5 Wakil Eropa di Cabang Olahraga Basket Olimpiade Paris 2024

Deretan tim unggulan #Olimpiade2024

Olimpiade kerap dianggap sebagai turnamen basket terbesar antarnegara di dunia. Cabang olahraga basket di Olimpiade bahkan dinilai lebih bergengsi ketimbang FIBA World Cup. Padahal, FIBA World Cup merupakan turnamen terbesar yang diselenggarakan oleh federasi basket dunia, FIBA, secara langsung.

Pada Olimpiade Paris 2024 negara unggulan dari berbagai benua hadir dan siap untuk berkompetisi. Begitu pula lima negara Eropa yang siap menjadi wakil dari benua biru. Kira-kira, seperti apa peluang lima wakil Eropa di cabang olahraga basket Olimpiade Paris 2024? Yuk, simak jawabannya berikut ini!

1. Giannis Antetokounmpo siap jadi tulang punggung Yunani

5 Wakil Eropa di Cabang Olahraga Basket Olimpiade Paris 2024Giannis Antetokounmpo tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Giannis Antetokounmpo tampaknya akan kembali menjadi tulang punggung Timnas Yunani di Olimpiade Paris 2024. Hal ini cukup wajar mengingat Antetokounmpo merupakan pemain bintang yang kualiitasnya sudah terbukti, baik di tim nasional maupun level klub. Namun, Antetokounmpo tak akan sendiri. Ia akan dibantu oleh sejumlah pemain ternama, seperti Kostas Papanikolaou, Nick Calathes, Georgios Papagiannis, dan Konstantinos Mitoglou.

Yunani sendiri tergabung di Grup A. Akan tetapi, mereka akan mendapatkan persaingan yang sangat ketat di grupnya. Pasalnya, Yunani berada di grup neraka bersama Kanada, Spanyol, dan Australia. Keempat negara tersebut memiliki kualitas dan peluang yang relatif sama untuk lolos ke babak delapan besar.

2. Generasi baru Spanyol siap raih kejayaan

5 Wakil Eropa di Cabang Olahraga Basket Olimpiade Paris 2024Juancho Hernangomez dan Willy Hernangomez (fiba.basketball)

Spanyol memiliki generasi baru yang cukup mentereng dan berpeluang berbicara banyak di Olimpiade Paris 2024. Roster ini dihuni oleh sejumlah nama besar, seperti Willy Hernangomez, Juancho Hernangomez, Santi Aldama, Usman Garuba, dan Lorenzo Brown. Nama-nama tersebut akan dibimbing oleh Rudy Fernandez yang memiliki segudang pengalaman di Olimpiade.

Meski memiliki pemain yang cukup mentereng, Spanyol tak bisa tenang. Pasalnya, mereka berada di grup yang sangat berat. Spanyol perlu unggul dari Kanada, Yunani, dan Australia untuk lolos ke fase gugur.

Baca Juga: 7 Stadion yang Digunakan Cabor Sepak Bola di Olimpiade Paris 2024

3. Prancis andalkan nama-nama senior plus Victor Wembanyama

5 Wakil Eropa di Cabang Olahraga Basket Olimpiade Paris 2024Victor Wembanyama (fiba.basketball)

Nama-nama lama, seperti Nando de Colo, Evan Fournier, Nicolas Batum, dan Rudy Gobert akan menjadi pemain andalan Prancis di Olimpiade Paris 2024. Para pemain senior tersebut akan mendapatkan bantuan besar dari Victor Wembanyama. Kehadiran pemain San Antonio Spurs itu dinilai akan menjadi faktor besar bagi Prancis.

Selain faktor pemain, Prancis juga diunggulkan karena statusnya sebagai tuan rumah. Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Prancis berada satu grup dengan Jerman, Jepang, dan Brasil di Grup B. Dengan keuntungan dan kualitas yang dimiliki, Prancis seharusnya bisa menembus fase grup.

4. Jerman berstatus sebagai juara FIBA World Cup 2023

5 Wakil Eropa di Cabang Olahraga Basket Olimpiade Paris 2024Franz Wagner dan Moritz Wagner (nba.com)

Dengan statusnya sebagai juara FIBA World Cup 2023, Jerman tentu jadi unggulan di Olimpiade Paris 2024. Jerman berada di Grup B bersama Prancis, Jepang, dan Brasil. Jika dilihat dari kekuatan antartim, Jerman seharusnya bisa mengunci satu tempat untuk babak delapan besar.

Skuad Jerman di Olimpiade Paris 2024 juga tak jauh berbeda dengan yang mereka miliki di FIBA World Cup 2023. Franz Wagner, Moritz Wagner, dan Dennis Schroder akan kembali menjadi andalan Jerman. Ketiga pemain tersebut akan dibantu oleh sejumlah pemain kunci, seperti Andreas Obst, Johannes Thiemann, Johannes Voigtmann, dan Daniel Theis.

5. Serbia siap kembalikan sejarah

5 Wakil Eropa di Cabang Olahraga Basket Olimpiade Paris 2024Nikola Jokic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Serbia siap mengembalikan sejarah yang pernah menempatkan Yugoslavia sebagai jawara basket di Olimpiade. Sebagai satu-satunya negara pecahan Yugoslavia di Olimpiade Paris 2024, tentu punya semangat untuk mencapai tujuannya itu. Hal tersebut juga didukung dengan materi pemain Serbia yang mentereng.

Di Olimpiade Paris 2024 ini, Serbia membawa banyak nama tenar. Sebut saja Nikola Jokic, Bogdan Bogdanovic, Vasilije Micic, Nikola Milutinov, dan Vladimir Lucic. Ini akan menjadi modal besar untuk Serbia yang berada satu grup bersama Amerika Serikat, Sudan Selatan, dan Puerto Riko di Grup C.

Olimpiade Paris 2024 akan dibuka pada 26 Juli 2024 mendatang. Sementara itu, cabang olahraga basket akan pertama kali melangsungkan pertandingan pada 27 Juli 2024. Lalu, finalnya akan diselenggarakan pada 11 Agustus 2024. Pertanyaannya, adakah negara Eropa yang kamu jagokan?

Baca Juga: Jadwal Tim Indonesia di Olimpiade 2024 Paris

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya