7 Pebasket Amerika Serikat yang Debut di EuroLeague 2023/2024

EuroLeague selalu bisa jadi pilihan

EuroLeague sering kali disebut sebagai kompetisi bola basket terbaik kedua di dunia. Kompetisi ini kerap menjadi pilihan bagi para pemain NBA yang tak mendapatkan kontrak dari tim NBA mana pun. Gaji besar, kompetisi yang ketat, serta atmosfer penonton yang luar biasa sanggup menarik banyak pemain NBA untuk bermain di EuroLeague.

Hal tersebut juga dialami tujuh pebasket asal Amerika Serikat yang pada 2023/2024 menjalani tahun pertamanya di EuroLeague. Mereka tersebar di berbagai tim dari negara berbeda. Siapa sajakah ketujuh nama tersebut?

1. Frank Jackson dikabarkan akan dilepas LDLC ASVEL

7 Pebasket Amerika Serikat yang Debut di EuroLeague 2023/2024Frank Jackson (nba.com)

Hanya mencatatkan satu laga pada 2022/2023 bersama Utah Jazz membuat Frank Jackson tak menarik tim NBA. Oleh karena itu, ia pindah ke EuroLeague pada 2023/2024. Ia bergabung dengan tim asal Prancis yang dimiliki Tony Parker, LDLC ASVEL. Permainan Jackson di ASVEL sebenarnya cukup mentereng. Kendati demikian, ASVEL tidak puas dan dikabarkan akan melepas Jackson dalam waktu dekat.

2. Jabari Parker mengalami peningkatan performa di Barcelona

7 Pebasket Amerika Serikat yang Debut di EuroLeague 2023/2024Jabari Parker (euroleaguebasketball.net)

Terpilih di urutan kedua pada NBA Draft 2014 tak menjamin Jabari Parker akan hebat di NBA. Sejak 2019, Parker dapat dikatakan mengalami penurunan performa akibat cedera yang ia derita. Oleh karena itu, Parker pun jarang mendapatkan kontrak dengan durasi lama di NBA. Pada musim ini, Parker pindah ke EuroLeague untuk bermain bersama Barcelona. Dilihat dari statistik, performa Parker saat ini mulai meningkat.

3. Frank Kaminsky pulang ke negara nenek moyang

7 Pebasket Amerika Serikat yang Debut di EuroLeague 2023/2024Frank Kaminsky (nba.com)

Frank Kaminsky merupakan power forward asal Amerika Serikat yang memiliki darah Serbia. Setelah 8 tahun berkarier di NBA, Kaminsky pun pulang ke tanah moyangnya, Serbia, untuk berkarier bersama Partizan Belgrade. Keputusan Kaminsky untuk bermain di Partizan Belgrade dipengaruhi alasan lain. Peran yang tak memuaskan bersama tim NBA serta saran dari mantan rekan setimnya, Bogdan Bogdanovic, berhasil mendorongnya bermain di EuroLeague.

Baca Juga: Harapan Karier Sterling Brown Bersama Alba Berlin di Eropa

4. Kontrak 1 tahun untuk PJ Dozier di Partizan Belgrade

7 Pebasket Amerika Serikat yang Debut di EuroLeague 2023/2024PJ Dozier (nba.com)

Sama seperti Frank Kaminsky, PJ Dozier juga bermain untuk Partizan Belgrade musim ini. Kala bermain di NBA, Dozier memiliki karier yang jauh dari kata baik. Ia lebih sering menjadi pemain pelapis dan tak jarang dikirim untuk membela tim G League. Oleh karena itu, Dozier pun pindah ke Partizan Belgrade untuk mendapatkan karier yang lebih baik.

5. Kemba Walker siap kembalikan performa di AS Monaco

7 Pebasket Amerika Serikat yang Debut di EuroLeague 2023/2024Kemba Walker (nba.com)

Performa Kemba Walker cukup menurun setelah hengkang dari Boston Celtics pada 2021. Permainan yang tak konsisten ditambah cedera yang sering membekapnya membuat Walker berubah status menjadi pemain pelapis. Pada 2023/2024, ia mencoba peruntungan dengan bergabung bersama AS Monaco di EuroLeague. Sayangnya, Kemba Walker belum bisa menunjukkan performa terbaik per pertengahan November 2023.

6. Sterling Brown jadi andalan baru Alba Berlin

7 Pebasket Amerika Serikat yang Debut di EuroLeague 2023/2024Sterling Brown (nba.com)

Karier yang tak menentu membuat Sterling Brown pindah dari NBA. Pada musim ini, ia memilih untuk bergabung dengan Alba Berlin, tim asal Jerman yang berlaga di EuroLeague. Keputusannya tersebut terbukti tepat karena Brown sukses unjuk gigi. Mantan pemain Dallas Mavericks dan Milwaukee Bucks ini hadir sebagai andalan baru Alba Berlin.

7. Kendrick Nunn bergabung ketika musim 2023/2024 telah digelar

7 Pebasket Amerika Serikat yang Debut di EuroLeague 2023/2024Kendrick Nunn (kanan) (euroleaguebasketball.net)

Kendrick Nunn baru bergabung ke Panathinaikos pada 31 Oktober 2023 ketika EuroLeague 2023/2024 tengah berlangsung. Ia memilih pindah ke EuroLeague karena tak ada tim yang kunjung mengontraknya. Padahal, Nunn masih cukup kuat untuk bertarung di NBA. Kendati demikian, Nunn diharapkan bisa semakin bersinar ketika mencoba EuroLeague  

Tujuh pemain ini memiliki alasan yang berbeda-beda untuk bermain di EuroLeague. Kebanyakan dari mereka tak mendapatkan kontrak dari tim NBA mana pun. EuroLeague lantas jadi pilihan paling baik untuk karier bola basket mereka.

Baca Juga: Kemba Walker Hengkang dari NBA, Pindah ke AS Monaco 

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya