Mengulas 7 Pemenang Balapan MotoGP 2006, Ducati Unjuk Gigi

Nicky Hayden juara

Intinya Sih...

  • Nicky Hayden meraih gelar juara dunia MotoGP 2006 dengan selisih lima poin dari Valentino Rossi.
  • Hayden merebut dua kemenangan dan finis lebih konsisten dibandingkan Rossi, yang sering dirundung kendala teknis.
  • Pembalap lain yang menang di MotoGP 2006 adalah Loris Capirossi, Marco Melandri, Dani Pedrosa, Toni Elias, dan Troy Bayliss.

Memasuki 2006, konstelasi MotoGP berubah. Meski Valentino Rossi tetap menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak, rider lain tampil tak kalah trengginas. Pada musim ini, ada tujuh pembalap yang bisa jadi kampiun.

Rossi yang tunggangannya sering dirundung kendala teknis dipaksa berhadapan dengan pabrikan lain yang lebih mumpuni. Pada akhirnya, Rossi kehilangan gelar juara dunia. Titel kelas premier yang ia raih beruntun sejak 2001—2005 pun terhenti.

Di sisi lain, Nicky Hayden bisa tampil konsisten. Kendati tak menang banyak, pembalap Repsol Honda ini hampir selalu finis dengan poin apik. Hayden merenggut gelar dari Rossi dengan selisih hanya lima poin.

Pada musim yang melombakan 17 seri balap tersebut, penentuan gelar ditentukan pada seri terakhir. Akan tetapi, seri-seri sebelumnya tak kalah menarik. Ada 2 pembalap Ducati dan 3 pembalap Honda lainnya yang bergiliran jadi kampiun. Simak siapa saja tujuh pemenang balapan MotoGP 2006 berikut ini.

1. Valentino Rossi merebut lima kemenangan

Mengulas 7 Pemenang Balapan MotoGP 2006, Ducati Unjuk Gigipotret Valentino Rossi (motogp.com)

Valentino Rossi merebut 10 podium, termasuk 5 kemenangan. The Doctor jadi kampiun di Qatar, Italia, Catalunya, Jerman, dan Malaysia. Meski paling banyak menang, Rossi kalah konsisten dibandingkan rivalnya.

Rider tim pabrikan Yamaha ini mengalami banyak kendala teknis. Ada saja masalah mekanikal yang terjadi. Rossi gagal finis di China karena masalah ban, mengalami kegagalan mesin di Prancis, dan terjadi kendala pada ban sekaligus mesin di Amerika.

Rossi juga sempat membuat kesalahan sendiri dengan terjatuh saat balapan. Ia cedera di Belanda meski tetap turun balap dan finis P8. Puncak kesalahannya terjadi di Valencia.

Pada seri penentuan tersebut, Rossi malah terjatuh. Meski bisa mengikuti kembali balapan, ia hanya finis P13. Dengan hasil itu Rossi menjadi runner-up kejuaraan dengan total 247 poin. Selisihnya hanya lima poin dari Nicky Hayden yang juara.

2. Loris Capirossi membawa Ducati meraih tiga kemenangan

Mengulas 7 Pemenang Balapan MotoGP 2006, Ducati Unjuk GigiLoris Capirossi (motogp.com)

Ducati bisa unjuk gigi pada 2006. Dengan memacu Desmosedici GP6, Loris Capirossi merebut 8 podium, termasuk 3 kemenangan. Rider Italia itu menang di Spanyol, Ceko, dan Jepang.

Capirossi tampil kuat di Ceko dan jadi kampiun dengan jarak 4,902 detik dari Rossi. Begitu juga di Jepang saat unggul 5,088 detik dari Rossi. Pada akhir musim ia mengoleksi 229 poin di peringkat ke-3 klasemen.

3. Marco Melandri naik podium tertinggi tiga kali

Mengulas 7 Pemenang Balapan MotoGP 2006, Ducati Unjuk GigiCasey Stoner dan Marco Melandri pernah menang di Istanbul Park, Turki. (motogp.com)

Marco Melandri merebut 7 podium, termasuk 3 kemenangan di Turki, Prancis, dan Australia. Di Sirkuit Istanbul Park, Turki, Melandri menang dengan ketat. Pembalap tim Fortuna Honda ini unggul 0,200 detik dari Casey Stoner.

Pada balapan basah di Australia, Melandri tampil lebih moncer. Ia menang dengan jarak 9,699 detik dari pembalap tuan rumah, Chris Vermeulen (Rizla Suzuki MotoGP). Di klasemen akhir Melandri menempati peringkat ke-4 klasemen dengan 228 poin.

Baca Juga: Mengingat 4 Pemenang Balapan MotoGP 2004, Ada Pembalap Jepang

4. Dengan dua kemenangan, Nicky Hayden merebut titel juara dunia

Mengulas 7 Pemenang Balapan MotoGP 2006, Ducati Unjuk GigiNicky Hayden (motogp.com)

Nicky Hayden meraih titel juara dunia MotoGP 2006. Secara total ia mengoleksi 252 poin. Sepanjang musim, rider tim Repsol Honda ini merebut 10 podium, termasuk 2 kemenangan.

Hayden menang di Belanda dan Amerika Serikat. Pada balapan kandang di Amerika, The Kentucky Kid tampil kuat. Ia menang dengan jarak 3,186 detik dari Dani Pedrosa dan Marco Melandri.

Meski hanya dua kali menang, Hayden merebut lebih banyak podium dari Rossi. Ia pun tampil lebih konsisten. Hayden hanya pernah satu kali gagal finis pada seri Portugal. Itu pun lantaran ditabrak rekan setimnya, Pedrosa.

5. Dani Pedrosa juga meraih dua kemenangan bareng Honda

Mengulas 7 Pemenang Balapan MotoGP 2006, Ducati Unjuk GigiDani Pedrosa (tengah) naik podium di Sirkuit Shanghai. (motogp.com)

Dani Pedrosa adalah seorang rookie di MotoGP 2006. Meski begitu, debutan di tim Repsol Honda ini bisa merebut 8 podium, termasuk 2 kemenangan. Ia menang di China dan Inggris.

Kemenangan Pedrosa di Sirkuit Shanghai, China, adalah kemenangan pertamanya di kelas premier. Ia memulai dari pole position, kemudian menang dengan selisih 1,505 detik dari Hayden. Pada seri Inggris, Pedrosa finis di depan Rossi dan Melandri. Pedrosa menghuni peringkat ke-5 klasemen dengan 215 poin.

6. Toni Elias menang di Portugal, mengalahkan Valentino Rossi

Mengulas 7 Pemenang Balapan MotoGP 2006, Ducati Unjuk Gigipotret peraih podium MotoGP 2006 di Sirkuit Estoril, yaitu Valentino Rossi, Toni Elias, dan Kenny Roberts Jr (motogp.com)

Pembalap Honda lain yang menang pada musim 2006 adalah Toni Elias. Rekan setim Marco Melandri ini menang di seri Portugal. Elias mengalahkan Valentino Rossi yang finis runner-up. Selisih kemenangannya sangat tipis, hanya 0,002 detik.

Karena tak menang di Portugal, Rossi kehilangan lima poin. Ini adalah jumlah yang sama dengan kekurangan poin dari Hayden pada seri Valencia. Jika menang pada seri Portugal, ditambah dengan hasil di Valencia, maka bisa saja Rossi menjadi juara dunia. Tak heran, bagi Rossi, kekalahannya dari Elias inilah yang menjadi biang kerok kegagalannya merebut titel.

7. Troy Bayliss menang sekali bersama Ducati

Mengulas 7 Pemenang Balapan MotoGP 2006, Ducati Unjuk GigiFabio Di Giannantonio kecil bersama Troy Bayliss. (instagram.com/fabiodiggia21)

Selain Capirossi, ada satu pembalap Ducati lain yang menang. Ia adalah Troy Bayliss. Sejatinya, Bayliss adalah pembalap pengganti Sete Gibernau yang cedera.

Di seri Valencia. Bayliss menang di depan Capirossi dan Hayden. Saat itu, ia berusia 37 tahun 213 hari. Hasil balap yang menjadikannya salah satu pembalap MotoGP tertua yang pernah menang balapan.

Valentino Rossi gagal merebut gelar. Titel juara dunia MotoGP jatuh ke tangan pembalap Amerika Serikat, Nicky Hayden. Di sisi lain, Sete Gibernau pensiun dari MotoGP. Spaniard masih jadi pembalap Gresini dengan podium dan kemenangan kelas premier terbanyak.

Baca Juga: Mengenali 5 Pemenang Balapan MotoGP 2005, Ada Pembalap Brasil

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya