2 Pasang Adik Kakak yang Naik Podium Bareng di MotoGP, Fenomenal!

Salah satunya jadi yang pertama pada era MotoGP

MotoGP Jerman 2024 menorehkan momen langka. Tak ada yang menyangka sepasang adik kakak bisa tampil gemilang dan menaiki podium secara bersamaan. Sejarah yang berusia puluhan tahun pun terulang.

Bagi Marc Marquez, posisi runner-up memutus rekor selalu menangnya di Sirkuit Sachsenring. Namun, hasil itu tetap membuatnya senang bukan kepalang. Itu karena ia bersama Alex Marquez masuk daftar pembalap bersaudara yang punya prestasi mentereng.

Dalam sejarah MotoGP, hanya ada dua pasang adik kakak yang bisa naik podium bareng di kelas premier. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini!

1. Aoki bersaudara jadi yang pertama naik podium bareng

2 Pasang Adik Kakak yang Naik Podium Bareng di MotoGP, Fenomenal!potret Aoki bersaudara (motogp.com)

Di antara para pembalap MotoGP bersaudara, Aoki bersaudara jadi yang paling unik. Pasalnya, ada tiga adik kakak yang mengaspal di kelas premier. Mereka adalah Nobuatsu Aoki, Takuma Aoki, dan Haruchika Aoki.

Momen paling fenomenal tentu saja terjadi saat Nobuatsu dan Takuma menjadi pasangan adik kakak yang mampu naik podium bareng di kelas 500cc. Kala berlaga di GP Imola, Italia pada 1997, Nobuatsu finis P2 dan Takuma finis P3. Mereka finis di belakang Mick Doohan yang jadi kampiun. Ketiganya finis podium di atas Honda.

Dalam sejarah kejuaraan dunia Grand Prix yang dimulai pada 1949, Nobuatsu dan Takuma jadi pasangan bersaudara pertama yang mampu naik podium kelas premier. Prestasi langka ini baru terulang 27 tahun kemudian. Jeda yang lama jadi bukti ini pencapaian yang fenomenal.

Baca Juga: Pembalap MotoGP Parade di Bali, Pemprov NTB Undang Liburan ke Lombok

2. Marquez bersaudara jadi yang pertama pada era MotoGP

2 Pasang Adik Kakak yang Naik Podium Bareng di MotoGP, Fenomenal!Marc Marquez, Francesco Bagnaia, dan Alex Marquez berdiri di podium MotoGP Jerman 2024. (motogp.com)

Pertama dalam 27 tahun terakhir, Marc Marquez dan Alex Marquez mengulang momen unik yang dicetak Aoki bersaudara. Pada seri Jerman 2024, Marc dan Alex naik podium bareng di Sirkuit Sachsenring. Ini sekaligus jadi yang pertama pada era MotoGP.

Menurut Mark Twain, sejarah itu tidak terulang, tetapi berima. Ucapan penulis kondang asal Amerika Serikat itu terbukti di MotoGP. Marquez bersaudara juga naik podium bareng dengan format yang hampir sama dengan Aoki bersaudara.

Di belakang Francesco Bagnaia yang menang, Marc finis P2 sedangkan Alex finis P3. Keduanya juga mengendarai motor yang sama, yaitu Ducati. Saat Aoki bersaudara naik podium, posisi lima besar dikuasai Honda. Saat Marc dan Alex finis podium, posisi lima besar didominasi Ducati.

3. Tak mudah bagi adik kakak untuk naik podium bareng

2 Pasang Adik Kakak yang Naik Podium Bareng di MotoGP, Fenomenal!potret Marc Marquez dan Alex Marquez (motogp.com)

Momen naik podium bareng makin spesial bagi Marquez bersaudara. Tidak hanya sebagai adik kakak, mereka juga finis podium sebagai rekan setim di Gresini Racing. Tak heran, Marc Marquez begitu bangga dengan pencapaiannya.

“Aku sangat senang bisa berbagi podium bersama saudaraku. Itu adalah hari yang tak akan pernah aku lupakan karena akan sulit terulang pada masa depan,” kata Marc seperti dilansir Crash.

Alex Marquez pun tak menyangka bisa naik podium di Sirkuit Sachsenring. Awalnya ia hanya menargetkan finis P7. Ketika punya kesempatan, ia sempat grogi.

“Aku sempat berpikir sebelum akhir balapan bahwa aku tak akan naik podium. Lalu, aku melihat (Jorge) Martin terjatuh. Seluruh tubuhku gemetar,” ungkap Alex dikutip Speedweek.

MotoGP sering menyajikan kejutan dan pencapaian unik. Pencapaian Marquez bersaudara ini jadi salah satu prestasi yang menarik. Pada seri-seri berikutnya, peristiwa fenomenal apa lagi yang bakal terjadi?

Baca Juga: 4 Pembalap Cetak New All-Time Lap Record di Paruh Pertama MotoGP 2024

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

MotoGP enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya