Profil Zhang Zhi Jie, Pebulutangkis Berprestasi China di BAJC 2024

Menghembuskan napas terakhirnya pada 30 Juni 2024

Kabar duka datang dari cabang olahraga bulu tangkis. Zhang Zhi Jie, pemain badminton tunggal putra asal China menghembuskan napas terakhirnya ketika mengikuti Kejuaraan Asia Junior 2024 atau Badminton Asia Junior Championship di Gor Among Rogo, Yogyakarta pada (30/06) lalu.

Awalnya, Zhang Zhi Jie sedang berkompetisi untuk membela negara kebanggaannya melawan Jepang dalam pertandingan penyisihan Grup D. Namun, di tengah-tengah permainan, pebulutangkis berusia 17 tahun itu tiba-tiba ambruk hingga akhirnya di bawa ke rumah sakit terdekat.

Sayangnya, Zhang Zhi Jie dinyatakan meninggal dunia pada Minggu (30/06) pukul 23.20 WIB. Zhang Zhi Jie sendiri adalah pebulu tangkis muda yang dikenal berprestasi. Berikut profil Zhang Zhi Jie dan perjalanan kariernya semasa hidupnya.

1. Profil Zhang Zhi Jie

Profil Zhang Zhi Jie, Pebulutangkis Berprestasi China di BAJC 2024Tunggal putra muda China, Zhang Zhi Jie (X.com/OmaGillClarck)

Melansir situs resmi BWF, Zhang Zhi Jie (张志杰) adalah pemain bulu tangkis kelahiran Jiaxing, 30 Januari 2007. Saat ini, Zhang Zhi Jie menempati posisi peringkat kedelapan di dunia pada kategori pebulu tangkis junior.

Zhang Zhi Jie menjadi salah satu atlet berprestasi kebanggaan China berkat kegigihan dan kerja kerasnya. Beberapa kali, ia memenangkan kejuaraan bergengsi, mulai dari Kejuaraan Bulutangkis Nasional Seri U U15-17 2022, Kejuaraan Tunggal Putra dan Kejuaraan Beregu Putra Kejuaraan Bulu Tangkis Remaja Nasional Grup B 2023, dan yang terbaru Kejuaraan Nasional Pemuda 2024.

Zhang Zhi Jie juga pernah menjuarai Yonex Dutch Junior International bulan Februari 2024 lalu. Usai mengalahkan rekannya sendiri Hu Hze An, Zhang Zhi Jie kembali maju ke babak final dalam turnamen Yonex Jerman Junior 2024 sebulan kemudian. Sayangnya, ia hanya mampu mendapatkan posisi runner up setelah kalah dari perwakilan pebulu tangkis China lainnya, yakni Wang Zi Jun.

Dengan performa bermainnya yang semakin meningkat, Zhang Zhi Jie juga masuk ke dalam skuad China di Kejuaraan Asia Junior 2024 atau Badminton Asia Junior Championship. Namun, takdir berkata lain, BAJC menjadi pertandingan bulu tangkis terakhir untuk Zhang Zhi Jie.

2. Pernyataan resmi pihak BAJC 2024 dan PBSI

Profil Zhang Zhi Jie, Pebulutangkis Berprestasi China di BAJC 2024pernyataan Badminton Asia melalui Instagram resminya (instagram.com/badmintonasia.official)

Kabar berpulangnya atlet bulu tangkis asal China Zhang Zhi Jie tentunya menjadi duka tersendiri bagi dunia bulu tangkis. Selaku pihak penyelenggara, Badminton Asia Junior Championship 2024 (BAJC) dan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) segera memberikan pernyataan terkait kabar berita duka Zhang Zhi Jie melalui unggahan di akun Instagram resmi @badmintonasia.official.

Dalam akhir pernyataannya, seluruh tim Badminton Asia, PBSI, dan panitia penyelenggara turut berduka cita dan menyampaikan ucapan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada orangtua dan keluarga Zhang Zhi Jie, hingga Asosiasi Bulutangkis China (CBA).

Baca Juga: Curhat Adik Usai Zhang Zhi Jie Wafat di Yogyakarta

3. Minutes of Silence sebagai bentuk penghormatan terakhir

Profil Zhang Zhi Jie, Pebulutangkis Berprestasi China di BAJC 2024Hening cipta untuk menghormati Zhang Zhi Jie (Instagram.com/badmintonasia.official)

Kabar meninggalnya Zhang Zhi Jie lantas membawa duka mendalam terhadap seluruh penggemar bulu tangkis di dunia. Pada Senin (1/7), seluruh peserta dan ofisial BAJC 2024 mengadakan Minutes of Silence atau mengheningkan cipta sebagai bentuk penghormatan terakhir untuk mendiang Zhang Zhi Jie.

Dalam sesi khusus ini, skuad China terlihat sangat terpukul atas kabar duka ini. Mereka terlihat mengenakan jaket putih dan bawahan hitam dengan ban hitam yang disematkan di lengan kiri.

Penulis: Muti’ah Nur Rahmah

Baca Juga: PBSI Minta BWF Kaji Ulang Aturan Usai Insiden Zhang Zhi Jie

Topik:

  • Putri Ambar
  • Jumawan Syahrudin
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya