Francesco Bagnaia Cetak Poin Maksimal di MotoGP Italia, Hattrick Pula

Tampil dominan di sesi sprint dan main race

Francesco Bagnaia berpesta pora di sesi sprint dan main race MotoGP Italia. Balapan yang digelar pada, Sabtu dan Minggu (1—2/6/2024) tersebut jadi ajang unjuk kekuatan sang pembalap tuan rumah. Dengan mengenakan livery spesial berwarna biru, Bagnaia mendominasi jalannya perlombaan.

Dalam satu pekan balap, sebanyak total 37 poin tersedia untuk pembalap yang bisa menang di kedua sesi balap. Di Sirkuit Mugello kali ini, Bagnaia berhasil mencetak poin maksimal. Ia mengantongi 12 poin dari sesi sprint. Sehari berikutnya di sesi main race, pembalap Ducati Lenovo tersebut menambah raihan 25 poin.

Bagnaia memang tak terkalahkan di kandang sendiri. Bagaimana alur Bagnaia mendominasi balapan di MotoGP Italia? Simak ulasannya berikut ini!

1. Francesco Bagnaia menang sempurna di sesi sprint race MotoGP Italia

Francesco Bagnaia Cetak Poin Maksimal di MotoGP Italia, Hattrick Pulapotret Francesco Bagnaia di Sirkuit Mugello (motogp.com)

Start dari urutan ke-2, Francesco Bagnaia langsung melesat ke barisan terdepan. Ia tak terkejar hingga balapan berdurasi sebelas lap itu usai. Berbeda dari seri sebelumnya di Catalunya, kali ini tak ada drama terjatuh di putaran terakhir.

Bagnaia menjadi kampiun di depan Marc Marquez (Gresini Racing) dan Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3). Lewat kemenangan ini, Bagnaia memboyong 12 poin. Sementara itu, Jorge Martin (Prima Pramac Racing) terjatuh ketika balapan tinggal menyisakan empat putaran.

Kemenangan sprint tersebut jadi kemenangan perdana bagi Bagnaia musim ini. Momen itu juga sekaligus kemenangan sprint pertamanya sejak seri Austria yang digelar Agustus 2023 lalu. Akhirnya, Bagnaia pecah telur juga di sesi sprint race.

Baca Juga: Marc Marquez Percaya Diri Tatap Masa Depannya di MotoGP

2. Meski terkena penalti turun tiga grid, Bagnaia tetap bisa jadi kampiun main race

Francesco Bagnaia Cetak Poin Maksimal di MotoGP Italia, Hattrick Pulapotret Francesco Bagnaia (motogp.com)

Lantaran dianggap mengganggu laju Alex Marquez di sesi latihan, Francesco Bagnaia terkena penalti turun tiga posisi start saat main race. Kendati begitu, Bagnaia tetap bisa tampil trengginas. Memulai balapan dari P5, Bagnaia hanya butuh dua tikungan saja untuk langsung merangsek ke posisi terdepan.

“Sangat penting untuk memimpin (balapan) sejak lap pertama agar bisa meningkatkan kecepatanku. Strategi di dua tikungan pertama berjalan dengan sempurna. Lebih dari itu akan menjadi hal yang mustahil,” kata Bagnaia seperti dikutip Crash.

Setelahnya, ia tak terkejar dan terus memimpin balapan di semua putaran. Bagnaia memiliki ritme balap konsisten yang sulit ditandingi. Usai melewati garis finis, Bagnaia menjadi kampiun main race dengan selisih 0,799 detik dari rekan setimnya, Enea Bastianini, yang finis runner-up.

3. Bagnaia cetak hattrick kemenangan di Sirkuit Mugello

Francesco Bagnaia Cetak Poin Maksimal di MotoGP Italia, Hattrick Pulapotret Francesco Bagnaia (motogp.com)

Francesco Bagnaia kini mengantongi tiga kemenangan beruntun di Sirkuit Mugello. Bagnaia mencetak hattrick setelah menang pada musim 2022, lalu menang lagi pada 2023, dan kini kembali menjadi kampiun di musim 2024. Ia menang baik di sesi sprint maupun main race.

Berikut ini hasil balap Bagnaia di Sirkuit Mugello dalam tiga tahun terakhir:

  • 2022: P5 (kualifikasi) - P1 (main race);
  • 2023: P1 (kualifikasi) - P1 (sprint) - P1 (main race); dan
  • 2024: P2 (kualifikasi) - P1 (sprint) - P1 (main race).

Dengan merebut kemenangan sprint dan main race di seri Italia, Francesco Bagnaia mendekatkan jarak poin dengan Jorge Martin. Di tangga klasemen sementara MotoGP 2024, selisih mereka tinggal 18 poin saja. Bagnaia tentu masih punya banyak kesempatan membalikkan keadaan.

Baca Juga: 9 Hal Serbapertama dari MotoGP Italia 2024, Ada yang Menang

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya