5 Fakta Badminton Indonesia di Denmark Open 2023, Ada 2 Wakil Mundur!

Ada juara bertahan

Denmark Open 2023 dimulai pekan ini. Turnamen BWF super 750 itu akan berlangsung pada 17--22 Oktober 2023 di Odense, Denmark. Indonesia menurunkan skuad terbaiknya dengan mengirimkan 14 wakil. Namun, ada juga dua wakil yang dipastikan mundur pada turnamen pembuka di Eropa ini.

Berikut lima fakta badminton Indonesia di Denmark Open 2023.

1. Mengirimkan 14 wakil ke 5 sektor

5 Fakta Badminton Indonesia di Denmark Open 2023, Ada 2 Wakil Mundur!Anthony Sinisuka Ginting (pbsi.id)

Badminton Indonesia mengirimkan wakilnya ke lima sektor. Hanya sektor ganda putri yang menurunkan satu wakil ke BWF super 750 ini. Berikut daftar lengkap pemain Indonesia di Denmark Open 2023:

  • Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie (tunggal putra).
  • Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani (tunggal putri).
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, dan Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (ganda putra).
  • Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (ganda putri).
  • Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran).

Ganda putra mengirimkan wakil paling banyak dengan lima pasangan. Sementara itu, Ana/Tiwi dipastikan menjadi tumpuan di sektor ganda putri sendirian. Indonesia juga mengirimkan wakil terbaiknya ke sektor tunggal putra, putri, dan ganda campuran.

2. Ada dua wakil yang harus mundur

5 Fakta Badminton Indonesia di Denmark Open 2023, Ada 2 Wakil Mundur!Siti Fadia Silva Ramadhanti/Apriyani Rahayu (instagram.com/badminton.ina)

Dua wakil badminton Indonesia harus mundur dari Denmark Open 2023. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Chico Aura Dwi Wardoyo dipastikan tidak akan berlaga di turnamen BWF super 750 ini. Awalnya, kedua wakil Indonesia ini terdaftar di Denmark Open 2023.

Apriyani masih dalam proses pemulihan cedera betis kanan. Sedangkan, Chico sudah bermasalah dengan kesehatannya sejak bertanding di Finlandia pekan lalu. Tunggal putra andalan Indonesia ini mengalami diare sepanjang Arctic Open 2023.

Baca Juga: Apriyani/Fadia dan Chico Aura Mundur dari Denmark Open 2023

3. Empat wakil menjadi pemain unggulan

5 Fakta Badminton Indonesia di Denmark Open 2023, Ada 2 Wakil Mundur!Gregoria Mariska Tunjung (instagram.com/badminton.ina)

Dari 14 wakil Indonesia yang turun di Denmark Open 2023, 4 di antaranya menjadi pemain unggulan. Hanya sektor ganda putri dan campuran yang tidak memiliki pemain unggulan. Berikut daftar lengkapnya:

  • Anthony Sinisuka Ginting (2) dan Jonatan Christie (5) (tunggal putra).
  • Gregoria Mariska Tunjung (7) (tunggal putri).
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (1) (ganda putra)

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga terdaftar sebagai pasangan unggulan ketujuh di sektor ganda putri. Sayangnya, mereka harus mundur. Sementara itu, tidak ada pasangan unggulan di sektor ganda campuran dari Indonesia.

4. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi juara bertahan

5 Fakta Badminton Indonesia di Denmark Open 2023, Ada 2 Wakil Mundur!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Indonesia sukses menciptakan all-Indonesian final di sektor ganda putra di Denmark Open 2022. Dengan hasil itu, Indonesia dipastikan meraih satu gelar juara dari Demark Open tahun lalu. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mampu mengatasi perlawanan rekannya sendiri, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, pada laga final turnamen BWF super 750 itu.

Fajar/Rian menang dua set langsung dengan skor yang ketat 21-19 dan 28-26. Pertarungan dua ganda putra Indonesia ini sendiri berlangsung selama 47 menit. Saat itu, kedua pasangan badminton Indonesia sama-sama menjadi pasangan unggulan di Denmark Open 2022.

5. Satu derbi pada babak pertama

5 Fakta Badminton Indonesia di Denmark Open 2023, Ada 2 Wakil Mundur!Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (instagram.com/badminton.ina)

Badminton Indonesia memastikan satu wakil ke babak kedua Denmark Open 2023. Sebab, derbi Indonesia akan terjadi di sektor ganda putra. Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan harus melawan seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, pada babak 32 besar.

Kedua ganda putra andalan Indonesia ini sudah pernah bertemu dan saling mengalahkan. Rekor pertemuan keduanya adalah 4-1 untuk keunggulan Ahsan/Hendra. Meski demikian, Pram/Yere berhasil menang pada pertemuan terakhir mereka.

Tidak ada babak kualifikasi di Denmark Open 2023. Babak 32 besar atau babak pertama akan berlangsung selama 2 hari pada Selasa dan Rabu.

Baca Juga: Apriyani/Fadia dan Chico Aura Mundur dari Denmark Open 2023

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya