Menilik 4 Kampiun MotoGP 2010, Lorenzo Paling Jago

Fantastic 4 saling unjuk kekuatan

MotoGP 2010 ditandai dengan perubahan. Hanya saja, perubahan tersebut terjadi di kelas intermediate. Mulai musim ini hingga seterusnya, kelas 250cc digantikan kelas Moto2 yang melombakan mesin motor berkapasitas 600cc. 

Tak ada perubahan signifikan di kelas premier. Pada tahun ini, Sirkuit Aragon masuk kalender MotoGP. Sirkuit di Spanyol itu jadi salah satu tuan rumah pada musim dengan jadwal 18 seri Grand Prix tersebut.

Dalam hal pembalap, MotoGP kedatangan debutan tangguh. Marco Simoncelli jadi rookie di San Carlo Honda Gresini. Ada pula Ben Spies yang memperkuat Monster Yamaha Tech3. Spies tampil kuat dengan merebut dua podium. Ia finis P3 di Inggris dan P2 di Indianapolis. Tak heran jika ia mengunci titel Rookie of the Year.

Pada musim ini, pemenang MotoGP terdiri dari empat pembalap saja. Keempatnya disebut sebagai Fantastic 4. Simak siapa saja para kampiun kelas premier musim 2010 berikut ini.

1. Jorge Lorenzo memborong sembilan kemenangan untuk Yamaha

Menilik 4 Kampiun MotoGP 2010, Lorenzo Paling JagoJorge Lorenzo menang di Sirkuit Silverstone. (motogp.com)

Jorge Lorenzo mendominasi musim 2010. Berseragam tim pabrikan Yamaha, Spaniard merebut titel juara dunia MotoGP pertamanya. Lorenzo mengoleksi 383 poin yang termasuk raihan poin tertinggi dalam 1 musim. Hasil itu jauh meninggalkan Dani Pedrosa yang runner-up dengan capaian 245 poin.

Dari 18 seri balap yang dilombakan, Lorenzo merebut 16 podium, termasuk 9 kemenangan. Ia menang di Spanyol, Prancis, Inggris, Belanda, Catalunya, Amerika, Ceko, Portugal, dan Valencia. Lorenzo tampil kuat dan bisa unggul dengan jarak nyaman.

Berikut ini selisih waktu finis Lorenzo dibandingkan pembalap di belakangnya:

  • Seri Spanyol: +0,543 dari Dani Pedrosa;
  • Seri Prancis: +5,672 dari Valentino Rossi;
  • Seri Inggris: +6,743 dari Andrea Dovizioso;
  • Seri Belanda: +2,935 dari Pedrosa;
  • Seri Catalunya: +4,754 dari Pedrosa;
  • Seri Amerika: +3,517 dari Casey Stoner;
  • Seri Ceko: +5,494 dari Pedrosa;
  • Seri Portugal: +8,629 dari Rossi; dan
  • Seri Valencia: +4,576 dari Stoner.

2. Dani Pedrosa menang empat kali bareng Honda

Menilik 4 Kampiun MotoGP 2010, Lorenzo Paling JagoDani Pedrosa (motogp.com)

Dengan capaian 245 poin, Dani Pedrosa menjadi runner-up MotoGP 2010. Pembalap Repsol Honda ini tampil kompetitif sepanjang musim. Sayangnya, Pedrosa cedera patah tulang selangka (colarbone) saat sesi latihan pada seri Jepang. Akibatnya, ia harus absen pada tiga seri balap. Kesempatannya untuk menantang Lorenzo dalam perebutan gelar pun sirna.

Dalam semusim, Pedrosa merebut 8 podium, termasuk 4 kemenangan. Ia menang di Italia, Jerman, Indianapolis, dan San Marino. Di Italia, Pedrosa bisa unggul 4 detik dari Lorenzo. Di seri lainnya, Pedrosa pun menang dengan selisih waktu lebih dari 3 detik di Jerman dan Indianapolis serta lebih dari 1 detik di San Marino.

Baca Juga: Membahas 4 Pemenang Balapan MotoGP 2008, Rossi Comeback!

3. Casey Stoner menang tiga kali bersama Ducati

Menilik 4 Kampiun MotoGP 2010, Lorenzo Paling JagoCasey Stoner menang di Sirkuit Aragon. (motogp.com)

Tahun 2010 adalah musim terakhir Casey Stoner bersama Ducati. Kendati begitu, Stoner tetap bisa mempersembahkan kemenangan untuk pabrikan Borgo Panigale. Pada akhir musim ia mengamankan 225 poin dan duduk di peringkat ke-4 klasemen.

Stoner merebut 9 podium, termasuk 3 kemenangan di Aragon, Jepang, dan Australia. Saat balapan kandang di Sirkuit Phillip Island, Stoner menang dengan selisih lebar 8,598 detik dari Lorenzo. Kemenangan di Australia tersebut jadi kemenangan terakhir Ducati untuk 6 tahun berikutnya.

4. Valentino Rossi hanya menang dua kali bareng Yamaha

Menilik 4 Kampiun MotoGP 2010, Lorenzo Paling JagoValentino Rossi menang di Sirkuit Sepang musim 2010. (motogp.com)

Valentino Rossi tak bisa tampil prima di MotoGP 2010. Pasalnya, pembalap Italia itu didera cedera parah. Rossi tak mengikuti balapan hari Minggu pada empat seri musim 2010.

The Doctor menderita patah kaki pada sesi latihan bebas di Sirkuit Mugello. Pada seri berikutnya di Inggris, Rossi sama sekali tak mengaspal. Itu jadi balapan 500cc atau MotoGP pertama tanpa Rossi sejak 1999.

Selama semusim, Rossi tetap bisa mengumpulkan 10 podium, termasuk 2 kemenangan. Kala itu ia menang di Qatar dan Malaysia. Rossi mengantongi 233 poin pada akhir musim dan menempati peringkat ke-3 klasemen.

Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Casey Stoner, dan Valentino Rossi adalah para kampiun MotoGP 2010. Mereka tampil kuat pada balapan yang mereka menangi. Keempatnya memang layak disebut Fantastic 4.

Baca Juga: Mengenang 5 Pemenang MotoGP 2009, Dominasi Terakhir Rossi

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya