6 Pemain yang Tampil Luar Biasa pada Babak 16 Besar Euro 2024

#Euro2024 Italia dan Belgia tersingkir

Babak 16 besar Euro 2024 akhirnya usai setelah laga antara Austria dan Turki berakhir. Pada babak ini, sejumlah laga seru terjadi di mana kebanyakan tim unggulan berhasil menang. Hanya Italia dan Belgia, tim besar yang menderita kekalahan dan terpaksa harus tersingkir dari Euro 2024.

Bersamaan dengan hal tersebut, babak 16 besar juga menjadi panggung bagi banyak pemain untuk bersinar. Bahkan, beberapa di antaranya layak disebut tampil luar biasa. Penampilan mereka ini sangat membantu timnya untuk lolos ke babak delapan besar. Siapa sajakah pemain yang dimaksud?

1. Ruben Vargas (Swiss) pulangkan Italia dari Euro 2024

6 Pemain yang Tampil Luar Biasa pada Babak 16 Besar Euro 2024Ruben Vargas (instagram.com/iamrubenvargas

Satu-satunya kejutan yang terjadi di babak 16 besar Euro 2024 ialah kekalahan Italia dari Swiss. Kekalahan tersebut didalangi oleh pemain sayap Swiss, Ruben Vargas, yang tampil gemilang selama 71 menit. Pada laga tersebut, Vargas mencetak 1 gol dan 1 assist. Dengan penampilan apiknya ini, Swiss pun menang atas Italia dengan skor 2-0. Vargas sendiri terpilih sebagai Man of the Match dalam laga tersebut.

2. Fabian Ruiz jadi kreator kemenangan telak Spanyol

6 Pemain yang Tampil Luar Biasa pada Babak 16 Besar Euro 2024Fabian Ruiz (instagram.com/fabianruiz52)

Spanyol menyingkirkan tim debutan, Georgia, dengan skor 4-1 pada babak 16 besar. Kreator dari kemenangan telak Spanyol ini ialah sang gelandang, Fabian Ruiz. Pemain Paris Saint-Germain (PSG) ini tampil cemerlang di lini tengah dengan mengkreasikan distribusi bola yang ciamik dan ikut serta dalam mencetak gol. Selama 81 menit bermain, Ruiz mencetak 1 gol, 1 assist, 2 peluang, 105 sentuhan, serta mencatat akurasi umpan yang mencapai 92 persen.

Baca Juga: Fabian Ruiz Bawa Spanyol Berbalik Unggul atas Georgia

3. Diogo Costa jadi faktor utama kemenangan Portugal

6 Pemain yang Tampil Luar Biasa pada Babak 16 Besar Euro 2024Diogo Costa (instagram.com/diogomcosta99)

Laga Portugal vs Slovenia harus berlanjut ke babak adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 0-0. Pada babak ini, Diogo Costa dari Portugal menunjukkan kebolehannya sebagai kiper utama. Ia sukses menepis tiga tendangan penalti pemain Slovenia secara berturut-turut. Di sisi lain, Portugal sukses mengonversi tiga kesempatan penalti menjadi gol lewat Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, dan Bernardo Silva. Hal itu membuat Portugal menang dengan skor 3-0 dan Costa pun mendapatkan penghargaan Man of the Match.

4. Cody Gakpo jadi Man of the Match untuk keberhasilan Belanda

6 Pemain yang Tampil Luar Biasa pada Babak 16 Besar Euro 2024Cody Gakpo (fifa.com)

Serupa dengan Diogo Costa, Cody Gakpo juga memenangkan penghargaan Man of the Match pada babak 16 besar Euro 2024. Gakpo sukses tampil mentereng dengan mencetak 1 gol dan 1 assist untuk Belanda. Kontribusinya itu membawa Belanda menang dengan skor 3-0 atas Rumania. Ia benar-benar jadi bintang utama Belanda pada laga tersebut.

Baca Juga: Jadwal dan Hasil Pertandingan Euro 2024, Fase Grup hingga Final

5. Donyell Malen tampil bersinar sebagai pemain pengganti

6 Pemain yang Tampil Luar Biasa pada Babak 16 Besar Euro 2024Donyell Malen (twitter.com/EURO2024)

Donyell Malen baru masuk sebagai pemain pengganti pada menit 46 kala Belanda berhadapan dengan Rumania di babak 16 besar. Meski begitu, Malen berhasil menunjukkan kualitasnya sebagai pemain berkelas. Malen mampu menambah keunggulan Belanda lewat dua gol yang ia cetak. Alhasil, Belanda pun menang dengan skor 3-0.

6. Merih Demiral tampil gemilang dalam hal bertahan dan menyerang

6 Pemain yang Tampil Luar Biasa pada Babak 16 Besar Euro 2024Merih Demiral (instagram.com/merihdemiral)

Merih Demiral benar-benar menunjukkan performa yang luar biasa kala Turki menang dengan skor 2-1 atas Austria di babak 16 besar Euro 2024. Sebagai pemain bertahan, Demiral sangat disiplin menjaga pertahanan. Ia mencatat 17 clearence, 4 blok, 3 intersep, serta mencatatkan 67 persen kemenangan duel. Di sisi lain, Demiral juga mencetak dua gol untuk kemenangan Turki. Dengan performanya ini, Demiral pantas disebut sebagai pemain terbaik pada babak 16 besar Euro 2024.

Delapan tim hebat siap untuk bertarung di babak selanjutnya. Mereka adalah Swiss, Jerman, Inggris, Spanyol, Prancis, Portugal, Belanda, dan Turki. Sedangkan, Italia, Denmark, Slovakia, Georgia, Belgia, Slovenia, Rumania, dan Austria menjadi deretan tim yang harus angkat koper pada babak 16 besar Euro 2024.

Baca Juga: 5 Pemain Turki yang Berkarier di Serie A 2022/2023, Ada Merih Demiral

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya