5 Pemain yang Memenangi EuroLeague MVP Bersama Tim Spanyol

Pemain Real Madrid mendominasi

Tim-tim Spanyol cukup mendominasi di EuroLeague. Real Madrid Baloncesto menjadi tim dengan gelar juara terbanyak di sana. Mereka telah mengantongi sepuluh gelar sejauh ini.

Catatan tersebut belum ditambah dengan perolehan gelar juara Barcelona, Joventut Badalona, dan Baskonia yang menegaskan dominasi tim Spanyol di EuroLeague. Tak heran jika ada beberapa pemain asal tim Spanyol yang meraih gelar EuroLeague MVP. 

Sejak pertama kali diadakan pada 2004, terdapat pemain yang memenangi EuroLeague MVP bersama tim Spanyol. Siapa saja mereka?

1. Juan Carlos Navarro

5 Pemain yang Memenangi EuroLeague MVP Bersama Tim SpanyolJuan Carlos Navarro (fiba.basketball)

Pemain pertama yang memenangi EuroLeague MVP bersama tim Spanyol adalah Juan Carlos Navarro. Pemain yang sangat lama mengabdi bersama Barcelona ini memenanginya pada 2008/2009.

Navarro sendiri menghabiskan kariernya di Eropa bersama Barcelona. Sedangkan, saat bermain di NBA, ia sempat membela Memphis Grizzlies.

2. Sergio Rodriguez

5 Pemain yang Memenangi EuroLeague MVP Bersama Tim SpanyolSergio Rodriguez (euroleaguebasketball.net)

Sergio Rodriguez merupakan point guard Spanyol. Ia pernah bermain di NBA untuk Portland Trail Blazers, Sacramento Kings, New York Knicks, dan Philadelphia 76ers.

Saat bermain di Eropa, Rodriguez membela beberapa tim. Real Madrid menjadi salah satu yang pernah ia bela pada masa jayanya, tepatnya pada 2013/2014. Rodriguez sendiri meraih gelar EuroLeague MVP bersama tim asal ibu kota Spanyol tersebut.

Baca Juga: 5 Pebasket Berposisi Power Forward Terbaik di EuroLeague 2022/2023

3. Sergio Llull

5 Pemain yang Memenangi EuroLeague MVP Bersama Tim SpanyolSergio Llull (euroleaguebasketball.net)

Masih dari Real Madrid, kali ini ada nama Sergio Llull, point guard berusia 35 tahun yang masih bertahan di Real Madrid sejak 2007. Ia pernah membawa Real Madrid menjadi juara EuroLeague sebanyak dua kali, yakni pada 2015 dan 2019.

Dari 2 musim tersebut, Llull sayangnya tak mendapatkan gelar EuroLeague MVP. Ia baru mendapatkannya pada 2016/2017 ketika Fenerbahce keluar sebagai juara.

4. Luka Doncic

5 Pemain yang Memenangi EuroLeague MVP Bersama Tim SpanyolLuka Doncic (nba.com)

Luka Doncic makin bersinar setelah bermain apik bersama Dallas Mavericks di NBA. Namun, sinarnya telah terpancar ketika masih bermain untuk Real Madrid di EuroLeague.

Semusim sebelum terpilih di NBA Draft 2018, Luka Doncic keluar sebagai EuroLeague MVP. Keberhasilannya itu membuat pemain asal Slovenia ini menjadi pemain termuda yang meraih EuroLeague MVP.

5. Nikola Mirotic

5 Pemain yang Memenangi EuroLeague MVP Bersama Tim SpanyolNikola Mirotic (fcbarcelona.com)

Satu-satunya pemain yang berhasil meraih EuroLeague MVP bersama Barcelona adalah Nikola Mirotic. Namun, ia pernah membela Real Madrid selama 4 musim, tepat sebelum ia masuk NBA pada 2014.

Kembali ke EuroLeague untuk bergabung dengan Barcelona pada 2019, Nikola Mirotic meraih EuroLeague MVP pada 2021/2022. Power forward yang lahir di Montenegro ini juga punya banyak penghargaan bergengsi selama berkarier di EuroLeague.

Dalam daftar ini, hanya Sergio Llull yang tak pernah bermain di NBA. Padahal, ia bisa saja merasakan karier di NBA jika menerima tawaran kontrak yang pernah disodorkan Houston Rockets pada 2009.

Baca Juga: 5 Pebasket AS yang Baru Bergabung Tim EuroLeague pada 2022/2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya