Olahraga Fullball: Pengertian, Pemain, dan Peraturannya

Dibuat pemuda asal Indonesia

Beberapa waktu yang lalu, olahraga fullball banyak dibicarakan warganet karena diadakan sebagai turnamen antarkampus di Taiwan. Namun, tahukah kamu kalau fullball adalah olahraga yang diciptakan oleh pemuda asal Indonesia?

Sederhananya, olahraga fullball menggabungkan konsep dasar dari permainan futsal, sepak bola, dan bola basket. Seperti apa cara mainnya? Simak pengertian, jumlah pemain, dan peraturan fullball di artikel ini, ya!

1. Pengertian fullball

Olahraga Fullball: Pengertian, Pemain, dan PeraturannyaIlustrasi playmaker dalam Fullball (dok. Official Fullball)

Fullball merupakan inovasi olahraga terbaru yang lahir di Indonesia dengan menggabungkan unsur-unsur permainan sepak bola, futsal, dan bola basket. Fullball diciptakan oleh Rizky Arief Dwi Prakoso beserta rekan-rekannya pada 2022.

Rizky Arief diketahui juga merupakan CEO HMNS, merek parfum lokal ternama di Indonesia. Sebelum mendirikan HMNS, ia juga sempat menjadi CEO NAH Project, brand sepatu lokal yang sempat dipakai Presiden Jokowi sebagai daily wear-nya.

Konsep dasar fullball

Fullball merupakan permainan yang dimainkan dua regu di mana setiap regu berusaha mencetak poin ke target atau gol ke gawang lawan sebanyak-banyaknya untuk memenangkan pertandingan. Setiap regu terdiri dari lima pemain dengan posisinya masing-masing. Mulai dari hustler, midlane, sidelane, dan frontliner.

Setiap pemain fullball boleh menggunakan kaki untuk mengendalikan bola seperti dalam sepak bola konvensional. Namun setiap pemain juga boleh memegang bola dengan tangan dan bergerak aktif seperti halnya pada olahraga bola basket.

Lapangan yang digunakan fullball mirip dengan lapangan futsal. Namun, ditambah papan hitam bundar yang terletak di atas gawang. Durasi permainan fullball sebanyak 2 babak dengan masing-masing babak selama 20 menit.

2. Sistem poin

Olahraga Fullball: Pengertian, Pemain, dan PeraturannyaSalah satu keunggulan dari Fullball yaitu bisa dimainkan oleh kalangan usia (dok. Official Fullball)

Sistem penghitungan poin dalam permainan fullball ada dua cara, yaitu menendang bola ke gawang atau mengenai target di luar handzone. Selain itu, melempar bola mengenai target juga bisa mendapatkan poin.

Berikut sistem poin pada permainan fullball:

  • 2 poin: Ketika pemain melempar bola mengenai target lawan.
  • 2 poin: Ketika pemain menendang bola ke gawang lawan dari luar handzone.
  • 3 poin: Ketika pemain menendang bola dan mengenai target lawan dari luar handzone.  

Baca Juga: 7 Gerakan Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Kasur

3. Posisi pemain fullball

Olahraga Fullball: Pengertian, Pemain, dan PeraturannyaIlustrasi striker dalam Fullball (dok. Official Fullball)

Dalam permainan fullball, setiap tim terdiri dari lima pemain. Setiap pemain memiliki posisi dan tugasnya masing-masing, yaitu:

  • Hustler: Pemain yang bertanggung jawab menjaga gawang atau target.
  • Midlane: Pemain yang berada di depan hustler untuk menjaga garis pertahanan tim. Pemain ini juga bertugas mengontrol bola dan mengatur serangan.
  • Sidelane: Pemain yang berada di posisi sayap sebagai penghubung antara serangan dan pertahanan tim.
  • Frontliner: Pemain depan yang fokus mencetak poin, sehingga butuh pemain dengan akurasi lemparan dan tendangan yang baik.

Demikianlah penjelasan singkat tentang fullball, inovasi permainan olahraga yang diciptakan oleh pemuda asal Indonesia dan sudah dipertandingkan untuk turnamen antarkampus di Taiwan.

Sebagai warga Indonesia, kita patut bangga dan selalu mendukung inovasi dan kreasi anak muda untuk menciptakan sesuatu yang baru. Apakah kamu tertarik bermain fullball bersama teman-teman?

Penulis: Muhammad Hussaini

Baca Juga: 5 Posisi dalam Permainan Fullball yang Harus Kamu Ketahui

Topik:

  • Rihanna Bunga
  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya