5 Pemain Terakhir yang Meraih Gelar EuroLeague MVP

Dua pemain tak pernah bermain NBA

EuroLeague dikenal sebagai salah satu liga bola basket terbaik di dunia. Meski tidak setenar NBA, pemain-pemain di sana punya cukup kemampuan untuk bersinar. Beberapa bahkan mampu meraih gelar EuroLeague MVP.

Selama 5 musim ke belakang, ada 5 pemain terakhir yang meraih gelar EuroLeague MVP. Salah satunya kini jadi bintang di NBA.

1. Nikola Mirotic (2022)

5 Pemain Terakhir yang Meraih Gelar EuroLeague MVPNikola Mirotic (fcbarcelona.com)

Nikola Mirotic, power forward asal Spanyol, memenangi EuroLeague MVP terakhir pada 2022. Mantan pemain Chicago Bulls dan New Orleans Pelicans itu bermain untuk Barcelona saat ini.

Mirotic mendapatkan gelar setelah menyingkirkan beberapa pesaing terdekat, seperti Vasilije Micic, Sasha Vezenkov, dan Shane Larkin. EuroLeague MVP pun menjadi penghargaan individu tertinggi dalam karier sang pemain.

2. Vasilije Micic (2021)

5 Pemain Terakhir yang Meraih Gelar EuroLeague MVPVasilije Micic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Point guard Anadolu Efes dan Timnas Serbia, Vasilije Micic, menjadi nama selanjutnya. Micic yang memenangi penghargaan tersebut pada 2021 memang tampil cemerlang kala itu.

Selain menjadi peraih EuroLeague MVP, Vasilije Micic juga berhasil menyabet gelar EuroLeague Final Four MVP dan gelar juara EuroLeague. Namun, hingga kini, ia tak pernah bermain di NBA.

Baca Juga: 5 Pemain yang Memenangi EuroLeague MVP Bersama Tim Spanyol

3. Jan Vesely (2019)

5 Pemain Terakhir yang Meraih Gelar EuroLeague MVPJan Vesely tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Akibat pandemik COVID-19, EuroLeague MVP 2020 ditiadakan. Oleh karena itu, nama selanjutnya beranjak kepada Jan Vesely, yang memenangi penghargaan ini pada 2019.

Jan Vesely memang tampil cemerlang bersama Fenerbahce pada musim tersebut. Tak heran jika pemain asal Republik Ceko ini keluar sebagai pemenang. Vesely menjadi satu-satunya center yang memenangi penghargaan ini di EuroLeague.

4. Luka Doncic (2018)

5 Pemain Terakhir yang Meraih Gelar EuroLeague MVPLuka Doncic (nba.com)

Perpisahan Luka Doncic dengan EuroLeague benar-benar indah. Sebelum ikut serta pada NBA Draft 2018, ia sukses menyabet gelar EuroLeague MVP 2018 bersama Real Madrid.

Doncic juga mampu meraih gelar EuroLeague Final Four MVP dan juara EuroLeague pada tahun yang sama. Luka Doncic merupakan pemain termuda yang meraih penghargaan EuroLeague MVP.

5. Sergio Llull (2017)

5 Pemain Terakhir yang Meraih Gelar EuroLeague MVPSergio Llull (euroleaguebasketball.net)

Setahun sebelum jatuh ke pangkuan Luka Doncic, EuroLeague MVP menjadi milik pemain Real Madrid. Ia adalah Sergio Llull, point guard senior asal Spanyol yang tak pernah berlaga di NBA.

Dalam kariernya, EuroLeague MVP merupakan penghargaan individu tertinggi yang ia dapatkan. Kendati demikian, Sergio Llull juga punya sederet penghargaan lain, baik secara tim maupun individu.

EuroLeague MVP benar-benar bergengsi. Tak heran jika pemenang penghargaan ini kerap dilirik tim NBA, meski sang pemain bersangkutan belum tentu bermain di sana, seperti Sergio Llull dan Vasilije Micic.

Baca Juga: 5 Pebasket AS yang Baru Bergabung Tim EuroLeague pada 2022/2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya