Deretan Pembalap yang Finis Podium Sprint Race MotoGP 2023, Pionir!

Para peraih medali di musim pertama digelarnya sprint race

Musim 2023 bakal tercatat spesial dalam sejarah MotoGP. Bagaimana tidak, pada musim inilah lahir format balapan baru. Sejak awal musim, pada setiap seri Grand Prix-nya berlangsung balapan sprint. Sesi balapan pendek ini hanya melombakan separuh durasi dari balapan main race.

Pada awalnya, kehadiran sprint ini mendapatkan pro dan kontra. Mereka yang kontra merasa keberatan dengan jumlah sprint yang kebanyakan dan langsung djadwalkan pada setiap pekan balap. Namun, mereka yang pro setuju mengadakan sprint race karena sesi ini cukup menantang untuk ditaklukkan.

Kontroversi sprint tak bertahan lama. Seiring berjalannya MotoGP 2023, sesi sprint berjalan dengan kompetitif. Pada musim pertamanya, ada 13 pembalap yang sukses merebut podium sprint. Sebagian dari mereka bisa menjadi kampiun, sebagian lagi sudah cukup puas dengan finis P2 atau P3.

1. Para pembalap yang meraih podium dan kemenangan sprint race

Deretan Pembalap yang Finis Podium Sprint Race MotoGP 2023, Pionir!potret Jorge Martin (motogp.com)

Dari 13 pembalap peraih podium sprint, 6 pembalap di antaranya sekaligus memenangi balapan. Mereka mampu finis terdepan di setiap sesinya. Para pembalap itu adalah Jorge Martin (Ducati), Francesco Bagnaia (Ducati), Brad Binder (KTM), Marco Bezzecchi (Ducati), Alex Marquez (Ducati), dan Aleix Esparagaro (Aprilia).

Martin paling banyak menang. Runner-up MotoGP 2023 ini mengemas 14 podium, termasuk 9 kemenangan di Prancis, Jerman, San Marino, India, Jepang, Indonesia, Thailand, Qatar, dan Valencia. Martin meraih P2 di Portugal dan Malaysia, lalu ia finis P3 di Amerika Serikat, Italia, dan Austria.

Bagnaia mengoleksi 13 podium, termasuk 4 kemenangan. Ia menang di Portugal, Amerika Serikat, Italia, dan Austria. Bagnaia juga finis P2 di Spanyol, Jerman, Belanda, Catalunya, dan India. Untuk P3, Bagnaia meraihnya di Prancis, Mesir, Jepang, dan Malaysia.

Brad Binder menyegel 7 podium, termasuk 2 kemenangan di Argentina dan Spanyol. Ia juga menyegel lima podium ke-2 di Prancis, Austria, Jepang, Thailand, dan Valencia. Sementara itu, Bezzecchi mengamankan 6 podium sprint race, termasuk 1 kemenangan di Belanda. Ia juga mengoleksi 4 podium ke-2 di Argentina, Italia, Inggris, dan San Marino, serta 1 podium ke-3 di Indonesia.

Alex Marquez tak mau kalah. Pembalap anyar tim satelit Ducati ini mampu merebut dua kemenangan di seri Inggris dan Malaysia. Aleix Espargaro dari tim Aprilia Racing juga mengoleksi satu kemenangan sprint race di seri Catalunya.

2. Para pembalap yang merebut podium sprint race, tapi belum pernah menang

Deretan Pembalap yang Finis Podium Sprint Race MotoGP 2023, Pionir!potret Luca Marini (motogp.com)

Ada tujuh pembalap yang merebut podium sprint race tanpa kemenangan. Mereka adalah Luca Marini (Ducati), Marc Marquez (Honda), Jack Miller (KTM), dan Maverick Vinales (Aprilia). Selain itu, Alex Rins (Honda), Fabio Di Giannantonio (Ducati), dan Fabio Quartararo (Yamaha) juga pernah finis di posisi tiga besar saja.

Marini bisa empat kali finis podium sprint race, yaitu P2 di Indonesia serta P3 di Argentina, Thailand, dan Qatar. Marquez mengemas tiga podium ke-3 di Portugal, India, dan Valencia. Sementara itu, Miller mengantongi dua medali ke-3 di Spanyol dan Jerman. Begitu juga Vinales yang mengantongi dua medali ke-3 di Inggris dan Catalunya.

Alex Rins tampil percaya diri di Amerika Serikat. Baru beberapa seri menggeber Honda, Rins bisa merebut podium ke-2 di Circuit of the Americas, sedangkan Quartararo yang kesulitan dengan Yamaha mampu merebut podium ke-3 di Belanda. Fabio Di Giannantonio pun akhirnya merasakan podium sprint di Qatar. Ia finis P2.

3. Daftar para peraih podium sprint race MotoGP 2023

Deretan Pembalap yang Finis Podium Sprint Race MotoGP 2023, Pionir!ilustrasi balap MotoGP (motogp.com)

Sejatinya, sesi sprint race dijadwalkan pada 21 seri Grand Prix musim 2023. Namun, hanya 19 balapan sprint yang bisa digelar. Seri MotoGP Kazakhstan urung dihelat karena proses homologasi yang belum selesai. Sesi sprint di Australia pun dibatalkan karena cuaca yang tak mendukung.

Berikut ini para peraih podium di setiap sesi sprint race sepanjang musim 2023:

  • GP Portugal - Francesco Bagnaia (P1), Jorge Martin (P2), Marc Marquez (P3);
  • GP Argentina - Brad Binder (P1), Marco Bezzecchi (P2), Luca Marini (P3);
  • GP Amerika Serikat - Francesco Bagnaia (P1), Alex Rins (P2), Jorge Martin (P3);
  • GP Spanyol - Brad Binder (P1), Francesco Bagnaia (P2), Jack Miller (P3);
  • GP Prancis - Jorge Martin (P1), Brad Binder (P2), Francesco Bagnaia (P3);
  • GP Italia - Francesco Bagnaia (P1), Marco Bezzecchi (P2), Jorge Martin (P3);
  • GP Jerman - Jorge Martin (P1), Francesco Bagnaia (P2), Jack Miller (P3);
  • GP Belanda - Marco Bezzecchi (P1), Francesco Bagnaia (P2), Fabio Quartararo (P3);
  • GP Inggris - Alex Marquez (P1), Marco Bezzecchi (P2), Maverick Vinales (P3);
  • GP Austria - Francesco Bagnaia (P1), Brad Binder (P2), Jorge Martin (P3);
  • GP Catalunya - Aleix Espargaro (P1), Francesco Bagnaia (P2), Maverick Vinales (P3);
  • GP San Marino - Jorge Martin (P1), Marco Bezzecchi (P2), Francesco Bagnaia (P3);
  • GP India - Jorge Martin (P1), Francesco Bagnaia (P2), Marc Marquez (P3);
  • GP Jepang - Jorge Martin (P1), Brad Binder (P2), Francesco Bagnaia (P3);
  • GP Indonesia - Jorge Martin (P1), Luca Marini (P2), Marco Bezzecchi (P3);
  • GP Australia - sprint race dibatalkan karena cuaca yang tak mendukung;
  • GP Thailand - Jorge Martin (P1), Brad Binder (P2), Luca Marini (P3);
  • GP Malaysia - Alex Marquez (P1), Jorge Martin (P2), Francesco Bagnaia (P3);
  • GP Qatar - Jorge Martin (P1), Fabio Di Giannantonio (P2), Luca Marini (P3); dan
  • GP Valencia - Jorge Martin (P1), Brad Binder (P2), Marc Marquez (P3).

MotoGP 2023 sukses menggelar balapan sprint. Sesi anyar di ajang Grand Prix ini menambah keseruan pada setiap pekan balap. Untuk musim 2024, siapa saja yang bakal naik podium sprint race, ya?

Baca Juga: 4 Pembalap MotoGP 2023 Tampil Sempurna di Sprint Race, Finis Terus!

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya