8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masuk Top 10 Ranking BWF, Bangga!

The Minions bertahan di puncak #IDNTimesSport

Meski Olimpiade Tokyo 2020 sudah usai, euforia event olahraga empat tahunan tersebut masih terasa hingga saat ini. Terlebih dari cabang olahraga bulu tangkis, prestasi dan 'plot twist' yang disuguhkan selalu menarik untuk diperbincangkan.

Indonesia punya tren positif dalam hal mencetak atlet bulu tangkis kelas dunia. Atlet-atlet nasional pun seperti tak pernah absen menghiasi papan atas ranking Badminton World Federation (BWF). Penasaran siapa saja atlet bulu tangkis Indonesia yang masuk daftar Top 10 ranking BWF usai Olimpiade Tokyo 2020? Check them out!

1. Anthony Sinisuka Ginting

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masuk Top 10 Ranking BWF, Bangga!Anthony Sinisuka Ginting (instagram.com/sinisukanthony)

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 cabor bulu tangkis nomor tunggal putra ini merupakan salah satu atlet bulu tangkis andalan Indonesia. Usai Olimpiade, peringkat Ginting, sapaan akrab Anthony Sinisuka Ginting, menduduki ranking ke-5 BWF dengan 86,232 poin.

Fakta menarik lainnya, ternyata Ginting juga mencetak rekor baru, lho. Atlet 24 tahun ini jadi pebulu tangkis pertama dalam sejarah yang mampu mengawinkan medali di Olimpiade dan Olimpiade Remaja (Youth Olympic Games).

2. Jonatan Christie

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masuk Top 10 Ranking BWF, Bangga!Jonatan Christie (instagram.com/jonatanchristieofficial)

Atlet Indonesia yang masuk peringkat sepuluh besar selanjutnya masih datang dari nomor tunggal putra. Meski tidak membawa pulang medali Olimpiade Tokyo 2020, tapi perjuangan Jonatan Christie layak diacungi jempol. Jadi andalan Indonesia di nomor tunggal putra, Jojo ada di ranking ke-7 BWF dengan raihan poin 74,770.

Gak cuma membanggakan Indonesia di tingkat dunia, Jojo juga jadi salah satu atlet yang cukup banyak digilai kaum hawa. Gak heran, sih, Jojo memang punya visual menawan lengkap dengan body goals yang bikin banyak orang kagum.

Baca Juga: 6 Film Bertema Bulu Tangkis, Penuh Haru dan Perjuangan tanpa Henti

3. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo 

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masuk Top 10 Ranking BWF, Bangga!Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon (instagram.com/kevin_sanjaya)

Giliran nomor ganda putra Indonesia, nih. Ada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang selalu tampil mengesankan di hampir setiap pertandingan, termasuk di Olimpiade Tokyo 2020. Berkat skill menawan, pasangan berjuluk "The Minions" ini sukses bikin kagum penonton dan komentator.

Hingga saat ini, "The Minions" masih kokoh menduduki peringkat pertama BWF untuk nomor ganda putra. Marcus/Kevin membukukan poin 106,853 di puncak peringkat.

4. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan 

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masuk Top 10 Ranking BWF, Bangga!Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan (instagram.com/hendrasansan)

Sempat merasakan jadi ganda putra nomor satu dunia, kini Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan harus rela turun tahta. Raihan poin sebanyak 101,957 membuat pasangan ganda putra yang dijuluki "The Daddies" ini berada di peringkat kedua BWF, tepat di bawah "The Minions".

Gak cuma rebutan rangking, "The Daddies" dan "The Minions" juga sering adu strategi untuk memenangi laga di berbagai turnamen. Bahkan, kedua pasangan ganda putra andalan Indonesia ini beberapa kali suguhkan all Indonesian final yang menegangkan dan bikin penonton galau mau dukung yang mana.

5. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto 

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masuk Top 10 Ranking BWF, Bangga!Fajar Alfian dan M. Rian Ardianto (instagram.com/fajaralfian95)

Satu lagi ganda putra andalan Indonesia yang sukses tembus sepuluh besar rangking BWF, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Kumpulkan 72,894 poin dari berbagai kemenangan, duo atlet muda ini berada di peringkat ke-7 BWF.

Meski tidak jadi wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, tapi Fajar/Rian tetap diikutsertakan dalam rombongan tim Olimpiade sebagai sparring partner saat latih tanding bagi pasangan ganda putra lainnya. Namun, di event Korea Open 2021, Fajar/Rian bakal diturunkan sebagai wakil Indonesia di nomor ganda putra, kok. Wajib dukung, ya!

6. Greysia Polii/Apriyani Rahayu

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masuk Top 10 Ranking BWF, Bangga!Greysia Polii dan Apriyani Rahayu (instagram.com/katadatacoid)

Dari nomor ganda putri, wakil Indonesia punya atlet yang masuk daftar top 10 ranking BWF. Siapa lagi kalau bukan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Punya prestasi luar biasa, Greysia/Apri menempati peringkat ke-6 dunia dengan raihan poin 89,695.

Cetak sejarah, Greys/Apri jadi pasngan ganda putri pertama Indonesia yang berhasil sumbangkan medali emas di Olimpiade. Gak hanya itu, Greysia Polii bahkan pecahkan rekor sebagai pebulu tangkis tertua yang raih emas di Olimpiade sekaligus atlet putri Indonesia pertama yang raih emas di SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade. Luar biasa!

7. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masuk Top 10 Ranking BWF, Bangga!Praveen Jordan dan Melati Daeva (instagram.com/jordan_praveen)

Di nomor ganda campuran, Indonesia punya sederet nama sebagai generasi penerus Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang telah gantung raket. Sebut saja Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, pasangan unggulan Indonesia yang satu ini berada di peringkat ke-4 dunia dengan raihan 87,150 poin.

Meski belum berhasil sumbangkan medali Olimpiade, tapi prestasi Praveen/Melati gak bisa dipandang sebelah mata. Duo yang sudah dipasangkan sejak 2018 silam ini sukses menjuarai berbagai turnamen dunia, seperti SEA Games 2019, Denmark Open 2019, French Open 2019, dan All England 2020. 

8. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja 

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masuk Top 10 Ranking BWF, Bangga!Hafiz Faizal dan Gloria Emanuelle Widjaja (instagram.com/ge_widjaja)

Satu lagi pasangan ganda campuran Indonesia yang bisa menembus 10 besar ranking BWF. Mereka adalahh Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang ada di peringkat ke-9 BWF dengan 65,941 poin. Sayangnya, pencapaian ini belum cukup untuk meloloskan Hafiz/Gloria ke Olimpiade Tokyo 2020 kemarin.

Gak berlama-lama kecewa, kini Hafiz/Gloria tengah mempersiapkan diri untuk turun laga di Korea Open 2021 pada akan dilaksanakan pada 31 Agustus sampai 5 September 2021 mendatang. 

Sukses bikin bangga dengan raihan peringkat 10 besar dunia, kedelapan atlet tadi gak pernah berhenti berjuang mengharumkan nama bangsa. Jadi, kita masyarakat Indonesia harus selalu siap memberi dukungan, ya.

Baca Juga: 7 Seleb Tanah Air yang Hobi Bulu Tangkis 

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya