Voli Pantai Indonesia Punya Peluang Tampil di Olimpiade 2024 Paris

Tim putra dan putri jaga asa tembus Olimpiade

Intinya Sih...

  • Tim voli pantai Indonesia berpeluang menambah wakil ke Olimpiade 2024 Paris
  • Bintang Akbar/Sofyan Rachman Efendi keluar sebagai juara Volleyball World Beach Pro Tour 2024
  • Indonesia sudah punya 17 wakil yang memastikan diri lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris

Jakarta, IDN Times - Kabar baik datang dari tim voli pantai Indonesia. Skuad Merah Putih berpeluang menambah wakil ke Olimpiade 2024 Paris dari cabang olahraga tersebut.

Peluang ini terbuka setelah skuad voli pantai putra Indonesia Bintang Akbar/Sofyan Rachman Efendi keluar sebagai juara di Volleyball World Beach Pro Tour 2024 usai mengalahkan pesaing-pesaing tangguh yakni Thailand, Kanada sampai Brasil.

Dari nomor putri, Desi Ratnasari/Nur Atika Sari melesat ke semifinal Volleyball World Beach Pro Tour 2024. Desi/Nur akan melanjutkan perjuangan ke semifinal AVC Beach Volleyball Continental Cup di Ningbo pada 16-18 Juni 2024 mendatang.

Secara total, terdapat 24 tiket yang diperebutkan untuk lolos ke Olimpiade 2024 Paris dari cabor voli pantai. Per negara diizinkan mengirimkan maksimal dua pasangan putra dan putri.

1. Peluang Indonesia masih terbuka

Voli Pantai Indonesia Punya Peluang Tampil di Olimpiade 2024 ParisTim voli pantai Indonesia jaga asa lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris (dok. AVC/Asian Volleyball Championship)

Setiap tim yang berada dalam urutan 17 besar dunia dalam ranking Olimpiade mulai 1 Januari 2023 hingga 9 Juni 2024 mendatang akan mendapat tiket berlaga di ajang empat tahunan tersebut.

Selain itu, tiket Olimpiade juga bisa diraih dengan menjadi pemenang dari kualifikasi olimpiade kontinental yang mewakili lima konfederasi (AVC, CAVB, CEV, NORCECA, CSV) baik di nomor putra maupun putri.

Skuad putra Indonesia berpeluang mendapat tiket ke Olimpiade dengan menjadi juara di putaran final AVC Beach Volleyball Continental Cup di Ningbo, China, 21-23 Juni 2024 mendatang.

Sementaraa tim putri yang saat ini berada di peringkat keempat masih akan tampil di semifinal Continental Cup pada 16-18 Juni 2024 mendatang. 

"Kami masih terus berjuang dengan harapan bisa menang dan lolos ke Olimpiade Paris 2024,” kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PB PBVSI), Imam Sudjarwo, dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Tekad Anthony Ginting Perbaiki Diri Jelang Olimpiade 2024

2. Indonesia sudah punya 17 wakil

Voli Pantai Indonesia Punya Peluang Tampil di Olimpiade 2024 ParisPeselancar putra Indonesia, Rio Waida lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris (instagram.com/riowaida_)

Indonesia sudah punya 17 wakil yang memastikan diri lolos kualifikasi Olimpiade 2024. Seluruhnya berasal dari sembilan cabang olahraga dan terdiri dari 20 atlet.

Adapun daftar wakil Indonesia yang sudah lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris adalah:

1. Arif Dwi Pangestu (Panahan)
2. Desak Made Rita (Panjat Tebing)
3. Diananda Choirunisa (Panahan)
4. Rifda Irfanaluthfi (Senam)
5. Fathur Gustafian (Menembak)
6. Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing)
7. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)
8. Rizki Juniansyah (Angkat Besi)
9. Rio Waida (Selancar)
10. Jonatan Christie (Bulu Tangkis)
11. Anthony Sinisuka Ginting (Bulu Tangkis)
12. Gregoria Mariska Tunjung (Bulu Tangkis)
13. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Bulu Tangkis)
14. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhantii (Bulu Tangkis)
15. Rinov Rivaldi/Pitha Haningtyas Mentari (Bulu Tangkis)
16. Bernard Benyamin Van Aert (Balap Sepeda)
17. La Memo (Dayung)

Baca Juga: PBSI Pantau Ketat Kondisi Atlet Lolos Olimpiade 2024

3. Bisa akhiri penantian 28 tahun

Voli Pantai Indonesia Punya Peluang Tampil di Olimpiade 2024 ParisKetua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari (dok. NOC Indonesia)

Jika berhasil menembus Olimpiade 2024 Paris, skuad voli pantai Indonesia akan mengakhiri penantian 28 tahun mereka untuk berpartisipasi dalam ajang olahraga terakbar dunia tersebut.

Terakhir kali skuad voli pantai Indonesia lolos Olimpiade adalah pada edidi 1996 Atlanta yang diwakili Mohamed Nurmufid/Markoji dan tim putri diwakili Timy Yudhani Wahayu/Eta Kaize.

“Kami bersyukur masih ada voli pantai yang berpotensi menambah skuad Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Mudah-mudahan peluang ini masih bisa terjaga dan kami akan kawal ketat supaya kali ini voli pantai bisa lolos,"kata Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari.

Baca Juga: Lionel Messi Masih Punya Peluang Main di Olimpiade 2024

Baca Juga: La Memo Kunci Tiket ke Olimpiade 2024 Paris!

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya