Daftar Juara Bertahan Singapore Open, Ada Anthony Sinisuka Ginting!

Kelimanya berpeluang mempertahankan gelar juara

Singapore Open 2024 siap bergulir pekan ini. Rangkaian turnamen BWF super 750 ini akan dimulai pada Selasa--Minggu (28 Mei--2 Juni 2024). Indonesia menurunkan skuad terbaiknya yang tesebar di lima sektor. Dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting merupakan juara bertahan pada turnamen BWF Super 750 ini.

Selain Ginting, empat pemain lainnya juga berkesempatan mempertahankan gelar Singapore Open. Berikut daftar lengkap juara bertahan Singapore Open yang diraih oleh lima negara berbeda.

1. Tunggal putra: Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)

Daftar Juara Bertahan Singapore Open, Ada Anthony Sinisuka Ginting!Anthony Sinisuka Ginting (pbsi.id)

Indonesia hanya meloloskan satu wakil andalannya pada laga final Singapore Open 2023. Anthony Sinisuka Ginting tampil dengan permainan terbaiknya pada turnamen BWF super 750 tersebut. Saat itu, Ginting merupakan unggulan ketiga.

Pada laga final, Ginting harus melawan tunggal putra Denmark, Anders Antonsen, yang saat itu merupakan pemain nonunggulan di turnamen tersebut. Ginting menang dua set langsung dengan skor 21-16 dan 21-13. Duel tunggal putra di babak final Singapore Open 2023 itu berdurasi 40 menit.

2. Tunggal putri: An Se Young (Korea Selatan)

Daftar Juara Bertahan Singapore Open, Ada Anthony Sinisuka Ginting!An Se Young (instagram.com/a_sy_2225)

Dari sektor tunggal putri, peringkat satu dunia saat ini asal Korea Selatan, An Se Young,  keluar sebagai juara Singapore Open tahun lalu. Sektor tunggal putri menyajikan laga final ideal saat unggulan pertama bertemu dengan unggulan kedua. An Se Young yang saat itu diunggulkan di posisi kedua berhadapan dengan tunggal putri terbaik Jepang, Akane Yamaguchi, yang kala itu menempati unggulan pertama.

Kedua pemain sudah sering bertemu dan saling mengalahkan. An Se Young menang melalui pertarungan dua set langsung dengan skor 21-16 dan 21-14. Duel dua tunggal putri terbaik dunia tersebut berlangsung selama 40 menit.

Baca Juga: 3 Lawan Tunggal Putra Indonesia di Babak Pertama Singapore Open 2024

3. Ganda putra: Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang)

Daftar Juara Bertahan Singapore Open, Ada Anthony Sinisuka Ginting!Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (bwfbadminton.com)

Jepang menjadi negara terbanyak yang meloloskan wakilnya pada laga final Singapore Open 2023. Namun, hanya satu yang sukses menjadi juara. Mereka adalah Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dari sektor ganda putra.

Hoki/Kobayashi berhadapan dengan ganda putra China, Liang Wei Keng/Wang Chang, di babak final Singapore Open 2023. Pasangan Jepang yang saat itu menempati unggulan keempat menang dua set langsung dengan skor 21-13 dan 21-18. Pertarungan ganda putra ini berdurasi 42 menit.

4. Ganda putri: Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China)

Daftar Juara Bertahan Singapore Open, Ada Anthony Sinisuka Ginting!Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

China mengunci satu gelar pada Singapore Open 2023. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan berhasil menjadi juara turnamen BWF super 750 tersebut dari sektor ganda putri. Chen/Jia yang menempati unggulan pertama mampu mengatasi perlawanan ganda putri Korea Selatan, Baek Ha Na/Lee So Hee, yang merupakan pasangan nonunggulan.

Chen/Jia menang cukup mudah dua set langsung dengan skor 21-16 dan 21-12. Pertandingan ganda putri pada laga final Singapore Open 2023 tersebut berlangsung selama 44 menit. Pada Singapore Open 2024 ini, kedua ganda putri tersebut berstatus sebagai pasangan unggulan pertama (China) dan unggulan kedua (Korea Selatan).

5. Ganda campuran: Mathias Christiansen/Alexandra Boje (Denmark)

Daftar Juara Bertahan Singapore Open, Ada Anthony Sinisuka Ginting!Mathias Christiansen/Alexandra Boje (bwfbadminton.com

Dari sektor ganda campuran, Mathias Christiansen/Alexandra Boje membuat kejutan dengan menjadi juara Singapore Open 2023. Ganda campuran terbaik Denmark tersebut merebut gelar juara dengan status pasangan nonunggulan. Mathias/Boje berhasil mengatasi perlawanan pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Hogashino, yang merupakan unggulan kedua di turnamen tersebut.

Pasangan Denmark menang melalui pertarungan tiga set dengan skor 21-14, 20-22, dan 21-16. Duel ini menjadi pertandingan terlama pada laga final Singapore Open 2023 dengan duraisi 1 jam 7 menit. Kedua ganda campuran ini juga kembali akan bertanding pada turnamen BWF super 750 tahun ini.

Dari kelima juara bertahan di atas, semuanya berpeluang untuk kembali menjadi juara Singapore Open tahun ini. Akankah mereka mampu  mempertahankan gelar juara Singapore Open?

Baca Juga: 3 Laga Derbi Sektor Ganda Putra di Babak Pertama Singapore Open 2024

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya