Tim Renang Target Pecahkan Rekor Nasional di Olimpiade 2024

Joe Aditya dan Azzahra siap tampil

Jakarta, IDN Times - Skuad Akuatik Indonesia mengirim dua perenang untuk tampil di Olimpiade 2024 Paris. Memecahkan rekor nasional menjadi harga mati untuk dicapai dua perenang Indonesia di Olimpiade.

"Kalau target kita pasti harus rekor nasional ya, itu udah harga mati sebetulnya. Harus bisa memencahkan Rekor nasional. Karena cuma turun satu nomor kan," kata Pelatih timnas renang Indonesia Albert Susanto dihubungi IDN Times pada, Selasa (9/7/2024) malam WIB.

1. Target wajib untuk Joe Aditya

Tim Renang Target Pecahkan Rekor Nasional di Olimpiade 2024Atlet renang Indonesia, Joe Aditya (Instagram.com/joeaditya281)

Target memecahkan rekor nasional paling dibebankan kepada Joe Aditya. Sebab, Joe sejak awal memang masuk dalam skuad yang diproyeksikan tampil di Olimpiade 2024 Paris.

Spesialis renang 100 meter gaya kupu-kupu putra itu membukukan catatan di Kejuaraan Nasional 5th Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) 2023. Joe memecahkan rekor nasional (rekornas) dengan catatan 52,75 detik.

Setelah menjalani pemusatan latihan, Albert mengatakan catatan best time Joe Aditya saat ini nyaris mencapai rekornasnya.

"(Best time) masih terpaut kira-kira hampir satu detikan," kata Albert.

2. Target berbeda untuk Azzahra

Tim Renang Target Pecahkan Rekor Nasional di Olimpiade 2024Azzahra Permatahani (Instagram.com/zahrapermatahani)

Beda cerita dengan Azzahra Permatahani. Target yang dibebankan kepada Azzahra tidak sebesar Joe Aditya. Sebab, Azzahra sebenarnya diproyeksikan untuk PON, bukan untuk Olimpiade.

"Untuk Azhara, kita gak tau seberapa cepat nanti di Olimpiadenya. Tapi, kita tetap targetnya, ya, harus yang terbaik, lah," kata Albert.

Nama Azzahra dikeluarkan oleh World Aquatic untuk mewakili Indonesia di Olimpiade 2024. Ini membuat Azzahra yang semula dipersiapkan untuk PON harus bergegas menyesuaikan diri untuk mampu bersaing di Olimpiade.

Terlepas dari masa penyesuaian yang mepet, Albert meyakini Azzahra siap menampilkan yang terbaik di Paris.

"Tapi, gak masalah, sih. Sebetulnya mentally Azzahra cukup ready," pungkas Albert yakin.

3. Dua atlet Indonesia lolos jalur

Tim Renang Target Pecahkan Rekor Nasional di Olimpiade 2024Azzahra Permatahani (Instagram.com/zahrapermatahani)

Dua dua perenang Indonesia, Joe Aditya dan Azzahra Permatahani berhasil mengunci tiket tambahan ke Olimpiade Paris 2024.

Keduanya bakal bertolak ke Paris lewat jalur Universality Places. Kepastian ini diperoleh Pengurus Besar Akuatik Indonesia setelah menerima surat resmi dari Federasi Akuatik Dunia atau World Aquatic, Rabu (3/7/2024).

Baca Juga: Profil Joe Aditya, Debutan Indonesia di Olimpiade 2024

Baca Juga: 2 Atlet Renang Indonesia Kunci Tiket ke Olimpiade Paris 2024

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya