5 Pemain Brighton & Hove Albion yang akan Tampil di Euro 2024 

Rata-rata menjalani debut di turnamen besar

Intinya Sih...

  • 24 tim siap bertarung di Euro 2024, dengan lebih dari 600 pemain terdaftar
  • Lewis Dunk dan Bart Verbruggen dari Brighton & Hove Albion dipanggil untuk pertama kalinya
  • Kerja keras Pascal Gross, Jakub Moder, dan Billy Gilmour juga membuahkan hasil dengan dipanggil ke Timnas masing-masing

Tak terasa kick-off Euro 2024 akan dimulai 3 hari lagi. Semakin dekat, 24 tim peserta telah siap untuk bertarung demi meraih kejayaan sebagai raja Eropa. Setiap tim telah bersiap dengan mendaftarkan para pemainnya yang akan bertarung di Euro 2024.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 600 pemain yang didaftarkan ke Euro 2024. Dari banyaknya jumlah tersebut, ada lima pemain Brighton & Hove Albion yang siap tampil di Euro 2024. Siapa sajakah pemain yang dimaksud dan negara apa yang mereka bela? 

1.  Lewis Dunk siap memperkuat pertahanan Timnas Inggris

5 Pemain Brighton & Hove Albion yang akan Tampil di Euro 2024 Lewis Dunk (brightonandhovealbion.com)

Lewis Dunk akhirnya mendapat panggilan pertamanya untuk membela Timnas Inggris di sebuah turnamen besar. Kapten Brighton & Hove Albion ini biasanya selalu gagal pada babak seleksi. Namun, untuk Euro 2024, ia menjadi salah satu bek yang dibawa sebagai opsi tandem dari John Stones.

Kehadiran Dunk di skuad The Three Lions merupakan sebuah opsi yang bagus. Sebab, pemain berusia 32 tahun ini merupakan sosok bek yang tegas dan kuat dalam bola udara. Kehadirannya bisa meningkatkan rasa aman lini pertahanan Inggris.

Baca Juga: 8 Kiper dari Klub Serie A Italia yang Bermain di Euro 2024

2. Euro 2024 jadi turnamen pertama Bart Verbruggen bersama Timnas Belanda

5 Pemain Brighton & Hove Albion yang akan Tampil di Euro 2024 Bart Verbruggen (instagram.com/bartverbruggen1)

Krisis kiper yang dialami Timnas Belanda dalam beberapa tahun terakhir membuat posisi utama selalu berpindah tangan. Pada Euro 2024, seorang kiper muda dari Brighton & Hove Albion mencoba mengambil alihnya. Sosok yang dimaksud ialah Bart Verbruggen.

Kiper berusia 21 tahun tersebut dipanggil Belanda pertama kalinya untuk sebuah turnamen besar. Verbruggen sendiri telah dicoba dalam beberapa laga persahabatan. Meski berpeluang menjadi kiper utama, tetapi Verbruggen harus bersaing dengan Mark Flekken dan Justin Bijlow untuk memperebutkan posisi kiper utama Belanda. 

3. Jakub Moder diprediksi jadi gelandang pelapis di Polandia

5 Pemain Brighton & Hove Albion yang akan Tampil di Euro 2024 Jakub Moder (tengah) (brightonandhovealbion.com)

Meski gagal tampil gemilang pada 2023/2024, Jakub Moder tetap dipanggil Timnas Polandia ke Euro 2024. Gelandang Brighton & Hove Albion ini diprediksi akan menjadi gelandang pelapis di negaranya. Kendati demikian, hal tersebut tak menutup kemungkinan bagi Moder untuk bisa menemani Piotr Zielinski sebagai gelandang utama.

Pasalnya, Michal Probierz (manajer Timnas Polandia) masih mencoba beberapa formula di lini tengah Polandia. Probierz pun kerap mengganti tandem dari Zielinski. Meski begitu, sejauh ini Moder memang masih lebih sering berperan sebagai pemain pengganti.

4. Kerja keras Pascal Gross membuat dirinya dilirik Timnas Jerman

5 Pemain Brighton & Hove Albion yang akan Tampil di Euro 2024 Pascal Gross (premierleague.com)

Kerja keras Pascal Gross membuat dirinya dilirik Timnas Jerman untuk Euro 2024. Gelandang berusia 32 tahun tersebut akhirnya bisa menembus skuad Die Mannschaft untuk pertama kalinya di sebuah turnamen besar. Kehadiran Gross dipercaya bisa membuat lini tengah Timnas Jerman lebih fleksibel karena ia merupakan gelandang yang versatile. Ia sanggup bermain di banyak posisi, mulai dari gelandang, penyerang, hingga bek sayap. 

5. Billy Gilmour jadi langganan Timnas Skotlandia

5 Pemain Brighton & Hove Albion yang akan Tampil di Euro 2024 Billy Gilmour (instagram.com/billygilmourrr)

Billy Gilmour menjadi salah satu pemain langganan yang dipanggil oleh Timnas Skotlandia. Pada Euro 2024 mendatang, Gilmour juga dipanggil untuk membela negaranya. Gilmour tampaknya sudah siap untuk mengawal posisi gelandang bertahan Skotlandia.

Hal ini menjadi sebuah hal yang biasa bagi Gilmour. Akan tetapi, itu tak menjamin posisinya aman sebagai pemain utama. Sebab, Gilmour mendapatkan persaingan ketat dari Scott McTominay dan Callum McGregor yang sama-sama berposisi sebagai gelandang bertahan.

Selain kelima nama ini, sebetulnya masih ada nama Deniz Undav yang masih jadi bagian dari Brighton & Hove Albion. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu menjadi salah satu pemain yang dibawa ke Timnas Jerman. Akan tetapi, selama 2023/2024, Undav bermain sebagai pemain pinjaman untuk VfB Stuttgart.

Baca Juga: 3 Pemain Jerman Euro 2024 yang Juga Tampil di 3 Edisi Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya