Merayakan MotoGP Musim 2016 yang Lahirkan Banyak Pemenang, Ada 9!

Salah satu musim dengan kampiun terbanyak

Intinya Sih...

  • Marc Marquez menjadi juara dunia MotoGP 2016 dengan 298 poin dan 5 kemenangan di Argentina, Amerika, Jerman, Aragon, dan Jepang.
  • Valentino Rossi menempati posisi runner-up dengan 249 poin dan meraih 2 kemenangan di Spanyol dan Catalunya.
  • Andrea Iannone dan Jack Miller adalah pembalap lain yang meraih kemenangan pertama mereka di MotoGP pada musim tersebut.

MotoGP 2016 tercatat sebagai tahun yang melahirkan bayak pemenang. Pada musim yang melombakan 18 seri Grand Prix ini, setidaknya ada 9 kampiun. Mereka terbagi antara pembalap kawakan dan pembalap yang termasuk sophomore rider.

Beberapa pembalap tersebut merebut kemenangan pertamanya di kelas premier. Ada juga kemenangan yang merupakan kemenangan pertama bagi pembalap tim satelit. Siapa saja para kampiun di atas lintasan? Simak ulasannya berikut ini!

1. Marc Marquez menang lima kali di atas Honda

Merayakan MotoGP Musim 2016 yang Lahirkan Banyak Pemenang, Ada 9!Marc Marquez menang di Sirkuit COTA. (motogp.com)

Marc Marquez merebut 12 podium, termasuk 5 kemenangan. Rider Repsol Honda ini menang di Argentina, Amerika, Jerman, Aragon, dan Jepang. Marquez pun kembali merebut gelar juara dunia dengan raihan 298 poin.

Baca Juga: MotoGP Kembali Gelar Balapan di Sirkuit Brno pada 2025

2. Jorge Lorenzo menang empat kali bareng Yamaha

Merayakan MotoGP Musim 2016 yang Lahirkan Banyak Pemenang, Ada 9!Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo (motogp.com)

Jorge Lorenzo gagal mempertahankan gelar. Kendati begitu, rider tim pabrikan Yamaha ini masih bisa merebut 10 podium, termasuk 4 kemenangan di Qatar, Prancis, Italia, dan Valencia. X-Fuera bertengger di peringkat ke-3 klasemen dengan 233 poin.

3. Valentino Rossi menang dua kali bersama Yamaha

Merayakan MotoGP Musim 2016 yang Lahirkan Banyak Pemenang, Ada 9!Valentino Rossi menang di Sirkuit Jerez musim 2016. (motogp.com)

Jumlah kemenangan Valentino Rossi tak sebanyak Lorenzo. Namun, Rossi menempati posisi runner-up kejuaraan setelah mengoleksi 249 poin. Dalam semusim, The Doctor merebut 10 podium, termasuk 2 kemenangan di Spanyol dan Catalunya.

4. Cal Crutchlow menang dua kali bersama tim LCR Honda

Merayakan MotoGP Musim 2016 yang Lahirkan Banyak Pemenang, Ada 9!Cal Crutchlow, LCR Honda (motogp.com)

Bersama tim LCR Honda, Cal Crutchlow mengunci kemenangan pertamanya di MotoGP. Saat berlaga di balapan basah seri Ceko, rider Inggris ini menang dengan selisih 7,298 detik dari Rossi. Crutchlow juga menang di seri Australia. Usai merebut 4 podium, termasuk 2 kemenangan tersebut, Crutchlow mengoleksi 141 poin dan bertengger di peringkat ke-7 klasemen.

5. Maverick Vinales merebut kemenangan pertamanya bersama Suzuki

Merayakan MotoGP Musim 2016 yang Lahirkan Banyak Pemenang, Ada 9!Maverick Vinales menang di MotoGP Inggris musim 2016. (suzuki-racing.com)

Maverick Vinales mempersembahkan kemenangan untuk Suzuki. Di atas GSX-RR, Top Gun merebut empat podium, termasuk menang di seri Inggris yang merupakan kemenangan pertamanya di kelas premier. Vinales mengoleksi 202 poin dan menempati peringkat ke-4 klasemen akhir.

6. Andrea Dovizioso menang sekali bersama Ducati

Merayakan MotoGP Musim 2016 yang Lahirkan Banyak Pemenang, Ada 9!Andrea Dovizioso memacu Ducati Desmosedici di MotoGP Belanda musim 2016. (motogp.com)

Di atas Ducati Desmosedici, Andrea Dovizioso merebut 5 podium, termasuk 1 kali menang di seri Malaysia. Ia unggul 3,115 detik dari Rossi di lintasan basah Sirkuit Sepang. Dovi bertengger di peringkat ke-5 klasemen akhir dengan 171 poin.

7. Dani Pedrosa menang sekali bareng Honda

Merayakan MotoGP Musim 2016 yang Lahirkan Banyak Pemenang, Ada 9!potret Dani Pedrosa (motogp.com)

Dani Pedrosa masih mempersembahkan kemenangan untuk Repsol Honda. The Little Samurai merebut 3 podium, termasuk 1 kemenangan di San Marino. Pedrosa mengumpulkan 155 poin dan berada di peringkat ke-6 pada klasemen akhir.

8. Andrea Iannone mempersembahkan kemenangan pertama untuk Ducati

Merayakan MotoGP Musim 2016 yang Lahirkan Banyak Pemenang, Ada 9!Andrea Iannone (motogp.com)

Andrea Iannone jadi pembalap Ducati pertama yang menang setelah paceklik selama 6 tahun. Terakhir kali pabrikan Borgo Panigale menang pada 2010 lewat Casey Stoner. Kemenangan ini juga jadi kemenangan pertama Iannone di kelas premier.

Kemenangan Iannone di seri Austria tersebut juga jadi momen serba pertama. Ini merupakan kemenangan MotoGP pertama di Sirkuit Red Bull Ring yang comeback di kalender Grand Prix. Kemenangan ini pun jadi kemenangan pertama pabrikan selain Honda dan Yamaha sejak 2010.

9. Jack Miller jadi pembalap satelit pertama yang menang sejak sedekade terakhir

Merayakan MotoGP Musim 2016 yang Lahirkan Banyak Pemenang, Ada 9!Jack Miller (motogp.com)

Jack Miller juga merebut kemenangan pertamanya di MotoGP. Berbaju balap tim Estrella Galicia 0,0 Marc VDS Honda, Miller jadi kampiun di seri Belanda usai unggul 1,991 detik dari Marquez. Ini jadi kemenangan pertama pembalap non-pabrikan sejak musim 2006.

Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Cal Crutchlow, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, Dani Pedrosa, Andrea Iannone, dan Jack Miller adalah para kampiun musim 2016. Mereka mencetak kesuksesan dalam catatan karier balap masing-masing. Apakah musim berikutnya kembali melahirkan banyak pemenang?

Baca Juga: Somkiat Chantra Bahagia Dapat Kursi Balap di MotoGP 2025

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya