4 Pebasket NBA di Skuad Serbia Olimpiade Paris 2024

Nikola Jokic siap diandalkan #Olimpiade2024

Serbia menjadi salah satu pesaing kuat peraih medali emas cabang olahraga basket di Olimpiade Paris 2024. Hal ini cukup beralasan karena negara pecahan Yugoslavia ini memiliki deretan pemain berkualitas. Mereka adalah pemain berpengalaman yang dikombinasikan dengan pemain muda berbakat.

Dari 12 pemain yang dibawa Svetislav Pesic ke Olimpiade Paris 2024, 4 di antaranya merupakan pemain NBA. Kelima pemain tersebut diprediksi bisa memberikan pengaruh dan kontribusi yang besar untuk negaranya. Siapa sajakah pemain yang dimaksud?

1. Bogdan Bogdanovic berperan sebagai kapten Serbia

4 Pebasket NBA di Skuad Serbia Olimpiade Paris 2024Bogdan Bogdanovic (fiba.basketball)

Musim 2023/2024 merupakan musim terbaik Bogdan Bogdanovic selama berkarier di NBA. Ia tampil sangat hebat bersama Atlanta Hawks meski berperan sebagai pemain pengganti. Torehan poin melalui kecepatan dan tembakannya menjadi senjata utama pemain satu ini.

Kehebatan itu siap Bogdanovic bawa ke Olimpiade Paris 2024 untuk Timnas Serbia. Ia diprediksi akan menjadi pilihan utama yang mengisi posisi shooting guard atau small forward. Selain berkontribusi besar dalam permainan, ia juga memiliki peran yang sangat penting di dalam tim. Pasalnya, ia berstatus sebagai kapten bagi negaranya.

2. Vasilije Micic berperan sebagai otak permainan Serbia

4 Pebasket NBA di Skuad Serbia Olimpiade Paris 2024Vasilije Micic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Vasilije Micic menjalani musim pertamanya di NBA pada 2023/2024 dengan performa yang relatif meningkat. Ia pertama kali tampil untuk Oklahoma City Thunder sebagai pemain pelapis. Lalu, ia pindah ke Charlotte Hornets dan dipilih sebagai salah satu pemain andalan.

Micic sendiri merupakan pemain andalan Timnas Serbia di setiap kompetisi. Ia dipercaya sebagai otak permainan Serbia dan siap melayani rekan-rekan setimnya. Dengan hal tersebut, ia berpeluang besar menjalani peran sebagai pemain utama Serbia di Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga: 3 Pemain Eropa yang Meraih NBA Most Valuable Player, Jokic Dominan!

3. Nikola Jokic siap jadi ancaman bagi tim lain

4 Pebasket NBA di Skuad Serbia Olimpiade Paris 2024Nikola Jokic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Dengan reputasinya sebagai pemain bintang di Denver Nuggets, Nikola Jokic tentu menjadi pusat perhatian di Timnas Serbia. Pemain yang berposisi center ini tentu akan mengisi posisi utama di posisi favoritnya. Kehebatannya dalam mencetak angka dan bertahan, serta kemampuannya dalam membagi bola menjadi atribut yang paling utama darinya.

Dalam beberapa turnamen terakhir yang diikuti Serbia, Jokic kerap hadir sebagai pencetak poin utama. Hal ini tersebut membuatnya terbiasa memikul peran dan tanggung jawab yang besar. Sehingga tak usah heran jika ia bisa meledak dan mencuri perhatian di Olimpiade Paris 2024.

4. Nikola Jovic bagian dari generasi baru Timnas Serbia

4 Pebasket NBA di Skuad Serbia Olimpiade Paris 2024Nikola Jovic (fiba.basketball)

Berbeda dengan beberapa nama sebelumnya yang telah mendapatkan jaminan menjadi pemain utama, Nikola Jovic justru belum mendapat hal tersebut. Ia perlu bersaing dengan Filip Petrusev yang biasa jadi pilihan utama. Meski begitu, ia masih memiliki peluang yang sangat besar untuk jadi pemain inti Serbia di Olimpiade Paris 2024. 

Selama 2023/2024, Jovic tak begitu mentereng di Miami Heat. Hal tersebut membuatnya sedikit diragukan. Meski begitu,  power forward Miami Heat ini siap unjuk kebolehan di Olimpiade Paris 2024 dan memberikan jaminan bila masa depan Serbia berada di tangan yang tepat.

Serbia sendiri berada di grup yang cukup sulit bersama Amerika Serikat, Sudan Selatan, dan Puerto Rico. Namun, jika dibandingkan secara kualitas dan pengalaman, Serbia seharusnya bisa lolos ke fase gugur. Hal ini juga didukung oleh sejumlah pemain ternama, khususnya pemain NBA dalam daftar ini yang memiliki kualitas hebat.

Baca Juga: Olimpiade 2024 Paris Paling Ramah Lingkungan

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya