Matteo Flamigni Sebut Marco Bezzecchi Beri Banyak Kejutan

Flamigni jadi bisa merasakan kemenangan lagi

Meski tim baru, garasi balap Mooney VR46 Racing Team sejatinya diisi para teknisi berpengalaman. Salah satunya adalah Matteo Flamigni, kepala kru Marco Bezzecchi. Dahulunya, Flamigni adalah insinyur data di box Valentino Rossi selama hampir 2 dekade.

Flamigni sendiri memulai kariernya di paddock balap pada era 1990-an. Berawal di Superbike, ia sudah menangani data dan analisis kasus. Pada 1997, Flamigni pindah ke MotoGP. Setahun kemudian, ia berada di garasi Honda Gresini.

Pada 2001, Flamigni pindah ke tim pabrikan Yamaha menangani Max Biaggi. Sekitar 2 tahun kemudian, Marco Melandri datang. Pada 2004, giliran Valentino Rossi yang memperkuat pabrikan Iwata. Pada era Rossi, Flamigni banyak merasakan perubahan, dari mulai sistem, lingkungan, metode, hingga hasil balapnya. Berkat The Doctor, Yamaha bisa menang lagi di atas lintasan.

Usai Rossi pensiun, Flamigni masih eksis di MotoGP. Kini ia menangani pembalap yang menurutnya jadi penerus Rossi. Marco Bezzecchi memberi banyak kejutan bagi Flamigni.

1. Marco Bezzecchi mirip Valentino Rossi saat melibas sektor sirkuit yang cepat

Matteo Flamigni Sebut Marco Bezzecchi Beri Banyak KejutanValentino Rossi dan Matteo Flamigni (insella.it)

Sebagai bagian dari VR46 Academy, Marco Bezzeechi jadi salah satu pembalap muda yang dilatih sendiri oleh Valentino Rossi. Tak heran, gaya balap The Doctor terlihat pada karakter Bezzecchi. Matteo Flamigni pun menyadari ada kemiripan antara Bezzecchi dan Rossi di atas lintasan.

“Marco efektif di sektor yang cepat, karakteristik yang sama dengan Rossi. Namun, kesamaan antara keduanya, yang juga berlaku untuk anggota akademi yang lain, tetap pada kemampuan membaca dan menafsirkan data,” kata Flamigni dikutip Motosan.

2. Marco Bezzecchi pintar membaca data

Matteo Flamigni Sebut Marco Bezzecchi Beri Banyak KejutanMarco Bezzecchi (motogp.com)

Salah satu hal yang dikagumi Matteo Flamigni dari Marco Bezzecchi adalah kemampuannya membaca data. Usai mengaspal, Bezzecchi tak segan untuk melahap banyak data. Ini jadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuannya.

“Bezzecchi tetap bersamaku untuk waktu yang lama, memperhatikan grafik yang dibagikan Ducati. Perbandingan dengan Desmosedici lainnya bisa dilakukan, dan Marco selalu metodis dan teliti, seperti halnya Vale,” ungkap Flamigni.

3. Matteo Flamigni senang Marco Bezzecchi bisa memberinya kemenangan

Matteo Flamigni Sebut Marco Bezzecchi Beri Banyak Kejutanpotret Marco Bezzecchi (motogp.com)

Saat masih bersama Valentino Rossi, Matteo Flamigni sempat merasakan paceklik kemenangan. Rossi terakhir menang di Sirkuit Assen pada 2017. Sejak saat itu, ia tak lagi merasakan kemenangan di MotoGP sampai Rossi pensiun pada 2021. Namun, Marco Bezzecchi membawa perubahan. Setelah sekian lama, Flamigni akhirnya bisa kembali tersenyum puas pada 2023 ini.

“Setelah menghabiskan waktu puluhan tahun bersama Vale, aku pikir aku tak akan bersenang-senang lagi. Berada di samping Bezzecchi selalu menjadi kejutan. Ini adalah kisah yang baru saja dimulai, tetapi sudah begitu menjanjikan dan fantastis. Berkat Marco aku bisa menang lagi,” kata Flamigni dilansir Motosan.

Flamigni berpengalaman puluhan tahun di MotoGP. Ia saksi hidup perkembangan motor MotoGP dari musim ke musim. Meskipun banyak perubahan, Flamigni yakin pembalap tetap punya peran penting di balik kemudi, Bezzecchi sudah jadi bukti.

“Pengendara tetap yang membuat perbedaan. Dua kemenangan Bezzecchi di Argentina dan Prancis menjadi saksinya. Ia dikejar tak kurang dari tujuh Ducati, motor MotoGP dengan merek yang sama. Pada akhirnya, hanya seorang yang akan menang dan Marco Berhasil,” kata Flamigni yang bangga pada Bezzecchi.

Marco Bezzecchi jadi pembalap andalan di tim milik Valentino Rossi. Matteo Flamigni punya peran penting dalam mengembangkan pembalap muda Italia ini. Berapa kemenangan lagi yang bisa mereka raih, ya?

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya