4 Pebasket Spanyol yang Pernah Meraih EuroLeague MVP, Mendominasi!

Deretan legenda dari Negeri Matador

Spanyol merupakan salah satu negara yang memiliki prestasi hebat di dunia olahraga. Salah satunya ialah bola basket karena Timnas bola basket Spanyol telah berhasil meraih berbagai gelar juara. Ini termasuk perolehan medali di Olimpiade serta sejumlah gelar juara di FIBA World Cup dan EuroBasket.

Tak hanya hebat sebagai sebuah tim, pebasket Spanyol pun hebat secara individu. Pau Gasol, Marc Gasol, Jose Calderon, dan Serge Ibaka merupakan sejumlah pebasket Spanyol yang berprestasi di NBA. Lalu, bagaimana kiprah pebasket Spanyol di EuroLeague?

Hal ini bisa terlihat dari banyaknya pemain Spanyol yang meraih penghargaan EuroLeague MVP. Total, 4 dari 17 pemenang EuroLeague MVP merupakan pebasket yang berasal dari Spanyol. Itu merupakan catatan terbanyak di antara negara lainnya. Siapa sajakah keempat pebasket Spanyol tersebut?

1. Juan Carlos Navarro

4 Pebasket Spanyol yang Pernah Meraih EuroLeague MVP, Mendominasi!Juan Carlos Navarro (fiba.basketball)

Juan Carlos Navarro merupakan pebasket Spanyol pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan EuroLeague MVP. Legenda Barcelona Basquet itu memenangkannya pada tahun 2009. Itu merupakan hasil permainan apiknya yang mencatat total 309 poin, 76 assist, dan 34 rebound dari 21 laga sebagai playmaker.

Pada era keemasannya, Juan Carlos Navarro pun hadir sebagai tulang punggung utama Timnas Spanyol. Ia merupakan penopang dan sumber bola bagi Marc Gasol dan Pau Gasol yang sering berduet di bawah rim. Navarro juga dinilai sebagai mentor dan guru bagi Ricky Rubio, belum berkarier di NBA (2009--2011).

2. Sergio Rodriguez

4 Pebasket Spanyol yang Pernah Meraih EuroLeague MVP, Mendominasi!Sergio Rodriguez (euroleaguebasketball.net)

Sergio Rodriguez merupakan small forward asal Spanyol yang dikenal memiliki kemampuan passing ciamik. Sepanjang kariernya di EuroLeague, Sergio Rodriguez pernah membela beberapa tim besar dan mencetak beragam prestasi. Sejauh ini, ia telah membela Estudiantes, CSKA Moscow, Olimpia Milano, dan Real Madrid.

Dari ketiga klub tersebut, Real Madrid menjadi tim di mana Sergio Rodriguez tampil paling gemilang. Tepatnya pada 2014, Rodriguez memenangkan EuroLeague MVP bersama tim ibu kota Spanyol tersebut. Pada musim itu, Rodriguez tampil sangat dominan dengan mencatat 434 poin, 62 rebound, dan 152 assist dari 31 pertandingan.

3. Sergio Llull

4 Pebasket Spanyol yang Pernah Meraih EuroLeague MVP, Mendominasi!Sergio Llull saat berseragam Real Madrid Baloncesto. (instagram.com/23llull)

Sergio Llull merupakan kapten dari Timnas Spanyol dan Real Madrid Baloncesto saat ini. Ia tak pernah pindah dari Real Madrid Baloncesto sejak 2007. Tak heran pemain yang berposisi sebagai shooting guard ini telah dikenal sebagai ikon kota Madrid di dunia bola basket.

Selain karena kesetiaannya, Sergio Llull juga cukup dikenal karena kehebatannya. Hal tersebut terbukti pada EuroLeague 2016/2017 ketika ia keluar sebagai EuroLeague MVP. Pada musim itu, Llull bermain menggila dengan total 543 poin, 60 rebound, dan 194 assist dari 33 penampilan.

4. Nikola Mirotic

4 Pebasket Spanyol yang Pernah Meraih EuroLeague MVP, Mendominasi!Nikola Mirotic (fcbarcelona.com)

Pemain Spanyol terakhir yang terpilih sebagai EuroLeague MVP adalah Nikola Mirotic. Dengan kemampuannya yang serba bisa, tak heran pemain keturunan Montenegro ini bisa menjadi EuroLeague MVP 2022 bersama Barcelona. Pada musim tersebut, Mirotic mengumpulkan total 643 poin, 198 rebound, dan 53 assist dari 38 laga.

Hingga sekarang, Nikola Mirotic masih dipandang sebagai pebasket yang sangat hebat. Pemain yang berposisi sebagai power forward ini masih bisa memenangkan penghargaan EuroLeague lain jika masih konsisten. Di luar dari prestasinya di klub, Nikola Mirotic pun tampil cukup cemerlang di tim nasional. Sayangnya, ia telah memutuskan pensiun pada Januari 2023.

 

Spanyol memang melahirkan banyak pebasket hebat. Mereka bisa berkembang cepat di EuroLeague dan menjadi pemain terbaik di kompetisi tersebut. Bukan tak mungkin pemain-pemain Spanyol lain, seperti Juan Hernangomez, Willy Hernangomez, Ricky Rubio, dan Santi Aldama akan menjadi EuroLeague MVP ketika mereka kembali ke Eropa.

Baca Juga: 5 EuroLeague MVP yang Pernah Catatkan Prestasi di NBA, Doncic Moncer!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya