5 Road to Glory An Se Young di Olimpiade 2024, Raih Medali Emas

Pecah telur sejak terakhir tahun 1996 #Olimpiade2024

Intinya Sih...

  • Korea Selatan meraih medali emas dari bulu tangkis Olimpiade 2024 melalui An Se Young.
  • An Se Young berhasil mengatasi perlawanan tunggal putri China, He Bing Jiao, di final dengan skor 21-13 dan 21-16.
  • Sebelumnya, An Se Young juga sukses mengalahkan tunggal putri terbaik Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, di babak semifinal.

Korea Selatan berhasil meraih satu medali emas dari cabang olahraga bulu tangkis. Tunggal putri terbaik mereka, An Se Young sukses menjadi juara dan memastikan membawa pulang medali emas. An mampu mengatasi perlawanan tunggal putri China, He Bing Jiao, di babak final bulu tangkis Olimpiade 2024.

An Se Young menjadi tunggal putri kedua Korea Selatan yang sukses meraih medali emas pada ajang pesta olahraga terbesar di dunia tersebut. Sebelumnya, medali emas diraih oleh Bang Soo Hyun saat Olimpiade 1996. Sukses besar, simak sederet fakta menarik An Se Young selama Olimpiade 2024 berikut!

1. Berstatus unggulan pertama

5 Road to Glory An Se Young di Olimpiade 2024, Raih Medali EmasAn Se Young (instagram.com/a_sy_2225)

Olimpiade 2024 merupakan Olimpiade kedua yang diikuti oleh An Se Young. Sebelumnya, tunggal putri terbaik Korea Selatan ini mengawali debutnya di Olimpiade 2020. Sayangnya, saat itu An harus tersingkir di babak 16 besar setelah gagal mengatasi perlawanan wakil China, Chen Yu Fei, yang akhirnya berhasil meraih medali emas.

Sejak saat itu, An Se Young semakin menunjukkan kemampuan terbaiknya sehingga bisa menduduki peringkat satu dan sukses menjadi tunggal putri terbaik dunia. Berbagai gelar prestisius juga sudah pernah diraih oleh atlet berusia 22 tahun tersebut. Hingga saat ini, An masih menduduki peringkat satu dunia dan menempati unggulan pertama di Olimpiade 2024.

Baca Juga: Curhat Gregoria Susah Bongkar Pertahanan An Se Young

2. Hampir kalah di quarter final

5 Road to Glory An Se Young di Olimpiade 2024, Raih Medali EmasAn Se Young (bwfbadminton.com)

Salah satu keuntungan menjadi pemain unggulan adalah mendapat 'bye' di babak 16 besar. Selain mempunyai waktu istirahat lebih lama, pemain 'bye' juga bisa dipastikan lolos ke babak berikutya tanpa bertanding. Meski begitu, di quarter final atau di babak delapan besar, An Se Young langsung berhadapan dengan tunggal putri terbaik Jepang, Akane Yamaguchi.

Kedua pemain sudah sering bertemu dan saling mengalahkan. Terbukti, pertandingan di babak perempat final ini berlangsung ketat. Pertandingan ini akhirnya dimenangi oleh An Se Young melalui pertarungan tiga set dengan skor 15-21, 21-17, dan 21-8. Meski begitu, Akane masih unggul head to head dengan skor tipis, yaitu 13-12.

3. Kembali memperpanjang kemenangan atas tunggal putri Indonesia

5 Road to Glory An Se Young di Olimpiade 2024, Raih Medali EmasAn Se Young (bwfbadminton.com)

Pada laga semifinal atau babak empat besar, An Se Young berhadapan dengan tunggal putri terbaik Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. Kedua pemain juga sudah sering bertemu. Hingga Olimpiade 2024 tersebut Gregoria belum juga pecah telur. Padahal, ini merupakan pertemuan kesembilan bagi kedua tunggal putri tersebut.

An Se Young kalah di set pertama dengan skor 11-21. Namun, tunggal putri terbaik dunia tersebut berhasil membalikkan keadaan untuk meraih dua kemenangan beruntun di set berikutnya dengan skor 21-13 dan 21-16. Berkat hasil ini, An Se Young terus memperpanjang rekor kemenangan atas Gregoria.

4. Menang cukup mudah di babak final

5 Road to Glory An Se Young di Olimpiade 2024, Raih Medali EmasAn Se Young (instagram.com/olympic)

Memasuki laga puncak, An Se Young menantang salah satu tunggal putri terbaik China, He Bing Jiao. Ini tentu bukan pertemuan pertama bagi kedua pemain. An Se Young unggul head to head dengan skor 8-5 dan menang dua set langsung pada pertemuan terakhir mereka dalam ajang Indonesia Open 2024.

Di set pertama, An Se Young menang dengan skor 21-13. Tetap bermain fokus dan konsisten dengan permainan terbaiknya, An kembali mengunci kemenangan di set kedua dengan skor 21-16. Laga final tunggal putri di Olimpiade 2024 ini berdurasi 53 menit.

5. Satu-satunya peraih medali emas di cabor bulu tangkis untuk Korea Selatan

5 Road to Glory An Se Young di Olimpiade 2024, Raih Medali EmasAn Se Young (instagram.com/bwf.official)

Korea Selatan mengirimkan delapan wakil terbaiknya di cabor bulu tangkis Olimpiade 2024. Di antaranya adalah 1 tunggal putra, 2 tunggal putri, 1 ganda putra, 2 ganda putri, dan 2 ganda campuran. Selain An Se Young dari sektor tunggal putri yang meraih medali emas, Korea Selatan juga meraih satu medali perak dari sektor ganda campuran lewat kerja keras Kim Won Ho/Jeong Na Eun.

An Se Young sendiri akhirnya memecahkan telur menjadi tunggal putri Korea Selatan yang berhasil meraih medali emas. Sebelumnya, pada Olimpiade 1992, Bang Soo Hyun meraih medali perak setelah kalah atas tunggal putri Indonesia, Susi Susanti. Namun, di Olimpiade 1996 Bang soo Hyun sukses memperbarui medalinya menjadi medali emas.

Dari sektor tunggal putri, medali perak diraih He Bing Jiao (China). Sementara wakil tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, meraih hasil cukup memuaskan dengan meraih medali perunggu.

Baca Juga: 7 Potret Hangat An Se Young dan Keluarga, Ayah dan Adiknya Atlet Juga

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya