5 Pembalap Kunci Kemenangan di MotoGP 2023, Ada Pembalap Honda!

Pembalap Ducati masih mendominasi

Marco Bezzecchi mengunci kemenangan ketiga di gelaran MotoGP terakhir di Buddh International Circuit, Minggu (24/9/2023). Kemenangan tersebut membuat selisih poinnya dengan Francesco Bagnaia dan Jorge Martin makin menipis. Pada sisa tujuh seri ke depan, perebutan gelar juara dunia pun berpotensi memanas.

Grand Prix India merupakan gelaran ke-13 MotoGP 2023. Sepanjang musim ini, ada lima nama pembalap berbeda yang mendulang kemenangan. Mereka beradu sikut memperebutkan posisi terbaik pada tiap balapan.

1. Dominasi Francesco Bagnaia di MotoGP 2023

5 Pembalap Kunci Kemenangan di MotoGP 2023, Ada Pembalap Honda!Francesco Bagnaia (instagram.com/ducaticorse)

Francesco Bagnaia, yang akrab disapa Pecco, punya torehan paling mentereng hingga seri ke-13 MotoGP 2023. Meski mengalami lowside pada gelaran terakhir, Pecco telah mendulang lima kemenangan musim ini di luar torehan sprint race. Konsistensi membuat namanya bercokol di puncak klasemen pada 2023.

Dari 13 seri yang telah berlangsung, Bagnaia menorehkan 5 kemenangan, 2 podium kedua, dan 1 podium ketiga. Pada paruh pertama 2023, ia meraih empat kemenangan di Sirkuit Algarve (Portugal), Jerez (Spanyol), Mugello (Italia), dan Assen (Belanda). Sementara, pada paruh kedua, Bagnaia baru satu kali mengunci kemenangan main race di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria. 

2. Marco Bezzecchi mendekati Francesco Bagnaia dengan tiga kemenangan

5 Pembalap Kunci Kemenangan di MotoGP 2023, Ada Pembalap Honda!Marco Bezzecchi (instagram.com/motogp)

Marco Bezzecchi membukukan tiga kemenangan hingga seri ke-13 MotoGP 2023. Pembalap yang menyabet gelar Rookie of the Year musim lalu ini konsisten naik ke atas podium, baik saat sprint race maupun main race. Ia pun menjadi pesaing kuat perebutan gelar juara dunia.

Pada paruh pertama 2023, Bezzecchi mengoleksi dua kemenangan. Momen itu terjadi di Argentina dan Prancis. Kemenangan ketiga ia raih di India akhir pekan lalu. Tak hanya itu, ia pun tercatat empat kali naik ke atas podium kedua dan ketiga. Hasil tersebut membuatnya bercokol di posisi ketiga klasemen sementara dengan 248 poin.

Baca Juga: Hasil MotoGP India: Bagnaia Terjatuh, Bezzecchi Jadi Pemenang

3. Jorge Martin menempel ketat Francesco Bagnaia

5 Pembalap Kunci Kemenangan di MotoGP 2023, Ada Pembalap Honda!Jorge Martin (instagram.com/89jorgemartin)

Salah satu pesaing terkuat Francesco Bagnaia di MotoGP 2023 adalah Jorge Martin. Pembalap Prima Pramac Racing ini menempel ketat di urutan kedua klasemen dengan selisih 13 poin. Torehannya sepanjang musim ini tak kalah mentereng dari dua pembalap di muka.

Pembalap yang dijuluki The Martinator ini mengunci dua kemenangan di main race. Kemenangan ini diraih di San Marino dan Sachsenring. Dengan selisih poin tipis dengan sisa tujuh balapan musim ini, Martin jadi salah satu kandidat penantang gelar juara dunia MotoGP 2023.

4. Sang kapten Aprilia, Aleix Espargaro, cukup baik pada paruh musim kedua 2023

5 Pembalap Kunci Kemenangan di MotoGP 2023, Ada Pembalap Honda!Aleix Espargaro (instagram.com/aleixespargaro)

Tak dimungkiri bahwa tangan ajaib Aleix Espargaro di tim Aprilia berhasil membawa tim asal Noale, Italia, ini lepas dari status konsesi. Aprilia pun membuka lembaran baru kiprah mereka di kompetisi. Dengan status tim mapan MotoGP, Aleix berhasil memperlihatkan tajinya di kompetisi.

Aleix berhasil mengunci dua kemenangan pada paruh kedua. Kedigdayaan pembalap bernomor 41 ini diperlihatkan saat merebut kemenangan di Sirkuit Silverstone dan Catalunya. Selain itu, ia pun berhasil merebut satu podium ketiga di Sirkuit Assen.

5. Alex Rins merebut kemenangan bersama Honda

5 Pembalap Kunci Kemenangan di MotoGP 2023, Ada Pembalap Honda!Alex Rins (instagram.com/alexrins)

Alex Rins membawa Honda merebut kemenangan di MotoGP 2023 di Circuit of the Americas (COTA), Amerika Serikat. Hal ini patut diacungi jempol. Pasalnya, Rins baru beberapa kali menggeber motor RC213V Honda. Ia bergabung dengan LCR Honda pada 2023. 

Kedigdayaan Alex Rins di COTA memang tak bisa dianggap remeh. Pembalap asal Spanyol itu tak hanya sekali punya torehan mentereng di sana. Ia juga sempat meraih kemenangan di COTA bersama Suzuki Ecstar pada 2019.

Gelaran MotoGP 2023 masih menyisakan tujuh seri balapan. Pada sisa seri musim ini, tentu para pembalap akan terus berlomba mencari kemenangan. Siapa pemenang selanjutnya musim ini?

Baca Juga: Marco Bezzecchi Senang Usai Menang di Main Race MotoGP India 2023

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya