fernandez (Aprilia) - DNF;
  • Brad Binder (KTM) - DNF;
  • Pol Espargaro (KTM) - DNF;
  • Francesco Bagnaia (Ducati) - DNF; dan
  • Enea Bastianini (Ducati) - DNF.

MotoGP berikutnya digelar, Minggu (10/9/2023). Balapan bertajuk Gran Premio Red Bull di San Marino e della Riviera di Rimini itu bakal dihelat di Misano World Circuit Marco Simoncelli. Bisakah para sophomore rider dan rookie kembali menampilkan perlombaan yang seru?

Baca Juga: Crash Horor di MotoGP Catalunya, Bagnaia Terhantam Motor Binder

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya