4 Wakil Benua Amerika di Cabor Basket Olimpiade Paris 2024

Amerika Serikat dan Kanada tentu unggulan #Olimpiade2024

Intinya Sih...

  • Amerika Serikat dan Kanada diunggulkan meraih medali emas basket Olimpiade Paris 2024
  • Kanada memiliki pemain kelas dunia seperti RJ Barrett, Jamal Murray, Kelly Olynyk, dan Dwight Powell
  • Brasil juga unggul dengan pemain hebat seperti Raul Neto, Cristiano Felicio, Bruno Caboclo, dan Yago Santos

Cabang olahraga basket Olimpiade Paris 2024 mempertandingkan 12 tim dari berbagai benua. Dari benua Amerika yang terdiri dari Amerika Utara, Kepulauan Karibia, dan Amerika Selatan, ada empat tim yang mewakili. Keempat tim tersebut memiliki kans berbeda di Olimpiade Paris 2024.

Ada tim yang dijagokan menjadi juara dan ada pula tim yang diprediksi hanya menjadi pelengkap turnamen. Negara apa sajakah itu? Untuk melihat peta kekuatannya, yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Kanada dibekali deretan pemain ternama

4 Wakil Benua Amerika di Cabor Basket Olimpiade Paris 2024Timnas bola basket Kanada. (fiba.basketball)

Kanada menjadi salah satu negara yang sangat unggul dalam hal bola basket. Mereka pun layak diunggulkan di Olimpiade Paris 2024. Hal tersebut didukung oleh materi pemain berkelas yang mereka miliki. RJ Barrett, Jamal Murray, Kelly Olynyk, Dwight Powell, Dillon Brooks, Luguentz Dort, dan Shai Gilgeous-Alexander merupakan beberapa di antaranya.

Namun, langkah Kanada untuk meraih medali emas sudah terasa sulit sejak fase grup. Pasalnya, Kanada berada di grup ketat bersama Australia, Yunani, dan Spanyol. Keempat negara tersebut memiliki kualitas dan peluang yang relatif seimbang untuk lolos ke delapan besar.

Baca Juga: 4 Negara yang Pernah Meraih Medali Emas di Cabor Basket Olimpiade

2. Brasil tak bisa diremehkan

4 Wakil Benua Amerika di Cabor Basket Olimpiade Paris 2024Timnas Basket Brasil (fiba.basketball)

Brasil memang lebih mentereng dalam sepak bola. Namun, kualitas mereka dalam bola basket juga tak bisa diremehkan. Sebab, Brasil menjadi salah satu negara yang paling unggul bola basketnya di wilayah Amerika Selatan. Selain itu, Brasil juga memiliki deretan pemain hebat, seperti Raul Neto, Cristiano Felicio, Bruno Caboclo, Yago Santos, dan Marcelino Huertas.

Brasil sendiri tergabung di Grup B bersama Prancis, Jerman, dan Jepang. Meski peluang Brasil cukup sulit untuk jadi penguasa grup, mereka masih berpeluang lolos sebagai peringkat ketiga. Mereka diprediksi bisa lolos ke fase gugur meski mungkin bakal kesulitan pada fase tersebut.

3. Puerto Rico siap buat kejutan di Olimpiade Paris 2024

4 Wakil Benua Amerika di Cabor Basket Olimpiade Paris 2024Timnas Basket Puerto Rico (fiba.basketball)

Puerto Rico sempat membuat kejutan di FIBA World Cup 2023. Kejutan tersebut juga siap mereka sajikan di Olimpiade Paris 2024. Puerto Rico berada satu grup bersama Amerika Serikat, Sudan Selatan, dan Serbia.

Jika dibandingkan dengan ketiga saingannya itu, Puerto Rico seharusnya waspada. Sebab, mereka kalah kualitas dibandingkan Serbia dan Amerika Serikat. Selain itu, Puerto Rico juga harus waspada dengan Sudan Selatan yang kualitasnya sedang menanjak. Puerto Rico sendiri dihuni oleh sejumlah pemain ternama, seperti Tremont Waters, Jose Alvarado, dan Jordan Howard.

4. Amerika Serikat siap lanjutkan tradisi raih medali emas

4 Wakil Benua Amerika di Cabor Basket Olimpiade Paris 2024Timnas Basket Amerika Serikat (olympics.com)

Bukan rahasia lagi jika Amerika Serikat adalah tim unggulan di berbagai turnamen basket. Di Olimpiade Paris 2024, mereka pun tetap jadi unggulan utama. Hal ini cukup beralasan mengingat Paman Sam membawa sejumlah pemain bintang, mulai dari LeBron James, Stephen Curry, Joel Embiid, Kevin Durant, hingga Jayson Tatum.

Dengan skuad yang ada, Amerika Serikat memiliki target besar untuk mempertahankan tradisi meraih emas di Olimpiade. Meski begitu, mereka patut waspada. Sebab, mereka bisa saja terpeleset bila terlalu meremehkan lawan-lawannya. Amerika Serikat sendiri tergabung di Grup C bersama Serbia, Puerto Rico, dan Sudan Selatan.

Amerika Serikat dan Kanada menjadi negara dari benua Amerika yang paling dijagokan meraih medali emas basket Olimpiade Paris 2024. Kedua negara tersebut memiliki budaya yang cukup kental dengan olahraga satu ini. Selain itu, deretan pemain berkualitas yang ada di skuad masing-masing turut menguatkan prediksi tersebut.

Baca Juga: 6 Cabang Olahraga Tertua di Olimpiade, Sudah Ada sejak Zaman Kuno

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya