4 Pebasket yang Pensiun dari Timnas setelah Olimpiade 2024

LeBron James menutupnya dengan manis #Olimpiade2024

Turnamen besar sering menjadi momen perpisahan yang indah bagi para atlet. Hal tersebut juga berlaku bagi para pebasket profesional. Kejadian semacam ini adalah sebuah hal yang lumrah. Apalagi, keputusan tersebut terjadi setelah Olimpiade yang kerap dianggap sebagai turnamen terbesar bola basket internasional.

Terdapat empat pebasket peserta Olimpiade 2024 yang memutuskan pensiun setelah turnamen ini digelar. Keempat pemain tersebut adalah nama besar yang memberikan kontribusi besar untuk negaranya masing-masing. Siapa sajakah pemain yang dimaksud?

1. Nicolas Batum (Prancis) menutup kariernya dengan medali perak

4 Pebasket yang Pensiun dari Timnas setelah Olimpiade 2024Nicolas Batum (fiba.basketball)

Nicolas Batum merupakan pemain dengan jumlah menit bermain terbanyak di Timnas Prancis pada Olimpiade 2024. Ia jelas masih dibutuhkan meski usianya sudah tak lagi muda. Dengan kontribusinya, ia sukses mempersembahkan medali perak untuk Prancis di Olimpiade 2024.

Selepas turnamen tersebut usai, Batum memutuskan untuk pensiun dari Timnas Prancis. Ia memilih untuk fokus di level klub. Selama membela negaranya, ia pernah sekali membawa Prancis juara, tepatnya pada EuroBasket 2013.

2. Rudy Fernandez (Spanyol) pensiun seutuhnya dari dunia bola basket

4 Pebasket yang Pensiun dari Timnas setelah Olimpiade 2024Rudy Fernandez tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Rudy Fernandez tak hanya pensiun dari tim nasional, tetapi juga telah memutuskan untuk pensiun seutuhnya sebagai pebasket profesional. Ia telah memutuskan untuk pensiun di level klub setelah final EuroLeague 2023/2024. Namun, ia menyempatkan diri untuk membela Timnas Spanyol di Olimpiade 2024.

Olimpiade tahun ini merupakan Olimpiade keenam bagi Fernandez. Hal tersebut membuatnya menjadi pebasket yang paling sering ikut serta di Olimpiade. Sayangnya, ia tak mengakhiri kiprah bola basketnya dengan manis. Sebab, ia dan Spanyol telah terhenti sejak fase grup Olimpiade 2024.

Bicara soal kiprahnya di Timnas Spanyol, Fernandez termasuk pemain yang gemilang. Ia menjadi salah satu pemain langganan Spanyol untuk turnamen-turnamen besar. Selama keikutsertaannya, ia sukses meraih 6 kali gelar juara yang 4 kali didapat di EuroBasket dan 2 kali di FIBA World Cup. Namun, ia gagal memberi emas di Olimpiade untuk Spanyol.

Baca Juga: 5 Pemain Basket Putri yang Masuk All-Star Five di Olimpiade 2024

3. Marcelinho Huertas (Brasil) pensiun pada usia 41 tahun

4 Pebasket yang Pensiun dari Timnas setelah Olimpiade 2024Marcelinho Huertas (fiba.basketball)

Marcelinho Huertas menjadi pebasket tertua di Olimpiade 2024. Pada ajang ini, ia menginjak usia 41 tahun ketika membela Timnas Brasil. Meski begitu, pemain yang berposisi sebagai point guard masih memegang peran penting untuk negaranya.

Akan tetapi, Huertas dan Brasil terhenti pada babak delapan besar oleh Amerika Serikat. Pertandingan tersebut resmi menjadi laga terakhirnya bersama Brasil. Huertas sendiri telah membela negaranya sejak 2005 dan berhasil memberikan 4 gelar juara untuk 3 turnamen berbeda, yakni FIBA South American Championship, Pan American Games, dan FIBA AmeriCup.

4. LeBron James menutup kariernya di Timnas Amerika Serikat dengan manis

4 Pebasket yang Pensiun dari Timnas setelah Olimpiade 2024LeBron James (olympics.com)

Medali emas di Olimpiade 2024 resmi menjadi medali terakhir yang didapat LeBron James bersama Timnas Amerika Serikat. Bintang Los Angeles Lakers tersebut memutuskan untuk pensiun dari Timnas Amerika Serikat. Namun, ia masih bermain di level klub, tepatnya di NBA.

James menutup kiprahnya dengan manis. Ia berhasil memberikan gelar juara bagi negaranya sekaligus menjadi MVP di Olimpiade 2024. Selama kiprahnya di Amerika Serikat, ia sukses memperoleh 4 gelar juara, termasuk 3 medali emas di Olimpiade dan gelar juara FIBA Americas Championship.

Dari empat nama dalam daftar ini, hanya Rudy Fernandez yang memutuskan untuk pensiun seutuhnya dari dunia bola basket. Sedangkan, tiga nama lain masih berkiprah di level klub. Keputusan ini mereka ambil karena ingin fokus dengan kariernya di level tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol dengan Nilai Pasar Tertinggi Usai Olimpiade 2024

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya