6 Pengguna Nomor Punggung 33 Arsenal sebelum Riccardo Calafiori

Pernah dipakai beberapa kiper

Intinya Sih...

  • Riccardo Calafiori memilih Arsenal sebagai tim barunya dengan harga 45 juta euro.
  • Nomor punggung 33 sebelumnya pernah dipakai oleh Nicklas Bendtner, Matthew Connolly, Petr Cech, Matt Macey, Mathew Ryan, dan Arthur Okonkwo.
  • Nomor punggung 33 di Arsenal sering dipakai oleh para kiper dan pemain bertahan.

Teka-teki masa depan Riccardo Calafiori akhirnya terjawab sejak, Senin (29/7/2024). Pemain yang tampil apik untuk Timnas Italia di Euro 2024 ini memilih Arsenal sebagai tim barunya. Ia diboyong The Gunners dengan harga 45 juta euro (Rp794 miliar) dari klub lamanya, Bologna.

Saat diperkenalkan, Calafiori telah memilih nomor punggung 33 sebagai nomor barunya di Arsenal. Sebelum dirinya terdapat beberapa pemain yang pernah mengenakan nomor tersebut di Arsenal. Berikut inilah enam yang terakhir!

1. Nomor 33 merupakan nomor pertama Nicklas Bendtner di Arsenal

6 Pengguna Nomor Punggung 33 Arsenal sebelum Riccardo CalafioriNicklas Bendtner (bundesliga.com)

Nomor 33 merupakan nomor punggung pertama Nicklas Bendtner di Arsenal. Namun, penyerang asal Denmark itu hanya mengenakannya selama semusim, tepatnya pada 2005/2006. Setelah itu, ia sempat mengganti beberapa kali nomor punggungnya di Arsenal.

Bicara soal performa, Bendtner bisa dikatakan biasa saja di Arsenal. Ia sukses mencetak 47 gol dan 22 assist dari 171 laga. Namun, itu tak begitu bagus untuk seorang penyerang. Ia pun cukup banyak dipinjamkan selama berseragam The Gunners.

Baca Juga: 4 Pemain Arsenal yang Pindah ke Fulham dalam 14 Tahun Terakhir

2. Matthew Connolly gagal bersinar bersama Arsenal

6 Pengguna Nomor Punggung 33 Arsenal sebelum Riccardo CalafioriMatthew Connolly (arsenal.com)

Setelah dipakai Nicklas Bendtner, nomor punggung 33 kemudian diwariskan kepada Matthew Connolly. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini merupakan jebolan akademi Arsenal. Ia promosi pada 2005 dan baru memakai nomor punggung 33 pada 2007.

Connolly sendiri gagal bersinar bersama Arsenal. Ia hanya bertahan di klub ini selama 1,5 musim sebagai pemain pelapis. Demi mendapatkan masa depan dan menit bermain yang layak, ia pun hengkang pada musim panas 2007. Connolly sendiri hanya mencatat dua laga di Arsenal.

3. Petr Cech memakai nomor punggung 33 selama 3 tahun

6 Pengguna Nomor Punggung 33 Arsenal sebelum Riccardo CalafioriPetr Cech (arsenal.com)

Mungkin banyak yang lupa jika Petr Cech pernah berseragam Arsenal. Mantan kiper andalan Timnas Ceko ini berseragam Arsenal dari 2015--2019. Dari 4 musim tersebut, ia pernah mengenakan nomor punggung 33 pada 3 musim pertamanya.

Sebagai seorang kiper berpengalaman nan berkualitas, Cech tentu jadi andalan di Arsenal. Selama 4 musim, ia sukses mencatat 139 penampilan dengan torehan 54 nirbobol. Penampilan ini sangat baik, meski kalah mentereng dibandingkan kiprahnya saat berseragam Chelsea.

4. Matt Macey sangat sering berganti nomor punggung

6 Pengguna Nomor Punggung 33 Arsenal sebelum Riccardo CalafioriMatt Macey (arsenal.com)

Matt Macey juga merupakan jebolan akademi Arsenal. Ia sempat beberapa kali berganti nomor punggung saat bermain untuk tim utama Arsenal. Nomor punggung 33 yang ia gunakan pada 2019--2021 menjadi salah satunya.

Meski menetap beberapa tahun di tim utama Arsenal, Macey sangat minim pengalaman. Selama berseragam Arsenal, ia hanya mencatat 2 penampilan dengan torehan 1 nirbobol. Hal itu bisa terjadi karena ia hanya menjadi kiper ketiga dan keempat di Arsenal.

5. Mathew Ryan hanya menetap selama setengah musim

6 Pengguna Nomor Punggung 33 Arsenal sebelum Riccardo CalafioriMathew Ryan (arsenal.com)

Mathew Ryan yang tampil bersinar bersama Brighton & Hove Albion tiba-tiba pindah ke Arsenal pada musim dingin 2021. Kala itu, ia datang sebagai pemain pinjaman. Ia pun memilih nomor punggung 33 kala itu.

Saat berseragam Arsenal, Ryan hanya mampu mencatatkan 3 penampilan dengan torehan 1 nirbobol. Hal itu bisa terjadi karena ia kalah saing dari Bernd Leno yang memang jadi kiper utama Arsenal kala itu. Dengan penampilan yang tak maksimal, kiper asal Australia ini pun kembali ke Brighton & Hove Albion pada musim panas 2021.

6. Arthur Okonkwo berada di tengah persaingan Bernd Leno dan Aaron Ramsdale

6 Pengguna Nomor Punggung 33 Arsenal sebelum Riccardo CalafioriArthur Okonkwo (arsenal.com)

Nomor punggung 33 memang sangat akrab dengan posisi kiper di Arsenal. Setelah Petr Cech, Matt Macey, dan Mathew Ryan, kini giliran Arthur Okonkwo yang mewarisi nomor punggung 33 pada 2021/2022. Ia merupakan kiper jebolan akademi Arsenal.

Sebagai kiper yang dipromosikan ke tim utama, Okonkwo jelas kesulitan untuk menembus tempat utama. Apalagi, ia masih minim pengalaman dan harus bersaing dengan Aaron Ramsdale dan Bernd Leno. Persaingannya itu membuat Okonkwo kesulitan dilirik oleh Mikel Arteta.

Terlepas dari rekam jejak dari para pendahulunya yang sempat menggunakan nomor 33 di Arsenal, Riccardo Calafiori sangat diharapkan bisa bersinar. Ia tampaknya akan dipaksakan untuk mengisi posisi bek kiri. Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Calafiori mengingat ia berposisi sebagai bek tengah.

Baca Juga: 5 Bek Italia Pernah Bela Klub Papan Atas EPL sebelum Calafiori

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya