10 Pebasket NBA di Skuad Kanada Olimpiade Paris 2024

Usung misi yang cukup berat #Olimpiade2024

Kanada menjadi salah satu calon kuat peraih medali emas cabang olahraga basket putra Olimpiade Paris 2024. Deretan pemain berkualitas yang menghuni skuad Kanada menjadi alasan mereka layak untuk dijagokan. Ada beberapa nama tenar yang menghuni skuad ini.

Dari 12 pemain yang dibawa Kanada ke Olimpiade Paris 2024, 10 di antaranya merupakan pemain NBA. Siapa sajakah mereka?

1. Luguentz Dort siap jadi senjata yang mematikan

10 Pebasket NBA di Skuad Kanada Olimpiade Paris 2024Lunguentz Dort (fiba.basketball)

Luguentz Dort tampil sangat baik bersama Oklahoma City Thunder pada 2023/2024. Peran tersebut siap ia tampilkan bersama Kanada di Olimpiade Paris 2024. Ia diprediksi berperan sebagai pelapis. Namun, Dort tetap harus diwaspadai lawannya karena ia bisa menjadi senjata yang mematikan.

Baca Juga: 3 Negara Debutan di Cabor Bulu Tangkis Olimpiade 2024

2. Nickeil Alexander-Walker kalah saing dari Jamal Murray

10 Pebasket NBA di Skuad Kanada Olimpiade Paris 2024Nickeil Alexander-Walker (fiba.basketball)

Nickeil Alexander-Walker tampaknya akan menjadi pelapis dari Jamal Murray. Secara kualitas, pemain Minnesota Timberwolves ini memang kalah dari Murray. Meski begitu, ia diprediksi bisa mendapatkan menit bermain yang memuaskan.

3. Shai Gilgeous-Alexander jadi tulang punggung Kanada

10 Pebasket NBA di Skuad Kanada Olimpiade Paris 2024Shai Gilgeous-Alexander (fiba.basketball)

Shai Gilgeous-Alexander tampil sebagai tulang punggung utama Kanada di FIBA World Cup 2023 lalu. Ia memimpin statistik poin, rebound, dan assist untuk timnya pada turnamen tersebut. Untuk Olimpiade Paris 2024 ini, pemain Oklahoma City Thunder ini pun siap melakukan hal yang sama. Meski hebat dan sulit dihentikan, Alexander tetap membutuhkan sokongan dari rekan setimnya.

4. Jamal Murray siap dongkrak prestasi Kanada

10 Pebasket NBA di Skuad Kanada Olimpiade Paris 2024Jamal Murray (fiba.basketball)

Jamal Murray gagal tampil di FIBA World Cup 2023. Namun, untuk Olimpiade Paris 2024, ia tersedia dan siap membawa Kanada berprestasi. Dengan kemampuan apiknya, ia dipercaya akan menjadi salah satu nyawa permainan Kanada. Pemain Denver Nuggets ini diprediksi akan menjadi bintang utama Kanada bersama Shai Gilgeous-Alexander.

5. Dillon Brooks bisa tampil berbahaya dari bangku cadangan

10 Pebasket NBA di Skuad Kanada Olimpiade Paris 2024Dillon Brooks (fiba.basketball)

Hadirnya Jamal Murray tampaknya mendorong posisi Dillon Brook ke bangku cadangan. Meski begitu, pemain Houston Rockets ini masih bisa memberikan kontribusi besar. Sebab, ia diprediksi menjadi salah satu pemain cadangan dengan menit bermain yang banyak. Ia bisa menjadi senjata rahasia Kanada yang patut diwaspadai oleh lawan.

6. Kelly Olynyk berperan sebagai kapten

10 Pebasket NBA di Skuad Kanada Olimpiade Paris 2024Kelly Olynyk (fiba.basketball)

Di tengah deretan pemain bintang di skuad Kanada, Kelly Olynyk merupakan pemimpinnya. Keberadaan pemain Toronto Raptors ini bisa memberikan dukungan moral tersendiri bagi rekan setimnya. Terlebih lagi, ia merupakan seorang kapten dan sering tampil luar biasa ketika membela Kanada. Ia diprediksi akan menjadi pilihan utama untuk posisi power forward.

7. Dwight Powell diyakini jadi pilaihan utama untuk posisi center

10 Pebasket NBA di Skuad Kanada Olimpiade Paris 2024Dwight Powell (fiba.basketball)

Meski gagal tampil gemilang bersama Dallas Mavericks pada 2023/2024, Dwight Powell diyakini masih memiliki tempat yang aman di Timnas Kanada. Ia diprediksi akan menjadi center utama negaranya. Pengalaman dan kualitas yang lebih mentereng dari saingannya menjadi alasan Powell layak mendapatkan tempat utama.

8. RJ Barrett jadi bintang ketiga di Kanada

10 Pebasket NBA di Skuad Kanada Olimpiade Paris 2024RJ Barrett (fiba.basketball)

Untuk posisi small forward, RJ Barrett tampaknya akan mengisi posisi tersebut. Pemain Toronto Raptors itu selalu tampil hebat bersama Kanada. Ia menjadi salah satu penyumbang poin dan rebound  terbanyak saat Kanada berlaga di FIBA World Cup 2023. Jika diurutkan, Barrett bisa disebut sebagai bintang ketiga di negaranya.

9. Trey Lyles jadi opsi pelapis untuk posisi frontcourt

10 Pebasket NBA di Skuad Kanada Olimpiade Paris 2024Trey Lyles (fiba.basketball)

Trey Lyles menjalani musim yang cukup baik bersama Sacramento Kings. Oleh karena itu, ia pun dipanggil kembali oleh Timnas Kanada untuk Olimpiade Paris 2024. Akan tetapi, ia diprediksi menjadi pemain pelapis. Kendati demikian, ia bisa menjadi pelapis yang solid untuk mengisi posisi frontcourt.

10. Andrew Nembhard diprediksi jadi pelengkap

10 Pebasket NBA di Skuad Kanada Olimpiade Paris 2024Andrew Nembhard (fiba.basketball)

Andrew Nembhard merupakan pemain debutan yang membela Kanada di turnamen besar. Dengan pengalaman yang minim dan kualitas yang masih berada di bawah para seniornya, Pemain Indiana Pacers ini diprediksi akan menjadi pemain cadangan. Pemain yang berposisi sebagai point guard ini tampaknya berada di belakang Jamal Murray dan Shai Gilgeous-Alexander.

Meski bergelimang bintang, Kanada harus waspada dengan persaingan di Olimpiade Paris 2024. Hal tersebut patut mereka terapkan sejak fase grup. Sebab, mereka berada di Grup A yang dihuni oleh tim-tim kuat, seperti Australia, Yunani, dan Spanyol.

Baca Juga: 5 Top Skor Cabang Sepak Bola Pria dalam 5 Olimpiade Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya