Debut Johann Zarco di Qatar Bikin Lucio Cecchinello Terpukau

Dibutuhkan Honda pada 2024 ini

Johann Zarco mengunci empat poin pada seri pembuka MotoGP musim ini di Sirkuit Lusail, Qatar, pada 12 Maret 2024 malam WIB. Ia finis di urutan ke-12 dan menjadi pembalap tercepat Honda. Bagi Zarco, balapan di Qatar jadi debut menggeber Honda RC213V setelah merapat ke LCR Honda pada 2024 ini.

Penampilan sepanjang balapan menuai pujian. Lucio Cecchinello selaku kepala LCR mengaku terpukau dengan penampilan Zarco. Menurut Cecchinello, Zarco sangat pandai menggeber motor RC213V hampir pada seluruh sesi. Berikut pujian Cecchinello kepada Zarco terkait debutnya bersama Honda.

1. Johann Zarco tampil apik di GP Qatar 2024

Debut Johann Zarco di Qatar Bikin Lucio Cecchinello Terpukaupotret Johann Zarco (instagram.com/johannzarco)

Johann Zarco punya pengalaman menggeber motor Honda pada 2019. Namun, pengalaman itu hanya berlangsung selama 1 musim karena  Zarco membalap bersama Ducati Esponsorama Racing pada 2020. Selang 4 tahun, Zarco comeback menggeber motor Honda RC213V bersama Castrol Honda LCR setelah kontraknya bersama Ducati berakhir pada 2023 lalu.

Penampilan debut Zarco bersama Honda pada 2024 sangat apik. Ia berhasil mengungguli tiga pembalap Honda lain, seperti Luca Marini, Joan Mir, dan Takaaki Nakagami. Ia mengunci posisi ke-12 pada balapan yang berlangsung pada Senin malam WIB.

Sejak sesi free practice 1 (FP1), performa Zarco terbilang cemerlang di antara pembalap Honda lain. Sayangnya, ia harus mengakui keunggulan Mir pada balapan sprint saat berada tepat di belakang Mir dalam perebutan posisi ke-15. Kendati demikian, Zarco berhasil menepis keraguan dengan finis sebagai pembalap Honda tercepat di Qatar.

Baca Juga: 5 Rekor yang Bisa Diukir Marc Marquez di MotoGP 2024, Peluangnya Besar

2. Johann Zarco beradaptasi dengan baik di atas Honda RC213V

Debut Johann Zarco di Qatar Bikin Lucio Cecchinello Terpukaupotret Johann Zarco (instagram.com/johannzarco)

Torehan Johann Zarco di Qatar tentu tak bisa dianggap remeh. Meski finis ke-12, ia membuktikan dirinya masih punya taji. Fase adaptasi berjalan dengan baik dan Zarco mengaku cukup puas meskipun hanya mengamankan empat poin di Qatar.

Fase adaptasi dengan Honda RC213V berjalan mulus. Menurut Zarco, motor Honda cukup ramah untuk dikendarai. Ada fase saat Honda lebih baik ketimbang Ducati Desmosedici GP. Salah satu yang kurang dari Honda adalah kecepatan. Itu yang harus diperbaiki agar ia dapat meningkatkan waktu putaran.

3. Lucio Cecchinello menilai Johann Zarco sebagai pembalap yang dewasa

Debut Johann Zarco di Qatar Bikin Lucio Cecchinello Terpukaupotret Johann Zarco (instagram.com/johannzarco)

Menurut Lucio Cecchinello, Johann Zarco berhasil membuktikan diri dalam menggeber motor Honda. Ia sangat senang dengan hasil yang diraih Zarco. Umpan balik darinya usai balapan juga baik. Meski begitu, Cecchinello mengaku, motor mereka harus terus dikembangkan.

Bagi Cecchinello, hasil yang ditunjukan Zarco di Qatar membuatnya terkesan. Salah satu keunggulan Zarco ialah bakat dan pengalamannya di kompetisi. Ia dapat mengelola tingkat keausan ban dengan baik. Bahkan, jika masih ada dua lap tersisi, ia optimistis Zarco dapat menyalip Fabio Quartararo di posisi kesebelas. 

“Ketika kami sepakat memboyong Zarco, HRC tidak menunjukan keraguan. Semua orang percaya dengan pengalamannya di MotoGP itu sangat penting. Kami optimistis dapat memperkecil jarak dengan lawan. Kami butuh pembalap yang berpengalaman untuk melakukan hal itu,” kata Lucio Cecchinello dikutip Speedweek

Tugas Johann Zarco tentu tak mudah bersama Honda. Namun, pengalaman panjang Zarco di kompetisi menjadi pertimbangan kenapa Honda dan LCR menggaetnya. Apakah ia dapat kembali tampil ciamik pada seri berikutnya di Sirkuit Algarve, Portugal, pada 22—24 Maret 2024? Mari kita tunggu!

Baca Juga: 3 Momen Pemimpin Klasemen Kehilangan Gelar Juara MotoGP

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something. Jika ada pertanyaan: rizkizuwandono@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya