Veddriq Bakal Diarak, FPTI Belum Terima Undangan Resmi

Undangan Veddriq ke IKN pun belum sampai secara resmi

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menggelar pawai untuk para atlet peraih medali di Olimpiade 2024 Paris. Ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi atas capaian para atlet di panggung olahraga terakbar dunia empat tahunan tersebut.

Namun, undangan untuk mengikuti arak-arakan ini tidak sampai secara resmi kepada Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Padahal, medali emas Olimpiade 2024 Paris pertama Indonesia datang dari atlet panjat tebing, Veddriq Leonardo.

"Informasi dari Kesekjenan FPTI, belum menerima undangan resmi dari kegiatan tersebut," kata manajer tim Panjat Tebing Indonesia, Rizali Umarella atau yang akrab disapa Ichal saat dikonfirmasi IDN Times pada Rabu (14/8/2024) malam.

1. Undangan tidak dikirim resmi ke federasi

Veddriq Bakal Diarak, FPTI Belum Terima Undangan ResmiAtlet panjat tebing putra Indonesia, Veddriq Leonardo di podium speed putra usai memenangkan medali emas di Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Meski federasi belum menerima undangan resmi, Ichal mengaku mengetahui adanya pawai yang akan digelar pada Kamis (15/8/2024). Ichal mengatakan, agaknya undangan disampaikan langsung ke atlet.

"Kesekjenan juga belum menerima surat resminya. Mungkin dikirim langsung ke atlet, Veddriq. Tapi, kami mengapresiasi diadakannya kegiatan ini," ujar Ichal.

Baca Juga: Rundown Pawai Medali Olimpiade 2024, dari Senayan ke Istana Negara

2. Undangan ke IKN juga belum diterima resmi

Veddriq Bakal Diarak, FPTI Belum Terima Undangan ResmiGaruda IKN (kemenparekraf.go.id)

Para peraih medali emas Olimpiade 2024 kabarnya juga menerima undangan untuk mengikuti upacara bendera HUT RI Ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Namun, Ichal mengatakan, undangan untuk Veddriq berangkat ke IKN pun belum diterima federasi secara resmi.

"Saya, sampai hari ini, masih belum clear undangannya. Sebagai manajer, saya belum lihat. Jujur saja, saya belum lihat (undangannya)," ujar Ichal.

3. Evaluasi proses komunikasi

Veddriq Bakal Diarak, FPTI Belum Terima Undangan ResmiAtlet panjat tebing putra Indonesia, Veddriq Leonardo di podium speed putra usai memenangkan medali emas di Olimpiade 2024 Paris (dok.NOC Indonesia/Naif Muhammad Al’as/Canon Indonesia)

Ichal menyayangkan adanya proses komunikasi yang tidak berjalan mulus terkait dengan undangan untuk FPTI.

"Kadang-kadang ada proses-proses komunikasi yang menurut saya agak aneh. Tidak lewat federasi komunikasinya. Jadi modelnya undangan langsung. Padahal kan enaknya itu berorganisasi, antara organisasi berkomunikasi, tinggal pasti sampai ke atlet," kata Rizali.

Dia berharap, hal ini bisa menjadi catatan evaluasi untuk diperbaiki kedepannya.

"Federasi itu harus menjadi pusat informasi karena berhubungan dengan banyak hal. Karena berhubungan dengan kegiatan lainnya dari atlet tersebut," ujar Ichal.

Baca Juga: Kisah Visa dan Akreditasi Panjat Tebing di Olimpiade 2024 yang Telat

Topik:

  • Satria Permana
  • Margith Juita Damanik

Berita Terkini Lainnya