Mengenang 4 Pemenang Balapan MotoGP 2002, Siapa Paling Jagoan?

Pembalap Honda banyak menang

MotoGP memasuki usia 75 tahun. Sejak bergulir pada 1949 hingga 2024, ajang balap motor paling populer sejagat ini telah melewati berbagai fase penting. Salah satunya adalah pergantian mesin 500cc ke mesin 4-tak 990cc pada 2002.

Musim tersebut menandai era baru di ajang Grand Prix. Tak hanya kapasitas mesin yang berubah, nomenklatur kelas premier juga berganti dari 500cc ke kelas MotoGP. Kejuaraan dunia pun menapaki fase mutakhir.

Sebagai musim pertama era MotoGP, 2002 termasuk spesial. Balapan pertamanya dihelat pada 7 April 2002 di Sirkuit Suzuka, Jepang. Selama musim transisi ini, peraturan masih membolehkan mesin 2-tak 500cc turun balap.

Semua tim pabrikan menggeber mesin anyar, sedangkan tim satelit memacu mesin lawas. Empat tim pabrikan yang berkompetisi adalah Honda, Yamaha, Suzuki, dan Aprilia. Honda yang diawaki Valentino Rossi tentu saja masih jadi tim paling digdaya kala itu. Tak heran, pembalap Honda yang paling banyak merebut kemenangan.

Sepanjang musim, mesin anyar 990cc memang mendominasi balapan. Hanya pada momen tertentu mesin 500cc bisa unjuk gigi, seperti kala Jeremy McWilliams yang mengendarai Proton KR 500 jadi polesitter di seri Australia. Ini merupakan pole position terakhir bagi motor mesin berkapasitas 500cc di ajang Grand Prix.

Pada musim yang melombakan 16 seri Grand Prix itu, ada 4 pembalap yang sukses menjadi pemenang. Mereka inilah para pionir kampiun pada era baru MotoGP. Siapa saja keempat jagoan di lintasan balap tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

1. Valentino Rossi merebut sebelas kemenangan bersama Honda

Mengenang 4 Pemenang Balapan MotoGP 2002, Siapa Paling Jagoan?Valentino Rossi dan fans (valentinorossi.com)

Valentino Rossi mendominasi MotoGP 2002. Pembalap yang baru melakoni musim pertamanya bersama Repsol Honda ini merebut 11 kemenangan, yang 7 di antaranya diraih secara beruntun. The Doctor tampil sangat kompetitif karena merupakan juara dunia bertahan.

Rossi meraih tujuh kemenangan beruntun di Spanyol, Prancis, Italia, Catalunya, Belanda, Inggris, dan Jerman. Kemenangan lainnya ia raih di Jepang, Portugal, Brasil, dan Australia. Pada musim ini, Rossi hampir selalu finis podium sebagai kampiun atau runner-up, kecuali sekali gagal finis di seri Ceko karena masalah ban.

Kemenangan Rossi di Sirkuit Suzuka, Jepang, termasuk bersejarah. Menggeber RC211V, itulah kemenangan pertama kelas premier pada era MotoGP. Bagi Honda, kemenangan ini pun kemenangan pertamanya menggunakan mesin 4-tak setelah 35 tahun.

2. Max Biaggi meraih dua kemenangan bersama Yamaha

Mengenang 4 Pemenang Balapan MotoGP 2002, Siapa Paling Jagoan?Max Biaggi (motogp.com)

Selain Rossi, ada satu lagi pembalap asal Italia yang menang pada musim perdana era MotoGP. Max Biaggi yang berbaju Marlboro Yamaha Team bisa merebut 8 podium, termasuk 2 kemenangan. Ia menang di Sirkuit Brno dan Sirkuit Sepang.

Saat berkompetisi di Sirkuit Brno, Ceko, Biaggi unggul dari rookie Daijiro Kato dan sophomore rider Tohru Ukawa. Ketika menang di Sirkuit Sepang, Malaysia, Biaggi finis di depan Rossi dan Alex Barros. Dengan raihan podiumnya, Biaggi pun jadi penantang dalam perebutan titel kejuaraan.

Baca Juga: Somkiat Chantra Bahagia Dapat Kursi Balap di MotoGP 2025

3. Alex Barros menambah dua kemenangan untuk Honda

Mengenang 4 Pemenang Balapan MotoGP 2002, Siapa Paling Jagoan?potret Valentino Rossi dan Alex Barros (motogp.com)

Alex Barros jadi salah satu pembalap pemacu Honda yang bisa merebut kemenangan pada 2002. Disokong tim West Honda Pons, pembalap asal Brasil in meraih 6 podium, termasuk 2 kemenangan. Barros menang di seri Pasifik dan Valencia.

Pada separuh musim Barros menggeber Honda NSR500. Baru di seri Pasifik yang digelar di Sirkuit Motegi ia memacu motor anyar RC211V. Hebatnya, pada kesempatan pertamanya tersebut, Barros langsung menjadi kampiun. Ia menang di depan Rossi dan Loris Capirossi.

4. Tohru Ukawa menang sekali bersama Honda

Mengenang 4 Pemenang Balapan MotoGP 2002, Siapa Paling Jagoan?potret Tohru Ukawa (boxrepsol.com)

Dalam semusim, ada tiga pembalap Honda yang menang. Tohru Ukawa juga merebut kemenangan di atas RC211V. Rekan setim Valentino Rossi ini merebut 9 podium, termasuk 1 kali jadi kampiun.

Ukawa jadi yang pertama melewati garis finis di Sirkuit Phakisa Freeway, Afrika Selatan. Ini merupakan kemenangan perdananya di kelas premier. Ia mampu mengasapi Rossi yang finis runner-up dan Capirossi yang finis P3.

Valentino Rossi, Max Biagggi, Alex Barros, dan Tohru Ukawa adalah para kampiun pionir era MotoGP. Rossi sendiri merebut titel juara dunia 2002. Sementara itu, posisi runner-up kejuaraan jadi milik Biaggi.

Baca Juga: Merayakan MotoGP Musim 2016 yang Lahirkan Banyak Pemenang, Ada 9!

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya