5 Fakta Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, Duet Maut Penakluk Fajar/Rian

Pasangan baru yang jadi ancaman di sektor ganda putra

Ganda putra asal Korea Selatan, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, baru saja keluar sebagai juara Korea Open 2022. Mereka mengalahkan wakil Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, pada partai puncak.

Kang/Seo mampu meredam perlawanan Fajar/Rian yang sempat merebut game pertama. Melalui rubber game, pasangan tuan rumah menang dengan skor akhir 19-21, 21-15, dan 21-18 dalam pertandingan yang berlangsung di Palma Stadium, Suncheon, Korea Selatan, Minggu (10/4/2022).

1. Pasangan ini baru duet pada November 2021

5 Fakta Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, Duet Maut Penakluk Fajar/RianSeo Seung Jae dan Choi Sol Gyu berpose di lapangan di Olimpiade Tokyo 2020. (instagram.com/seungjae_seo)

Korea Open 2022 menjadi turnamen ketiga Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Keduanya mulai menjadi partner saat mengikuti Indonesia Masters dan Indonesia Open pada November 2021. 

Sebelumnya, Seo lama berpasangan dengan Choi Sol Gyu. Mereka sempat menempati peringkat dua belas ganda putra dunia. Keduanya melakoni laga terakhir di Olimpiade 2020 Tokyo pada 2021. 

Sementara, Kang sempat berpartner dengan sejumlah pemain, seperti Kim Won Ho dan Kim Jae Hwan. Bersama Kim Jae Hwan, Kang bermain di Indonesia Masters 2020 sebelum jeda pandemik COVID-19.

2. Menaklukkan tiga unggulan sekaligus di Korea Open 2022

5 Fakta Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, Duet Maut Penakluk Fajar/RianKang Min Hyuk/Seo Seung Jae berhadapan dengan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Korea Open 2022. (twitter.com/bwfmedia)

Perjalanan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae di Korea Open 2022 tidaklah mudah. Hingga keduanya menjadi juara, mereka dipertemukan dengan para unggulan di turnamen ini.

Pada babak perempat final, Kang/Seo berhadapan dengan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang merupakan unggulan ketiga asal India. Setelah drama rubber game dan kejar-kejaran poin, Kang/Seo unggul 22-20, 18-21, dan 22-20. 

Lolos ke semifinal, Kang/Seo ditantang wakil Indonesia sekaligus unggulan kedua, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Mereka berhasil merebut game pertama. Meski sempat dikalahkan Ahsan/Hendra pada game kedua, Kang/Seo mampu menguasai game ketiga.

Skor akhir 21-16, 17-21, 21-9 untuk keunggulan pasangan Korea Selatan. Mereka melaju ke final untuk berhadapan dengan Fajar/Rian yang menjadi unggulan keempat turnamen ini.

Baca Juga: Gagal Juara Korea Open 2022, Fajar/Rian dan Jojo Kompak Minta Maaf

3. Mengalahkan Fajar/Rian yang merupakan juara bertahan Korea Open

Pada babak final, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae kembali berhadapan dengan ganda putra Indonesia. Kali itu Fajar/Rian yang jadi lawan mereka.

Pada game pertama, mereka harus mengakui keunggulan Fajar/Rian dengan skor tipis 19-21. Masuk game kedua, Kang/Seo mulai memimpin perolehan poin dan menang 21-15.

Pada game penentuan, pasangan Korea Selatan itu mampu mempertahankan keunggulan poin hingga akhir laga. Skor akhir 21-18 menutup game ketiga dan tuan rumah keluar sebagai juara.

Kemenangan Kang/Seo istimewa bukan karena sebagai tuan rumah saja. Keduanya juga sukses mengalahkan Fajar/Rian yang berstatus sebagai juara bertahan.

Korea Open sendiri terakhir kali diselenggarakan pada 2019. Oleh karena Korea Open 2020 dan 2021 dibatalkan, Fajar/Rian jadi juara bertahan sejak turnamen terakhir.

4. Korea Open 2022 menjadi gelar pertama bagi Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae

5 Fakta Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, Duet Maut Penakluk Fajar/RianKang Min Hyuk/Seo Seung Jae menjadi juara Korea Open 2022. (instagram.com/bwf.official)

Korea Open 2022 menjadi gelar yang berkesan bagi Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Gelar tersebut adalah gelar pertama bagi mereka sejak dipasangkan pada November 2021. 

Dalam dua turnamen sebelumnya, Kang/Seo belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Di Indonesia Masters 2021, keduanya langsung terhenti pada babak pertama. Menghadapi ganda putra Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin, keduanya takluk lewat dua game langsung. 

Berikutnya, di Indonesia Open 2021, Kang/Seo hanya sampai ke babak kedua. Mereka dihentikan wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, dan gagal melaju ke perempat final.

5. Pasangan potensial yang bisa jadi ancaman di sektor ganda putra

5 Fakta Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, Duet Maut Penakluk Fajar/RianKang Min Hyuk/Seo Seung Jae (instagram.com/seungjae_seo)

Korea Open 2022 menjadi bukti dari potensi yang dimiliki Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Keduanya bisa menjadi pasangan yang diperhitungkan di papan atas ganda putra dunia.

Mereka punya sejumlah modal yang dapat mewujudkan hal tersebut. Salah satunya usia mereka yang masih muda. Kang Min Hyuk saat ini berusia 23 tahun dan Seo Seung Jae berusia 24 tahun. Dengan usia mereka saat ini, Kang/Seo masih punya banyak waktu untuk mematangkan kualitas mereka. 

Selain usia, kombinasi antara Kang Min Hyuk yang bertangan kanan dan Seo Seung Jae yang bertangan kidal juga menjadi kelebihan tersendiri bagi pasangan ini. Ditambah lagi pengalaman mereka yang sebelumnya bermain dengan partner masing-masing. 

Meski tidak diunggulkan, Kang/Seo bisa membuktikan kemampuan mereka di Korea Open 2022. Dengan melihat kiprah kedua pemain ini, bukan tidak mungkin mereka bisa menjadi ancaman bagi ganda putra dunia.

Baca Juga: Daftar Lengkap Juara Bertahan Korea Open, Ada Fajar/Rian

Muhamad Fathan Qoriban Photo Verified Writer Muhamad Fathan Qoriban

Don't try to be perfect, try to be yourself ✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya