Marc Marquez Butuh Motor Kompetitif untuk Bertarung di MotoGP 2024

Membalap di atas Ducati Desmosedici GP 

MotoGP 2020 menjadi titik awal Marc Marquez kehilangan aura juara. Sejak musim itu, ia kerap dihantui cedera berkepanjangan hingga membuatnya bolak-balik masuk ke ruang operasi. Ditambah lagi dengan Motor Honda RC213V yang tak kunjung kompetitif. Itu membuatnya frustrasi dalam beberapa musim terakhir.

Di sisi lain, patut diakui bahwa Ducati Desmosedici GP merupakan motor terbaik di garasi MotoGP saat ini. Itulah salah satu alasan di balik keputusan Marc Marquez merapat ke tim Borgo Panigale untuk 2024. Di bawah naungan tim Gresini Racing, Marquez akan dibekali motor Desmosedici GP yang terbukti tangguh.

1. Marc Marquez sempat tinggal di zona nyaman bersama Honda

Marc Marquez Butuh Motor Kompetitif untuk Bertarung di MotoGP 2024Marc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Marc Marquez telah membuktikan bahwa ia merupakan seorang juara di atas motor Honda. Sejak bergabung dengan tim asal Hamamatsu itu, pembalap berjuluk The Baby Alien berhasil mengoleksi enam gelar juara dunia MotoGP pada 2013, 2014, 2016—2019. Catatan ini menjelaskan jika Marquez adalah sosok bertalenta di grid MotoGP saat ini, sehingga saat wajar jika ia memiliki hak istimewa bersama Honda.

Namun, kisah itu berbalik pada 2020 setelah mengalami cedera dan memutuskan untuk melakukan istirahat panjang pada musim yang sama. Kondisi ini menjadi momentum titik balik. Ketidakhadiran Marquez di garasi membuat arah pengembangan motor Honda stagnan. Meskipun comeback pada 2021, Marquez merasa ada yang tidak sesuai dengan motor Honda sehingga tak kompetitif hingga saat ini.

Baca Juga: Marc Marquez Sebut Pedro Acosta Akan Buat Gebrakan di MotoGP 2024

2. Marc Marquez punya kunci berupa konsistensi dalam pertarungan juara dunia

Marc Marquez Butuh Motor Kompetitif untuk Bertarung di MotoGP 2024Marc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Konsistensi adalah kunci dalam pertarungan gelar juara dunia. Marc Marquez menyadari bahwa kemenangan bukanlah tujuan utama pembalap dalam kompetisi. Di atas motor Honda RC213V saat ini, ia mengaku tak mampu tampil konsisten di berbagai lintasan dan kondisi balapan.

“Aku punya kecepatan bersama Honda. Namun, konsistensi yang menentukan apakah Anda bisa bertarung berebut gelar juara dunia. Itulah yang sulit. Konsistensi dapat mempertahankan kecepatan diberbagai tata letak lintasan, aspal, dan cengkeraman,” kata Marquez dikutip Corsedimoto.

3. Marc Marquez punya ekspektasi tinggi kepada motor Ducati Desmosedici GP

Marc Marquez Butuh Motor Kompetitif untuk Bertarung di MotoGP 2024Marc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Keputusan Marc Marquez merapat ke Ducati membuat gempar garasi MotoGP. Sosok yang akrab dengan baju berwarna oranye ini hanya punya dua kali balapan lagi bersama Honda pada 2023. Marquez akan membuka lembaran baru kariernya karena memutuskan membalap di bawah naungan tim Borgo Panigale pada 2024. 

Desmosedici GP merupakan motor kuat di grid MotoGP dalam beberapa musim terakhir. Sangat wajar jika Marquez menaruh ekspektasi yang tinggi saat membalap dengan motor Ducati. Fakta itu dibuktikan langsung oleh Alex Marquez, adiknya yang saat ini membalap di Gresini Racing. Ia berhasil mengunci podium dan kemenangan setelah menjajal motor Ducati pada musim pertama.

Marc Marquez mengatakan bahwa apa yang ia butuhkan saat ini adalah motor kompetitif. Dengan itu, ia dapat membuktikan diri apakah ia dapat bersaing dengan pembalap-pembalap yang lebih muda. Di atas motor Desmosedici GP ia akan mendapat kepercayaan diri yang telah pupus beberapa musim terakhir bersama Honda RC213V. 

“Semua orang berharap bisa langsung kompetitif. Aku tentu harus beradaptasi dengan tim. Aku mengemudi dengan gaya tertentu 11 musim terakhir sehingga akan butuh adaptasi. Akan begitu banyak perbedaan dan hal yang aku lakukan pertama ialah menyelesaikannya di lintasan,” pungkas Marquez.

Setelah 11 musim membalap bersama Honda, tentu akan ada kesulitan tersendiri bagi Marc Marquez. Pilihan merapat ke Ducati memiliki berbagai konsekuensi pada musim mendatang. Apakah ia akan kembali menunjukkan tajinya di atas motor Desmosedici GP di MotoGP 2024? Mari kita tunggu!

Baca Juga: Red Bull Dikabarkan Bakal Ikuti Marc Marquez Tinggalkan Repsol Honda

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya