Deretan Pembalap MotoGP yang Pernah Naik Podium di Sirkuit Mandalika

Para jagoan di kelas premier, Moto2, dan Moto3

Intinya Sih...

  • MotoGP Indonesia dihelat 27-29 September 2024 di Sirkuit Mandalika, Lombok
  • Ada 19 pembalap dari berbagai kelas yang pernah berdiri di podium Sirkuit Mandalika
  • Perebutan titel dunia kelas premier makin memanas dengan Jorge Martin, Francesco Bagnaia, Enea Bastianini, dan Marc Marquez sebagai kans besar

Gelaran MotoGP Indonesia bakal dihelat pada, Jumat hingga Minggu (27—29 September 2024). Pertamina Mandalika International Circuit atau yang biasa disebut Sirkuit Mandalika kembali menjadi tuan rumah. Lintasan sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan ini pun bersiap menjadi arena perebutan poin kejuaraan.

Sirkuit Mandalika terhitung baru di kalender Grand Prix. Baru pada musim 2022 rombongan pembalap MotoGP, Moto2, dan Moto3 beradu kecepatan di lintasan yang memiliki tata letak sirkuit yang mengalir (flowing) ini. Kendati begitu, belasan pembalap sudah pernah merasakan manisnya podium di sini.

Setidaknya ada 19 pembalap di berbagai kelas yang sempat berdiri tegak di podium Sirkuit Mandalika. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini!

1. Ada delapan pembalap yang naik podium MotoGP

Deretan Pembalap MotoGP yang Pernah Naik Podium di Sirkuit MandalikaMiguel Oliveira (motogp.com)

Sebanyak 8 pembalap kelas premier finis 3 besar pada 3 sesi balap yang pernah dilombakan. Itu termasuk sesi sprint yang pertama kali digelar pada musim 2023 lalu. Dari jumlah tersebut, seorang pembalap pernah dua kali naik podium, yaitu Fabio Quartararo.

Miguel Oliveira jadi kampiun pertama di Sirkuit Mandalika. Balapan basah pada 2022 membuat pembalap asal Portugal ini mengungguli Quartararo yang start sebagai polesitter. Johan Zarco finis tepat di belakangnya.

Setahun berikutnya, balapan berlangsung dengan penuh pencapaian sekaligus drama. Pada 2023, Luca Marini yang masih membela tim VR46 Racing Team mencetak pole position pertamanya. Marini yang kala itu menggeber Ducati juga mencetak all time lap records di Sirkuit Mandalika dengan catatan waktu 1 menit 29,978 detik.

Hanya saja, sesi sprint jadi milik Jorge Martin yang kampiun. Di sisi lain, Marco Bezzecchi tampil kompetitif dengan finis P3 meski baru menjalani operasi patah tulang selangka. Pada sesi main race, Francesco Bagnaia tampil heroik dengan menjadi kampiun meski start dari P13.

Berikut ini para peraih podium MotoGP di Sirkuit Mandalika:

  • sesi main race 2023: Francesco Bagnaia (P1), Maverick Vinales (P2), Fabio Quartararo (P3);
  • sesi sprint race 2023: Jorge Martin (P1), Luca Marini (P2), Marco Bezzecchi (P3); dan
  • sesi main race 2022: Miguel Oliveira (P1), Fabio Quartararo (P2), Johann Zarco (P3).

Baca Juga: 3 Cara Nonton Live Streaming MotoGP Legal, Ada yang Gratis

2. Lima pembalap pernah menaiki podium Moto2

Deretan Pembalap MotoGP yang Pernah Naik Podium di Sirkuit MandalikaCelestino Vietti, Somkiat Chantra, dan Aron Canet (motogp.com)

Di kelas Moto2, Somkiat Chantra jadi pembalap kelas intermediate pertama yang menang di Sirkuit Mandalika. Chantra juga sekaligus jadi pembalap Thailand pertama yang menang di ajang Grand Prix. Pada balapan musim 2022 tersebut, Chantra finis di depan Celestino Vietti dan Aron Canet.

Sama seperti Quartararo, Canet juga naik podium dua kali. Ia finis runner-up pada 2023 di belakang Pedro Acosta yang menang. Fermin Aldeguer melengkapi posisi podium.

Berikut ini para peraih podium Moto2 di Sirkuit Mandalika:

  • musim 2023: Pedro Acosta (P1), Aron Canet (P2), Fermin Aldeguer (P3); dan
  • musim 2022: Somkiat Chantra (P1), Celestino Vietti (P2), Aron Canet (P3).

3. Di kelas Moto3, enam pembalap pernah berdiri di podium

Deretan Pembalap MotoGP yang Pernah Naik Podium di Sirkuit Mandalikapotret Diogo Moreira (motogp.com)

Dalam 2 tahun digelarnya balapan Moto3, sejumlah 6 pembalap pernah menaiki podium. Pada musim perdana, Dennis Foggia menjadi pemenang di depan Izan Guevara dan Carlos Tatay. Bagi Tatay, seri Indonesia cukup bersejarah karena di sinilah ia mendapatkan podium pertamanya sepanjang berkarier di ajang Grand Prix.

Pada musim lalu, giliran Diogo Moreira yang menang. Pembalap asal Brasil tersebut tampil dominan dengen merebut pole position. Itu merupakan pole position pertamanya di Moto3. Kemenangannya pun fenomenal lantaran jadi kemenangan Grand Prix pertama bagi pembalap asal Brasil di kelas mana pun sejak terakhir kali Alex Baros menang di GP Portugal 2005.

Berikut ini enam pembalap Moto3 yang pernah menaiki podium di Sirkuit Mandalika:

  • musim 2023: Diogo Moreira (P1), David Alonso (P2), David Munoz (P3); dan
  • musim 2022: Dennis Foggia (P1), Izan Guevara (P2), Carlos Tatay (P3).

MotoGP Indonesia 2024 bakal menyajikan balapan tak kalah seru. Perebutan titel dunia kelas premier makin memanas. Jorge Martin, Francesco Bagnaia, Enea Bastianini, dan Marc Marquez masih punya kans untuk merebut mahkota gelar juara. Siapa yang akan mendulang poin tertinggi di Sirkuit Mandalika?

Baca Juga: 15 Pembalap yang Berkontribusi pada 100 Kemenangan Ducati di MotoGP

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya