7 Point Guard dengan EuroLeague MVP sebelum Mike James

Mike James jadi yang terbaru

Intinya Sih...

  • Mike James terpilih sebagai EuroLeague MVP 2023/2024 setelah empat penghargaan sebelumnya.
  • Theo Papaloukas, Milos Teodosic, Dimitris Diamantidis, Vassilis Spanoulis, Sergio Rodriguez, Luka Doncic, dan Vasilije Micic adalah 7 point guard lain yang meraih EuroLeague MVP sebelum James.
  • Penghargaan tersebut telah ada di kompetisi sejak 2004 dan diperoleh oleh para pemain dengan pencapaian luar biasa di musim tersebut.

Mike James akhirnya terpilih sebagai EuroLeague MVP 2023/2024. Ini merupakan gelar MVP pertamanya di EuroLeague sejak memulai kariernya di Eropa pada 2018. Padahal, point guard asal Amerika Serikat ini selalu bermain apik pada tiap musim dan telah meraih empat penghargaan EuroLeague di luar MVP.

Penghargaan EuroLeague MVP sendiri telah ada di kompetisi ini dari 2004. Sejak tahun tersebut, sudah ada delapan point guard yang sukses meraih EuroLeague MVP, termasuk Mike James. Lantas, siapa sajakah tujuh point guard yang pernah memenangi EuroLeague MVP sebelum James?

1. Theo Papaloukas menangkan EuroLeague MVP 2007 bersama CSKA Moscow

7 Point Guard dengan EuroLeague MVP sebelum Mike JamesTheodoros Papaloukas (cskabasket.ru)

Theo Papaloukas jadi point guard pertama yang meraih EuroLeague MVP. Keberhasilan pemain asal Yunani itu didapat pada 2007 ketika ia berseragam CSKA Moscow. Pada tahun tersebut, Papaloukas memang tampil hebat. Selain jadi MVP, ia juga sukses jadi assist leader pada musim reguler dan top scorer pada babak playoff.

2. Milos Teodosic meraih EuroLeague MVP 2010 bersama Olympiacos

7 Point Guard dengan EuroLeague MVP sebelum Mike JamesMilos Teodosic saat berseragam Virtus Bologna. (euroleaguebasketball.net)

Milos Teodosic melesat pada EuroLeague 2009/2010. Bersama Olympiacos, Teodosic tampil beringas dan sukses masuk All-EuroLeague First Team untuk pertama kalinya. Di samping itu, Teodosic juga langsung terpilih sebagai EuroLeague MVP 2010. Ia mengalahkan sejumlah nama besar, seperti Juan Carlos Navarro, Victor Khryapa, dan Ramunas Siskauskas.

3. Dimitris Diamantidis (2011) jalani musim sempurna bersama Panathinaikos

7 Point Guard dengan EuroLeague MVP sebelum Mike JamesDimitris Diamantidis (euroleaguebasketball.net)

Penghargaan EuroLeague MVP 2011 didapatkan oleh legenda Panathinaikos, Dimitris Diamantidis. Pada musim tersebut, Diamantidis memang tampil sempurna bersama Panathinaikos. Selain meraih penghargaan EuroLeague MVP 2011, Diamantidis meraih beberapa penghargaan lain pada musim tersebut. Sebut saja  EuroLeague Assist Leader, EuroLeague Best Defender, EuroLeague FInals Four MVP, dan All-EuroLeague First Team. Ia bahkan sukses meraih juara EuroLeague.

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Meraih EuroLeague Coach of the Year

4. Vassilis Spanoulis (2013) jadi point guard Yunani ketiga yang meraih EuroLeague MVP

7 Point Guard dengan EuroLeague MVP sebelum Mike JamesVassilis Spanoulis (fiba.basketball)

Vassilis Spanoulis jadi point guard Yunani ketiga yang meraih EuroLeague MVP. Pelatih Timnas Yunani ini meraihnya pada 2013 ketika ia berseragam Olympiacos Piraeus. Musim tersebut juga berbuah manis bagi Spaanoulis. Sebab, ia juga sukses meraih EuroLeague Finals Four MVP, All-EuroLeague Team, juara EuroLeague, serta menjadi pemimpin statistik poin dan assist pada musim reguler 2012/2013.

5. Umpan ciamik bawa Sergio Rodriguez raih EuroLeague MVP 2014

7 Point Guard dengan EuroLeague MVP sebelum Mike JamesSergio Rodriguez (euroleaguebasketball.net)

Umpan-umpan berkelas menjadi senjata utama dalam karier Sergio Rodriguez di EuroLeague. Salah satu hasil dari kepiawaiannya itu ialah gelar EuroLeague MVP pada 2014. Pemain asal Spanyol itu memenangkannya bersama Olimpia Milano.

6. EuroLeague MVP 2018 menarik perhatian tim NBA kepada Luka Doncic

7 Point Guard dengan EuroLeague MVP sebelum Mike JamesLuka Doncic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Luka Doncic benar-benar menarik perhatian pada EuroLeague 2017/2018. Point guard asal Slovenia ini tampil luar biasa bersama Real Madrid dan berhasil meraih banyak penghargaan, salah satunya ialah EuroLeague MVP 2018. Selain itu, ia juga meraih EuroLeague Finals Four MVP, EuroLeague Rising Stars, masuk All-EuroLeague First Team, dan jadi juara EuroLeague. Hal tersebut menarik perhatian para pemandu bakat NBA yang kala itu mengincar Doncic untuk NBA Draft 2018.

7. Penampilan apik di Anadolu Efes membawa Vasilije Micic raih EuroLeague MVP 2021

7 Point Guard dengan EuroLeague MVP sebelum Mike JamesVasilije Micic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Permainan Vasilije Micic benar-benar menarik perhatian kala berseragam Anadolu Efes. Salah satu buktinya ialah keberhasilan Micic meraih penghargaan EuroLeague MVP 2021. Pada musim tersebut, Micic memang mentereng. Selain jadi EuroLeague MVP, Micic juga sukses membawa timnya juara EuroLeague dan meraih Final Four MVP.

Keberhasilan Mike James meraih EuroLeague MVP pada 2024 bukanlah akhir dari kariernya di EuroLeague. Namun, ini merupakan awal untuk James agar lebih melesat lagi. Point guard asal Amerika Serikat ini mungkin bisa lebih menggila pada musim-musim berikutnya.

Baca Juga: Perolehan Hadiah yang Didapat 6 Tim Teratas EuroLeague 2023/2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya