Andrea Stella Resmi Perpanjang Kontrak Bersama McLaren

Mendapat perpanjangan kontrak multitahun 

Kepala tim McLaren, Andrea Stella, resmi menandatangani perpanjangan kontrak bersama timnya. Ia diberi perpanjangan kontrak multitahun oleh McLaren. Itu berarti, pria berpaspor Italia tersebut akan tetap membela McLaren hingga beberapa tahun ke depan. Setidaknya hingga 2026 mendatang.

“(Ini) merupakan suatu keistimewaan untuk menjadi bagian dari McLaren. Aku merasa terhormat untuk melanjutkan peranku sebagai kepala tim. Kami telah membuat langkah maju yang besar dalam 1 setengah tahun terakhir. Kami masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk secara konsisten berjuang di garis depan yang merupakan tantangan yang mengasyikkan. 

Terima kasih kepada Zak (Brown) atas kepercayaannya kepadaku sebagai seorang pemimpin, kepada seluruh tim kepemimpinanku, dan semua kolegaku di tim. Terima kasih juga atas kolaborasi dan dukungan mereka yang berkelanjutan. Aku senang dengan apa yang dapat terus kita capai bersama," ungkap Stella menanggapi perpanjangan kontraknya bersama McLaren, seperti dilansir Crash pada Kamis (1/8/2024).

1. Zak Brown menyambut baik perpanjangan kontrak Andrea Stella bersama McLaren

Andrea Stella Resmi Perpanjang Kontrak Bersama McLarenAndrea Stella (kanan) dan Zak Brown (kiri) (formula1.com)

CEO McLaren, Zak Brown, menyambut baik perpanjangan kontrak Andrea Stella bersama timnya. Ia mengatakan, keahlian dan jiwa kepemimpinan yang dimiliki Stella sangat dibutuhkan McLaren. Itu bertujuan untuk terus membangun McLaren agar bisa tampil lebih baik di Formula 1

"Aku senang mengonfirmasi bahwa kami telah memperpanjang kontrak Andrea (Stella) sebagai kepala tim Formula 1 kami selama beberapa tahun. Kepemimpinannya yang luar biasa, keahliannya, dan rasa hormat yang ia miliki dalam tim amat berarti. Kami tidak akan memiliki orang yang lebih baik untuk melanjutkan upaya untuk terus berjuang secara konsisten di garis depan,” tambah Brown.

Baca Juga: 4 Pembalap McLaren yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP Austria

2. Lando Norris dan Oscar Piastri juga telah memperpanjang kontrak bersama McLaren

Andrea Stella Resmi Perpanjang Kontrak Bersama McLarenMcLaren sedang merayakan raihan finis 1-2 di Formula 1 GP Hungaria yang dihelat pada Minggu (21/7/2024). (formula1.com)

Selain Andrea Stella, beberapa waktu lalu, McLaren juga telah memperpanjang kontrak dua pembalap andalan mereka, Lando Norris dan Oscar Piastri. Norris dan Piastri mendapat perpanjangan kontrak multitahun. Itu berarti, sama seperti Stella, mereka juga akan bertahan di McLaren setidaknya hingga 2026 mendatang.

Menurut Zak Brown, ini merupakan strategi untuk mempertahankan performa McLaren di Formula 1. Dengan perpanjangan kontrak yang telah dilakukan untuk Stella dan kedua pembalapnya, Brown berharap McLaren bisa tampil konsisten di Formula 1 2024 dan di Formula 1 2025 mendatang. Apalagi, performa mereka di Formula 1 2024 juga sedang meningkat pesat.

“Dengan perpanjangan kontrak beberapa tahun yang telah disetujui bersama Lando (Norris), Oscar (Piastri), dan sekarang Andrea (Stella), kami dapat melanjutkan misi kami untuk menjadi juara dunia dengan percaya diri. Kami semua menantikan tahun-tahun mendatang di bawah kepemimpinan Andrea," ujar Zak Brown dilansir BBC.

3. Andrea Stella terbukti mampu mendongkrak performa McLaren di Formula 1

Andrea Stella Resmi Perpanjang Kontrak Bersama McLarenAndrea Stella (formula1.com)

Andrea Stella bergabung bersama McLaren pada 2015. Kemudian, ia resmi diangkat sebagai kepala tim pada 2022. Saat itu, Stella menggantikan Andrea Seidl yang hijrah ke Sauber.

Sejak menjadi kepala tim pada 2022, Stella terbukti mampu mendongkrak performa McLaren di Formula 1. Dengan pengalamannya, ia mampu mengangkat McLaren dari yang semula berstatus sebagai tim papan tengah menjadi tim papan atas yang layak bersaing dengan Red Bull, Mercedes, dan Ferrari. Hal itu terbukti di Formula 1 2024 ini.

Saat ini, lewat duet apik Lando Norris dan Oscar Piastri, McLaren telah berhasil meraih 12 podium. Dari 12 podium tersebut, 2 di antaranya merupakan podium kemenangan. Podium kemenangan pertama diraih oleh Norris di GP Miami yang dihelat pada 5 Mei 2024. Sementara itu, podium kemenangan kedua diraih oleh Piastri di GP Hungaria yang dihelat pada 21 Juli 2024. Pencapaian tersebut membuat McLaren kini berada di peringkat ke-2 di klasemen sementara konstruktor Formula 1 2024 dengan total 366 poin.

Jika dibandingkan, pencapaian yang diraih McLaren di Formula 1 2024 amat kontras dengan Formula 1 2022 dan Formula 1 2023. Di Formula 1 2022, McLaren hanya mampu mengakhiri musim di peringkat ke-5 di klasemen konstruktor dengan total 159 poin. Sementara itu, di Formula 1 2023, McLaren hanya mampu mengakhiri musim di peringkat ke-4 dengan total 302 poin.

Keputusan McLaren untuk memperpanjangan kontrak Andrea Stella merupakan keputusan yang tepat. Sebab, pria yang kini berusia 53 tahun itu terbukti sukses menjalani perannya sebagai kepala tim. Ia mampu mendongkrak performa McLaren sehingga mampu berada di papan atas.

Baca Juga: Lando Norris Enggan Bahas Team Order McLaren di GP Hungaria 2024

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa Hubungan Internasional yang senang menulis seputar politik dan olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya