9 Wakil Indonesia Menjadi Pemain Unggulan di Kejuaraan Dunia 2023

Jonatan Christie sudah tumbang

Kejuaraan Dunia Badminton 2023 dimulai. Turnamen bergengsi ini berlangsung pada 21—27 Agustus 2023 di Copenhagen, Denmark. Badminton Indonesia menurunkan semua pemain terbaiknya tahun ini.

Sebanyak 14 wakil Merah Putih berjuang di turnamen tersebut. Sembilan wakil di antaranya tercatat sebagai pemain unggulan. Penasaran, siapa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Jonatan Christie satu-satunya tunggal putra yang menjadi unggulan. Ia diunggulkan di posisi kelima, tetapi sudah tumbang pada putaran pertama

9 Wakil Indonesia Menjadi Pemain Unggulan di Kejuaraan Dunia 2023Jonatan Christie (instagram.com/jonatanchristieofficial)

2. Diunggulkan di posisi kedelapan, Gregoria Mariska Tunjung menjadi tumpuan Indonesia di sektor tunggal putri

9 Wakil Indonesia Menjadi Pemain Unggulan di Kejuaraan Dunia 2023Gregoria Mariska Tunjung (pbsi.id)

3. Menjadi ganda putra terbaik Indonesia dan dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi unggulan pertama

9 Wakil Indonesia Menjadi Pemain Unggulan di Kejuaraan Dunia 2023Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

4. Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan berada di posisi kedelapan sebagai pasangan unggulan ganda putra

9 Wakil Indonesia Menjadi Pemain Unggulan di Kejuaraan Dunia 2023Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (instagram.com/badminton.ina)

Baca Juga: KO 2 Game, Jonatan Christie Tumbang Lawan Lee Zii Jia di Denmark

5. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, junior Ahsan/Hendra, diunggulkan di posisi ke-10 di sektor ganda putra

9 Wakil Indonesia Menjadi Pemain Unggulan di Kejuaraan Dunia 2023Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (pbsi.id)

6. Masih dari sektor ganda putra, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana menjadi pasangan unggulan ke-13

9 Wakil Indonesia Menjadi Pemain Unggulan di Kejuaraan Dunia 2023Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (instagram.com/badminton.ina)

7. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menempati unggulan ke-11 di sektor ganda putri

9 Wakil Indonesia Menjadi Pemain Unggulan di Kejuaraan Dunia 2023Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (pbsi.id)

8. Ganda putri Indonesia lainnya, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, juga diunggulkan. Mereka berada di posisi ke-16

9 Wakil Indonesia Menjadi Pemain Unggulan di Kejuaraan Dunia 2023Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (pbsi.id)

9. Di sektor ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati merupakan pasangan unggulan ke-13

9 Wakil Indonesia Menjadi Pemain Unggulan di Kejuaraan Dunia 2023Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (instagram.com/badminton.ina)

Sembilan wakil badminton Indonesia di atas diharapkan mampu memberikan permainan terbaik mereka. Meski menjadi pemain unggulan, para wakil Merah Putih ini tetap harus waspada dengan lawan yang akan dihadapinya, terutama pada babak-babak awal. Tahun lalu, Indonesia bahkan hanya mampu meraih 1 medali perak dan 1 medali perunggu melalui dua ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sedangkan, untuk tahun ini, PBSI sendiri menargetkan dua medali emas yang bisa dibawa pulang. Kedua medali tersebut diharapkan datang dari sektor tunggal putra dan ganda putra. Sayangnya, tunggal putra seperti Jonatan Christie yang menjadi pemain unggulan kalah dari Lee Zii Jia (Malaysia) pada putaran pertama.

Babak pertama atau babak 64 besar sendiri bergulir kemarin mulai pada pukul 14.00 WIB. Dari kesembilan pemain unggulan di atas, hanya Jonatan yang melakoni laga perdana hari itu. Kejuaraan Dunia akan beralih ke hari kedua hari ini, Selasa (22/8/2023). Mungkinkah wakil Indonesia meraih kemenangan?

Baca Juga: Daftar Juara Bertahan Kejuaraan Dunia, Semua Pemain Unggulan

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya