5 Rookie NBA yang Memiliki Potensi Sukses pada Musim Debutnya

Muda dan berpotensi, layak untuk dinantikan!

NBA pasti akan kedatangan pemain baru melalui NBA Draft yang diadakan tiap tahun. NBA Draft 2023 telah dilaksanakan pada pertengahan tahun ini. Berbagai tim memilih pemain yang menurut mereka memiliki potensi untuk membantu tim.

NBA Draft tahun ini dihuni pemain dengan potensi yang sangat menjanjikan. Para rookie ini juga sudah memiliki nama yang cukup besar sebelum memulai karier mereka di NBA.

Berikut rookie NBA yang memiliki potensi sukses pada musim debutnya.

1. Victor Wembanyama, wajah baru San Antonio Spurs

5 Rookie NBA yang Memiliki Potensi Sukses pada Musim DebutnyaVictor Wembanyama (instagram.com/spurs)

Victor Wembanyama menjadi rookie yang paling dinantikan penampilannya di NBA 2023/2024. Menjadi pemain yang menempati posisi pertama dalam NBA Draft 2023, Wembanyama digadang-gadang akan menjadi andalan baru San Antonio Spurs yang performanya sudah cukup lama redup. Pemain asal Prancis yang lahir pada 4 januari 2004 ini dapat bermain di dua posisi, yaitu power forward dan center.

Dengan tinggi badan 224 sentimeter dan memiliki kemampuan individu yang sangat baik, Victor Wembanyama pastinya akan menyulitkan tim lawan. Wembanyama juga sudah memiliki pengalaman bermain di liga bola basket profesional. Bermain untuk Metropolitans 92, dia berhasil membawa tim tersebut melaju ke babak final. Sayangnya, di laga final, Metropolitans 92 harus mengakui keunggulan AS Monaco.

2. Scoot Henderson dipercaya menggantikan Damian Lillard

5 Rookie NBA yang Memiliki Potensi Sukses pada Musim DebutnyaScoot Henderson (instagram.com/trailbazers)

Selanjutnya, ada rookie yang membela Portland Trail Blazers, Scoot Henderson. Pemain ini dipercaya untuk menggantikan Damian Lillard, bintang utama Blazers yang memutuskan hengkang pada jeda musim panas 2023 ini. Kebetulan Henderson berposisi sebagai point guard. Pemain muda yang sudah bermain di G League Ignite sejak usia 17 tahun ini juga berhasil menjadi pemain termuda yang pernah bermain di G League Ignite.

Scoot Henderson merupakan tipe pemain hyper-athletic yang cenderung mengandalkan kemampuan fisik. Untuk pemain yang bertinggi badan 188 sentimeter, Henderson memiliki kemampuan fisik di atas rata-rata yang dapat dia manfaatkan saat menghadapi lawan-lawannya. Pada musim reguler 2022/2023, dia berhasil mencatatkan rata-rata 16,5 poin, 5,4 rebound, dan 6,8 assist dalam 19 pertandingan saat membela G League Ignite.

Baca Juga: 4 Jebolan NBA G League Ignite yang Terpilih pada NBA Draft 2023

3. Brandon Miller siap berduet dengan Lamelo Ball

5 Rookie NBA yang Memiliki Potensi Sukses pada Musim DebutnyaBrandon Miller (instagram.com/brandmillerr)

Berikutnya, ada pemain pilihan Charlotte Hornets pada NBA Draft 2023, yaitu Brandon Miller. Dia merupakan pemain yang memperkuat tim bola basket Universitas Alabama sebelum memutuskan untuk mengikuti NBA Draft 2023. Menempati posisi kedua tepat di bawah Victor Wembanyama pada NBA Draft 2023, Miller memiliki kemampuan dan potensi yang tidak kalah hebat.

Dalam 37 penampilannya bersama Alabama Crimson Tide, Miller berhasil membukukan rata-rata 18,8 poin, 8,2 rebound, 2,1 assist. Pemain bertinggi badan 206 sentimeter ini memiliki kemampuan tembakan tripoin yang cukup baik. Persentase keberhasilan tembakan tripoin saat membela Alabama Crimson Tide mencapai 38,4 persen dengan rata-rata 7,5 percobaan di tiap game. Dengan kemampuan menembak tripoin dan fisik yang sangat mendukung, Brandon Miller memiliki potensi untuk sukses pada musim pertamanya bersama Charlotte Hornets.

4. Amen Thompson, playmaker dengan fisik yang elite

5 Rookie NBA yang Memiliki Potensi Sukses pada Musim DebutnyaAmen Thompson (instagram.com/amen.thompson)

Amen Thompson merupakan rookie selanjutnya yang memiliki potensi sukses pada musim pertamanya. Amen merupakan pemain yang bisa bermain di dua posisi, point guard dan shooting guard. Berhasil menempati posisi draft ke-4 dalam NBA Draft 2023, Amen bermain untuk Houston Rockets.

Amen sempat bermain di liga bola basket Overtime Elite selama 2 tahun. Pada tahun keduanya, dia berhasil membawa City Reapers menjadi juara. Dia juga berhasil mencatatkan rata-rata 17,2 poin, 9,2 assist, dan 7,2 rebound pada babak playoff. Dengan catatan 9,2 assist per pertandingan yang dia miliki, Amen Thompson dapat dikatakan sebagai pemain yang bertipikal playmaker. Pemain bertipikal playmaker ini akan sangat efektif jika bermain dengan memegang bola di tangannya. Amen akan menjadi jembatan untuk timnya mendapatkan poin.

5. Ausar Thompson, pemain versatile terbaru Detroit Pistons

5 Rookie NBA yang Memiliki Potensi Sukses pada Musim DebutnyaAusar Thompson (instagram.com/detroitpistons)

Ausar Thompson, yang merupakan saudara kembar Amen Thompson, juga memiliki kemampuan yang sama baiknya. Dirinya berhasil menempati posisi ke-5 pada NBA Draft 2023. Ausar akan berpisah dengan saudara kembarnya untuk membela Detroit Pistons.

Bermain di tim yang sama dengan Amen sebelum memasuki NBA, Ausar memiliki peran yang tak kalah penting. Berhasil menjadi MVP dua kali secara berturut-turut di laga final membuktikan dia memiliki kemampuan individu yang sangat baik. Ausar juga merupakan pemain versatile yang dapat diandalkan saat menyerang maupun bertahan. Dengan kemampuan tersebut, Ausar akan membantu mempermudah Detroit Pistons di NBA 2023/2024.

Kelima rookie NBA ini memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, mampukah mereka memanfaatkan kelebihan yang mereka miliki? Menurut kamu, apakah lima rookie ini akan berhasil menunjukkan potensinya pada musim pertama mereka di NBA?

Baca Juga: Kisah Tragis di Balik Kesuksesan Shaun Livingston di NBA

Novendi Pamungkas Photo Writer Novendi Pamungkas

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya