Performa 5 Pemain Bayern Munich di FIBA World Cup 2023

Bonga, Obst, dan Giffey bawa Jerman juara

FIBA World Cup 2023 telah berakhir dengan menahbiskan Jerman sebagai juara. Dari 12 pemain yang dibawa, Jerman membawa dan mengandalkan 3 pemain dari Bayern Munich. Hal ini cukup wajar karena tiga pemain Bayern Munich tersebut adalah pemain yang memiliki kualitas baik.

Selain 3 pemain yang memperkuat Timnas Jerman, ada 2 juga pemain Bayern Munich  yang membela negara lain. Jadi, total ada lima pemain Bayern Munich di FIBA World Cup 2023. Lalu, seperti apa kiprah dan performa kelima pemain tersebut?

1. Dino Radoncic punya menit bermain yang banyak

Performa 5 Pemain Bayern Munich di FIBA World Cup 2023Dino Radoncic (fiba.basketball)

Dino Radoncic merupakan salah satu pemain baru yang bergabung dengan Bayern Munich pada musim panas 2023. Ia diboyong dari Casademont Zaragoza karena dinilai memiliki potensi besar untuk menjadi pebasket hebat. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa Randoncic memiliki menit bermain yang banyak di FIBA World Cup 2023.

Pemain yang berposisi sebagai power forward ini mencatatkan 119 menit dengan torehan 35 poin, 6 assist, dan 26 rebound selama FIBA World Cup 2023. Dengan catatan itu, Radoncic pun menjadi pemain dengan jumlah menit bermain terbanyak kedua di skuad Montenegro setelah Nikola Vucevic. Namun, ia hanya mampu membawa Montenegro bertengger di posisi ke-17.

2. Niels Giffey tak banyak tampil di babak playoff

Performa 5 Pemain Bayern Munich di FIBA World Cup 2023Niels Giffey (fiba.basketball)

Niels Giffey menjadi salah satu pemain Bayern Munich yang sukses membawa Jerman juara di FIBA World Cup 2023. Pemain yang berposisi sebagai small forward ini mencatat 22 poin, 5 assist, dan 6 rebound dari 73 menit bermain. Namun, catatan tersebut lebih banyak dicatatkan Giffey pada ronde pertama dan ronde kedua.

Sedangkan, pada babak playoff, Giffey hanya mendapatkan menit bermain yang minim. Hal ini disebabkan kehadiran Franz Wagner yang mulai pulih dari cedera menjelang babak playoff. Alhasil, Giffey hanya menjadi penghangat bangku cadangan pada babak tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Dibawa Timnas Jerman ke FIBA World Cup 2023

3. Andreas Obst tampil sebagai bintang

Performa 5 Pemain Bayern Munich di FIBA World Cup 2023Andreas Obst tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Tak banyak penggemar bola basket yang mengenal sosok Andreas Obst sebelum FIBA World Cup 2023. Pemain yang berposisi sebagai shooting guard ini memang telat bersinar. Bahkan, ia pun tak memiliki kesempatan untuk ikut NBA Draft pada usia muda. Kendati demikian, Obst mampu bersinar di Jerman dan berkembang bersama Bayern Munich.

Pada FIBA World Cup 2023, Obst tampil sangat gemilang dan menjadi bintang Jerman dalam beberapa pertandingan. Tembakan tiga angka yang selalu menjadi pembeda membuat Obst ditakuti oleh lawan. Selama FIBA World Cup 2023, Obst mencatat 83 poin, 16 assist, dan 13 rebound dari 189 menit.

4. Isaac Bonga mampu bermain secara versatile

Performa 5 Pemain Bayern Munich di FIBA World Cup 2023Isaac Bonga (fiba.basketball)

Tak jauh berbeda dengan Andreas Obst, Isaac Bonga pun tampil cemerlang pada FIBA World Cup 2023. Mantan pemain Los Angeles Lakers ini tak begitu menonjol seperti Obst. Namun, ia mampu memenuhi kebutuhan tim karena kemampuannya yang bisa bermain secara versatile.

Pria yang bergabung dengan Bayern Munich pada 2022 ini bisa bermain di dua posisi guard. Tak heran, Bonga memiliki menit bermain yang banyak, meski difungsikan sebagai pemain cadangan. Selama turnamen, Bonga mencetak 62 poin, 11 assist, dan 18 rebound dari 161 menit.

5. Sylvain Fransisco belum penuhi ekspektasi

Performa 5 Pemain Bayern Munich di FIBA World Cup 2023Sylvain Fransisco (fiba.basketball)

Sylvain Fransisco merupakan pemain baru di skuad Bayern Munich. Pemain yang berposisi sebagai point guard ini tampil membela Timnas Prancis pada FIBA World Cup 2023. Akan tetapi, ia gagal memenuhi ekspektasi.

Fransisco sebetulnya diplot sebagai regenerasi dari Nando de Colo. Namun, Fransisco dinilai belum siap dan masih minim pengalaman. Alhasil, ia pun tampil biasa saja dan gagal membawa Prancis tampil hebat pada turnamen ini.

Isaac Bonga, Niels Giffey, dan Andreas Obst menjadi representasi Bayern Munich di Timnas Jerman. Hal tersebut pun menjadikan Bayern Munich sebagai klub yang paling banyak membawa pemainnya juara di FIBA World Cup 2023. Pertanyaannya, akankah Bayern Munich bisa berprestasi di kompetisi domestik dan EuroLeague pada musim 2023/2024 mendatang?

Baca Juga: 10 Fakta Johannes Voigtmann, Bigman Kuat Jerman di FIBA World Cup 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya