Daftar Juara Bertahan Australian Open, Tidak Ada Wakil Indonesia!

Kelima sektor dipastikan menemukan juara baru

Rangkaian turnamen BWF kembali bergulir. Pekan ini akan berlangsung Australian Open 2024 yang merupakan salah satu BWF Super 500. Turnamen ini dimulai pada 11-- 16 Juni 2024.

Tahun lalu, tidak ada wakil Indonesia yang berhasil meraih gelar pada turnamen yang digelar di Sydney, Australia, tersebut. China dan Korea Selatan masing-masing mengantongi dua gelar, sedangkan satu gelar lainnya direbut oleh Amerika Serikat.

Berikut daftar lengkap juara bertahan Australian Open dari masing-masing sektor.

1. Weng Hong Yang (China) raih gelar di sektor tunggal putra

Daftar Juara Bertahan Australian Open, Tidak Ada Wakil Indonesia!Weng Hong Yang (twitter.com/Badminton_Asia)

China sukses meraih gelar di sektor tunggal putra pada Australian Open 2023. Weng Hong Yang menjadi satu-satunya pemain nonunggulan yang mampu meraih gelar BWF super 500 tersebut. Tunggal putra China ini mengalahkan wakil India, Prannoy HS, di babak final yang saat itu diunggulkan di posisi keenam.

Weng Hong Yang menang melalui pertarungan tiga set dengan skor yang sangat ketat. Duel tunggal putra di babak final ini berdurasi 1 jam 30 menit. Sayangnya, wakil China tersebut tidak akan bertanding pada Australian Open tahun ini dan bisa dipastikan akan ada juara baru dari sektor tunggal putra.

2. Zhang Beiwen (Amerika Serikat) kunci gelar di sektor tunggal putri

Daftar Juara Bertahan Australian Open, Tidak Ada Wakil Indonesia!Zhang Beiwen (bwfbadminton.com)

Amerika Serikat berhasil meraih satu gelar pada Australian Open tahun lalu. Tunggal putri terbaiknya, Zhang Beiwen, yang merupakan unggulan keempat mampu menampilkan permainan terbaiknya. Zhang sukses menaklukkan tunggal putri Korea Selatan, Kim Ga Eun, yang merupakan pemain unggulan ketujuh.

Pertarungan tunggal putri di babak final ini juga berlangsung cukup ketat dengan durasi 1 jam 2 menit. Zhang menang melalui pertarungan tiga set. Sektor tunggal putri ini juga dipastikan menemukan juara baru karena Zhang Beiwen tidak akan turun pada Australian Open tahun ini.

Baca Juga: Daftar Juara Australia Open dari Tahun ke Tahun Sejak 1989

3. Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea Selatan) rebut gelar di sektor ganda putri

Daftar Juara Bertahan Australian Open, Tidak Ada Wakil Indonesia!Kim So Yeong/Kong Hee Yong (djarumbadminton.com)

Korea Selatan meraih gelar pertama Australian Open 2023 dari sektor ganda putri. Kim So Yeong/Kong Hee Yong yang saat itu menjadi unggulan kedua berhasil keluar sebagai juara turnamen BWF super 500 tersebut. Kim/Kong mampu mengatasi perlawanan pasangan China, Liu Sheng Shu/Tan Ning.

Ganda putri Korea Selatan ini menang dua set langsung. Meski demikian, pertarungan ini berlangsung cukup lama dengan durasi 52 menit. Kedua pasangan ganda putri ini juga tidak akan turun pada Australian Open 2024.

4. Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan) kuasai sektor ganda putra

Daftar Juara Bertahan Australian Open, Tidak Ada Wakil Indonesia!Seo Seung Jae/Kang Min Hyuk (instagram.com/seungjae_seo)

Gelar kedua Korea Selatan diraih dari sektor ganda putra. Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae yang merupakan unggulan kedelapan keluar sebagai juara Australian Open 2023. Ganda putra terbaik Korea Selatan tersebut berhasil mengalahkan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang diunggulkan di posisi ketiga saat itu.

Kang/Seo menang dua set langsung dalam durasi 42 menit. Sektor ganda putra juga bisa dipastikan akan ada juara baru. Baik Kang/Seo maupun Hoki/Kobayashi tidak ada yang mengikuti turnamen Australian Open tahun ini.

5. Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China) masih terlalu tangguh di sektor ganda campuran

Daftar Juara Bertahan Australian Open, Tidak Ada Wakil Indonesia!Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (bwfbadminton.com)

China juga meraih satu gelar dari sektor ganda campuran. Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping sukses menjadi juara di Australian Open 2023. Pasangan China yang menempati unggulan kedua saat itu sukses mengatasi perlawanan ganda campuran Jepang, Hiroki Midorikawa/Natsu Saito.

Duel ganda campuran ini dimenangkan Feng/Huang melalui pertarungan tiga set. Laga final sektor ganda campuran ini berdurasi 1 jam 10 menit. Kedua pasangan ini juga tidak akan bertanding di Australian Open 2024.

Dari daftar juara bertahan di atas, kelima sektor dipastikan akan menemukan juara baru. Tahun lalu, keempat wakil Indonesia harus tersingkir di babak delapan besar. Akankah ada pemain Indonesia yang akan meraih gelar turnamen Australian Open 2024?

Baca Juga: PBSI Tak Turunkan Ganda Putra di Australia Open 2024

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya