3 Momen Marc dan Alex Marquez Berbagi Momen Indah di Paddock MotoGP

Pernah juara dunia dan naik podium bareng

Intinya Sih...

  • Marc Marquez dan Alex Marquez, adik kakak pembalap MotoGP, pernah juara dunia di kelas berbeda pada musim 2014.
  • Pada tahun yang sama, Marc meraih gelar juara dunia MotoGP sementara Alex meraih gelar juara dunia Moto3.
  • Pada 2024, mereka kembali membuat sejarah dengan naik podium bersama di MotoGP Jerman.

Ada sepasang adik kakak berprestasi yang berlaga di MotoGP 2024. Tak hanya bersaudara, keduanya juga merupakan rekan setim di Gresini Racing. Mereka adalah Marc Marquez dan Alex Marquez, para juara dunia di ajang Grand Prix.

Marc punya segudang pencapaian. Dengan delapan gelar juara dunia di berbagai kelas, ia termasuk salah satu pembalap terbaik di grid balap. Meski tak sebanyak kakaknya, Alex juga seorang pembalap mumpuni dengan raihan dua titel dunia.

Menariknya, ada momen ketika mereka saling berbagi kebahagiaan di paddock MotoGP. Dalam satu musim, mereka pernah sama-sama merebut gelar juara dunia. Paling anyar adalah ketika Marc dan Alex Marquez naik podium bareng di kelas MotoGP. Bagaimana kisahnya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Marc dan Alex sama-sama juara dunia musim 2014

3 Momen Marc dan Alex Marquez Berbagi Momen Indah di Paddock MotoGPAlex Marquez dan Marc Marquez musim 2014 (motogp.com)

Musim 2014 jadi salah satu musim terbaik bagi Marquez bersaudara. Di kelas MotoGP, Marc berhasil merebut titel juara dunia MotoGP usai meraih 362 poin dan merebut 14 podium, termasuk 13 kemenangan. Ia menyegel titel di seri Jepang meski balapan masih menyisakan tiga seri balap.

Di kelas Moto3, Alex juga tampil trengginas. Ia berhasil mengalahkan rival kuatnya di kelas ringan untuk menyegel titel. Pada seri terakhir di Valencia, Alex bisa merebut gelar juara setelah mengoleksi total 278 poin; lebih tinggi 2 poin dari Jack Miller.

Prestasi keduanya termasuk pencapaian unik. Marquez bersaudara jadi adik kakak pertama yang merebut gelar juara dunia Grand Prix dalam tahun yang sama. Mereka telah mencetak sejarah di MotoGP.

Baca Juga: 9 Pembalap MotoGP yang Rebut Podium Main Race pada Paruh Musim 2024

2. Marquez bersaudara kembali jadi juara dunia bersamaan di musim 2019

3 Momen Marc dan Alex Marquez Berbagi Momen Indah di Paddock MotoGPAlex Marquez dan Marc Marquez (motogp.com)

Lima tahun berselang, Marquez bersaudara kembali berbagi kebahagiaan dalam satu musim. Marc berhasil menyegel gelar juara MotoGP musim 2019 di Thailand ketika kejuaraan masih tersisa empat seri. Ia menang dominan dengan raihan 18 podium, termasuk 12 kemenangan. Koleksi poinnya fantastis karena mencapai 420 poin, bandingkan perolehan 269 poin Andrea Dovizioso sebagai runner-up.

Di kelas Moto2, Alex Marquez juga tampil kompetitif. Alex yang berseragam tim Marc VDS merebut 10 podium, termasuk 5 kemenangan. Ia menyegel titel di dua seri terakhir, tepatnya di seri Malaysia. Alex mendulang 262 poin, unggul 3 poin dari Brad Binder.

3. Marc dan Alex naik podium bareng di MotoGP Jerman 2024

3 Momen Marc dan Alex Marquez Berbagi Momen Indah di Paddock MotoGPpotret Marc Marquez dan Alex Marquez (motogp.com)

Pada 2024, Marc Marquez dan Alex Marquez kembali cetak prestasi bersamaan. Kali ini bukan gelar juara, hanya podium di salah satu seri Grand Prix. Meski begitu, bisa naik podium MotoGP secara bersamaan begitu membahagiakan.

“Aku sangat senang bisa berbagi podium bersama saudaraku. Itu adalah hari yang tak akan pernah aku lupakan karena akan sulit terulang di masa depan,” kata Marc seperti dilansir Crash.

Keduanya memang tak menyangka bisa naik podium bareng. Selama akhir pekan di Jerman, Marc melakoni balapan yang sulit. Ia sempat kecelakaan saat sesi latihan sehingga mengalami patah jari dan memar pada tulang rusuk

Marc lalu terlempar dari sesi kualifikasi dan harus memulai balapan dari urutan ke-13. Di sisi lain, performa Alex lebih stabil. Ia menargetkan finis P7 meski memulai balapan dari urutan ke-5 di grid.

Saat main race, ternyata keduanya tampil apik. Marc bisa comeback dan merangsek ke barisan terdepan. Alex sendiri berlaga dengan kompetitif dan berada di posisi podium dalam banyak putaran.

Pada dua lap terakhir, Jorge Martin terjatuh dan membuat Francesco Bagnaia finis di posisi kampiun. Tepat di belakangnya, Marc berhasil menyalip Alex untuk menjadi runner-up. Alex finis P3 yang merupakan podium pertamanya musim ini.

Podium Marc dan Alex Marquez bisa jadi pencapaian bersejarah lagi di MotoGP. Pertama kali dalam 27 tahun terakhir sekaligus pertama kali di era MotoGP, Marquez bersaudara jadi pembalap adik kakak pertama yang naik podium bareng. Sekali lagi mereka berbagi kebahagiaan di paddock MotoGP. Momen bersejarah apa lagi yang bakal mereka raih di masa depan?

Baca Juga: 4 Pembalap Cetak New All-Time Lap Record di Paruh Pertama MotoGP 2024

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya