Daftar Peraih Spain Masters Sektor Tunggal Putri, Terbaru Ada Gregoria

Indonesia juara back to back!

Spain Masters 2023 resmi berakhir pada hari Minggu (2/4/2023). Indonesia berhasil meraih satu gelar dari sektor tunggal putri atas nama Gregoria Mariska Tunjung pada ajang yang digelar di Madrid, Spanyol, tersebut.

Gregoria resmi mencatatkan namanya sebagai peraih gelar Spain Masters 2023 sekaligus gelar perdana pada BWF World Tour. Sebelumnya, tunggal putri Indonesia lainnya, Putri Kusuma Wardani, juga menjadi juara pada ajang yang sama.

Berikut daftar lengkap peraih gelar Spain Masters 2023 dari sektor tunggal putri.

1. Minatsu Mitani (Jepang)

Daftar Peraih Spain Masters Sektor Tunggal Putri, Terbaru Ada GregoriaMinatsu Mitani (bwfbadminton.com)

Minatsu Mitani sukses menjadi juara pada Spain Masters edisi pertama. Tunggal putri andalan Jepang ini merebut gelar Spain Masters pada tahun 2018.

Mitani yang saat itu tidak diunggulkan berhasil mengalahkan tunggal putri Denmark, Mia Blichfeldt, yang merupakan unggulan ketiga di turnamen tersebut. Mitani menang dengan pertarungan tiga set dalam durasi 56 menit.

2. Mia Blichfeldt (Denmark)

Daftar Peraih Spain Masters Sektor Tunggal Putri, Terbaru Ada GregoriaMia Blichfeldt (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Denmark berhasil menciptakan all Denmark final pada Spain Masters 2019 untuk sektor tunggal putra dan putri. Dari sektor tunggal putri, Mia Blichfeldt berhadapan dengan Line Kjaersfledt yang sama-sama merupakan pemain unggulan.

Mia yang memang lebih diunggulkan karena menempati posisi kedua sukses meraih gelar Spain Masters 2019 setelah menang dua set langsung. Pertarungan tunggal putri ini terjadi dalam durasi 38 menit.

Baca Juga: Road to Final Gregoria Mariska di Spain Masters 2023, Final S300 Ke-2!

3. Pornpawee Chochuwong (Thailand)

Daftar Peraih Spain Masters Sektor Tunggal Putri, Terbaru Ada GregoriaPornpawee Chochuwong (bwfbadminton.com)

Thailand mendominai sektor tunggal putri pada babak semifinal Spain Masters 2023 dengan tiga wakil. Mereka adalah Pornpawee Chochuwong, Supanida Katethong, dan Busanan Ongbamrungphan.

Pornpawee akhirnya menjadi juara Spain Masters 2020 setelah mengalahkan wakil andalan tuan rumah, Carolina Marin yang berstatus unggulan pertama kala itu. Tunggal putri Thailand menang dengan pertarungan tiga set dalam durasi 1 jam 17 menit.

4. Putri Kusuma Wardani (Indonesia)

Daftar Peraih Spain Masters Sektor Tunggal Putri, Terbaru Ada GregoriaPutri Kusuma Wardani (pbsi.id)

Indonesia nyaris sapu bersih pada Spain Masters 2021. Sayangnya, dari sektor tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo harus takluk atas wakil Prancis, Toma Junior Popov.

Sementara itu, sektor tunggal putri berhasil dimenangkan oleh Putri Kusuma Wardani. Walaupun tidak diunggulkan, Putri sukses menaklukkan wakil Denmark, Line Christophersen, yang merupakan unggulan ketiga.

5. Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia)

Daftar Peraih Spain Masters Sektor Tunggal Putri, Terbaru Ada GregoriaGregoria Mariska Tunjung (instagram.com/badminton.ina)

Meskipun Putri Kusuma Wardani harus kalah di babak kedua, Indonesia tetap mempertahankan gelar Spain Masters dari sektor tunggal putri. Kali ini, ada nama Gregoria Masrika Tunjung yang keluar sebagai juara Spain Masters 2023.

Gregoria sukses menaklukkan tunggal putri terbaik India, Pusarla Venkata Sindhu pada babak final. Tunggal putri andalan Indonesia ini menang dua set langsung dengan skor meyakinkan, 21-8 dan 21-8.

Spain Masters 2023 merupakan edisi kelima sejak turnamen ini naik ke level 300. Dua wakil tunggal putri Indonesia sukses mencatatkan namanya sebagai peraih gelar BWF super 300 tersebut. Sementara itu, belum ada wakil tuan rumah yang menjadi juara.

Baca Juga: Gregoria Mariska Tunjung Juara Spain Masters 2023

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya