8 Wakil Indonesia Gagal Melaju ke Babak Kedua Japan Masters 2023

Ada yang cedera

Japan Masters 2023 sudah menyelesaikan babak pertama yang berlangsung selama 2 hari. Sayangnya, rangkaian turnamen BWF Super 500 ini seperti kurang berpihak kepada para pemain Indonesia.

Dari 14 wakil yang bertanding, delapan di antaranya dipastikan gagal melaju ke babak kedua turnamen yang digelar di Kumamoto Prefectural Gymnasium, Jepang, tersebut. Ada yang cedera hingga pemain unggulan yang langsung angkat koper, berikut daftar lengkap wakil bulu tangkis Indonesia yang terhenti di Japan Masters 2023.

1. Chico Aura Dwi Wardoyo dan Anthony Sinisuka Ginting gagal mengatasi lawan

8 Wakil Indonesia Gagal Melaju ke Babak Kedua Japan Masters 2023Chico Aura Dwi Wardoyo (pbsi.id)

Dua dari tiga wakil tunggal putra Indonesia yang bertanding di babak pertama Japan Masters 2023 harus angkat koper. Mereka adalah Chico Aura Dwi Wardoyo dan Anthony Sinisuka Ginting. Chico kalah atas tunggal putra terbaik dunia saat ini asal Denmark, Viktor Axelsen, dua set langsung dengan skor 11-21 dan 7-21.

Sementara itu, Ginting yang merupakan unggulan kedua di turnamen ini kembali takluk atas tunggal putra China, Weng Hong Yang. Tunggal putra andalan Indonesia ini harus kalah melalui pertarungan tiga set dengan skor 16-21, 21-18, dan 17-21. Ini menjadi kekalahan keempat beruntun Ginting atas wakil China tersebut.

Baca Juga: Rekor Buruk Rinov/Pitha Makin Panjang di Japan Masters 2023

2. Putri Kusuma Wardani mundur di tengah pertandingan

8 Wakil Indonesia Gagal Melaju ke Babak Kedua Japan Masters 2023Putri Kusuma Wardani (pbsi.id)

Hasil yang kurang baik juga dirasakan Indonesia dari sektor tunggal putri. Salah satu wakilnya, Putri Kusuma Wardani, harus mundur saat pertandingan tengah berlangsung di babak pertama Japan Masters 2023. Tunggal putri Korea Selatan, Kim Ga Eun, menjadi lawan Putri pada laga perdana turnamen BWF Super 500 tersebut.

Putri mengalami cedera dari paha kanan sampai pinggang di bagian belakang. Rasa nyeri ini juga dirasakannya sejak ia mengikuti turnamen Korea Masters 2023 yang berlangsung pekan lalu. Putri mundur saat poin 11-5 untuk keunggulan Kim di babak pertama Japan Masters 2023.

3. Tiga pasangan ganda putra keok oleh tuan rumah

8 Wakil Indonesia Gagal Melaju ke Babak Kedua Japan Masters 2023Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (pbsi.id)

Indonesia paling banyak mengirimkan wakilnya di sektor ganda putra. Sebanyak lima pasang ganda putra turun pada turnamen BWF Super 500 ini. Sayangnya, tiga pasangan harus terhenti dan dipastikan gagal melaju ke babak kedua Japan Masters 2023. Ketiga pasangan Indonesia ini juga semuanya takluk atas ganda putra tuan rumah. Berikut hasil lengkapnya:

  • Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs. Kenya Mitsuhashi/Hiroki Okamura 16-21 dan 14-21
  • Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi [6] 14-21, 21-10, dan 18-21
  • Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs. Akira Koga/Taichi Saito 18-21 dan 16-21

Ketiga pasang ganda putra Indonesia ini langsung keok pada hari pertama Japan Masters 2023. Hanya Leo/Daniel yang kalah melalui pertarungan tiga set saat berhadapan dengan ganda putra unggulan keenam di turnamen ini. Sementara itu, dua ganda putra yang lolos ke babak kedua adalah Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat.

4. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga dihadang pasangan tuan rumah

8 Wakil Indonesia Gagal Melaju ke Babak Kedua Japan Masters 2023Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (instagram.com/badminton.ina)

Indonesia dipastikan tanpa wakil di sektor ganda putri pada Japan Masters 2023 ini. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi yang merupakan ganda putri Indonesia satu-satunya ini harus terhenti di babak pertama. Ana/Tiwi gagal mengatasi perlawanan pasangan tuan rumah, Rin Iwanaga/Kie Nakanishi.

Ganda putri Indonesia kalah dengan skor 12-21 dan 11-21. Duel ganda putri ini berlangsung selama 35 menit di babak pertama Japan Masters 2023 pada hari pertama. Kekalahan ini membuat rekor pertemuan mereka menjadi 1-0 untuk keunggulan pasangan tuan rumah.

5. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati takluk atas pasangan unggulan

8 Wakil Indonesia Gagal Melaju ke Babak Kedua Japan Masters 2023Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (instagram.com/badminton.ina)

Satu wakil Indonesia di sektor ganda campuran juga gagal melaju ke babak kedua Japan Masters 2023. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati harus takluk atas pasangan China, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin, yang merupakan unggulan kelima di turnamen ini. Pertandingan ganda campuran di babak pertama menjadi pertemuan kedua bagi mereka.

Rehan/Lisa kalah dua set langsung dengan skor 12-21 dan 13-21. Duel ganda campuran ini berlangsung cukup singkat dengan durasi 27 menit. Sebelumnya, Rehan/Lisa juga sudah pernah kalah dua set langsung pada ajang French Open 2023.

Dengan hasil ini, hanya ada lima wakil bulu tangkis Indonesia di babak kedua Japan Masters 2023. Tanpa wakil di sektor tunggal putri, Indonesia meloloskan masing-masing satu wakil di sektor tunggal putra, putri, dan ganda campuran serta dua pasangan ganda putra.

Baca Juga: Jadwal Tanding 5 Wakil Indonesia di 16 Besar Japan Masters 2023

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya