Veddriq dan Rajiah Kunci Tiket ke Olimpiade 2024 Paris

Indonesia punya empat wakil panjat tebing di Olimpiade

Jakarta, IDN Times - Kabar baik datang dari cabang olahraga panjat tebing. Sebanyak dua pemanjat Indonesia mengunci tiket tambahan ke Olimpiade 2024 setelah melewati kualifikasi di Budapest, Hungaria.

Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah berhasil mengamankan tempat untuk mentas di Olimpiade 2024 Paris dari nomor speed pada Minggu dini hari WIB (22/6/2024). Kepastian ini didapatkan setelah Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah sama-sama menempatkan dirinya di urutan tiga final seri kedua kualikasi Olimpiade Paris 2024 di Budapest.

1. Catatan waktu yang dibukukan

Veddriq dan Rajiah Kunci Tiket ke Olimpiade 2024 ParisVeddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah mengunci tiket ke Olimpiade 2024 Paris (Instagram.com/fpti_official)

Veddriq membukukan catatan waktu 5,05 detik di nomor speed putra. Pada putaran ini, Veddriq melawan rekan senegaranya, Aspar Jaelolo, yang finis dengan waktu 5,61 detik.

Sementara itu, Rajiah membukukan catatan waktu 6,64 detik di nomor speed putri saat melawan wakil China, Niu Di asal, yang finis 6,71 detik. Hasil ini membawa Veddriq dan Rajiah meraih perunggu dengan total 91 poin untuk Veddriq (posisi dua besar) dan 86 poin untuk Rajiah (posisi tiga besar). Capaian ini cukup untuk membawa Veddriq dan Rajiah mengunci tempat di Olimpiade 2024 Paris.

Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid, mengatakan capaian ini menjadi bukti persiapan skuad panjat tebing Indonesia yang sudah matang.

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung Veddriq dan Rajiah dalam persiapan menuju Olimpiade Paris 2024," ujar Yenny.

Baca Juga: KOI Optimistis Indonesia Raih Medali di Olimpiade Paris 2024

2. Panjat Tebing diwakili empat atlet

Veddriq dan Rajiah Kunci Tiket ke Olimpiade 2024 ParisVeddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah bersama pelatih Hendra Basir usai mengunci tiket ke Olimpiade 2024 Paris (Instagram.com/fpti_official)

Capaian Veddriq dan Rajiah memperdalam kekuatan panjat tebing Indonesia di Olimpiade 2024 Paris. Kini, Merah Putih punya empat wakil panjat tebing di Paris 2024. Sebelumnya, dua tiket sudah lebih dulu diamankan Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmad Adi Mulyono.

"Keberhasilan Veddriq dan Rajiah adalah bukti dari kerja keras dan dedikasi yang luar biasa. Mereka telah menunjukkan kualitas dan semangat juang yang tinggi. Kami sangat bangga dan optimis mereka akan memberikan yang terbaik di Paris nanti," ujar pelatih tim panjat tebing Indonesia, Hendra Basir, mengutip laman resmi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI).

3. Hasil dari kerja sama

Veddriq dan Rajiah Kunci Tiket ke Olimpiade 2024 ParisVeddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah mengunci tiket ke Olimpiade 2024 Paris (Instagram.com/fpti_official)

Bagi Veddriq, keberhasilannya menembus panggung Olimpiade merupakan buah dari kerja sama tim. Dia bertekad memberikan yang terbaik, yakni meraih emas di Paris.

"Saya sangat bersyukur atas dukungan dari semua pihak. Keberhasilan (meraih tiket olimpiade) ini adalah buah dari kerja keras dan komitmen bersama. Saya akan terus berlatih keras untuk memberikan yang terbaik di Paris nanti,” kata Veddriq.

Hal senada juga diugkapkan Rajiah. Dia mengaku ini menjadi momentum istimewa dalam hidupnya.

"Terima kasih kepada semua yang telah memberikan dukungan dan motivasi. Saya akan terus berjuang untuk memberikan yang terbaik di Paris nanti," kata Rajiah.

Baca Juga: Desak Made dan Mimpinya Raih Emas Panjat Tebing di Olimpiade 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya