Tim Panjat Tebing Indonesia Dominan di Asian Games 2022

Sebanyak empat wakil Indonesia lolos kualifikasi

Jakarta, IDN Times - Tim panjat tebing Indonesia mendominasi nomor speed Asian Games 2022 Hangzhou. Sebanyak empat pemanjat Indonesia memastikan diri lolos ke putaran final usai mendominasi kualifikasi yang digelar pada Selasa (3/10/2023).

Veddriq Leonardo, Kiromal Katibin, Desak Made Rita Kusuma Dewi, dan Rajiah Sallsabillah, memastikan diri akan bertanding dalam final yang digelar di Shaoxing Keqiao Yangshan Sport Climbing Centre, malam nanti. Dengan situasi ini, ada potensi Indonesia panen medali.

1. Speed putra mendominasi

Tim Panjat Tebing Indonesia Dominan di Asian Games 2022Veddriq Leonardo di Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di Seoul, Korea Selatan (Twitter.com/ifsclimbing)

Dua wakil speed putra Indonesia mengantongi tiket ke kualifikasi Asian Games 2022. Keduanya menempati peringkat pertama dan ketiga di kualifikasi.

Veddriq Leonardo jadi yang paling cepat dengan catatan waktu 4,97 detik. Sementara, Kiromal Katibin menempati posisi ketiga dengan catatan waktu 5,16 detik.

Baca Juga: Panjat Tebing Indonesia Bidik 4 Tiket untuk Olimpiade 2024

2. Desak Made pecahkan rekor

Tim Panjat Tebing Indonesia Dominan di Asian Games 2022Pemanjat putri Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi jadi yang tercepat di babak kualifikasi Piala Dunia Panjat Tebing 2022 seri Jakarta (IDN Times/Tata Firza)

Tak cuma lolos ke final, Desak Made Rita Kusuma Dewi juga memecahkan rekor Asian Games. Dia mampu menorehkan catatan waktu tercepat 6,6 detik di babak kualifikasi.

Rekor ini mengalahkan catatan pemanjat Indonesia sebelumnya, Aries Susanti Rahayu dengan catatan 7,61 detik pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang lalu.

Tak hanya Desak Made, tiket lolos kualifikasi ke final juga diamankan Rajiah Sallsabillah dengan catatan waktu 6,87 detik.

3. Sesuai prediksi tim pelatih

Tim Panjat Tebing Indonesia Dominan di Asian Games 2022Runner-up Piala Dunia Panjat Tebing 2022, Kiromal Katibin (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Pelatih panjat tebing Indonesia, Hendra Basir mengatakan penampilan anak-anak didiknya sudah sesuai dengan prediksi. Meski Veddriq sempat terpeleset saat menjalani jalur A, pada dasarnya para pemanjat Indonesia diyakini bisa tampil prima dalam final nanti.

"Mudah-mudahan kalau lancar, kalau tidak terpeleset lagi kayak tadi, kualifikasi kedua yang putra, semoga bisa All Indonesian final," ujar Hendra.

Baca Juga: Keren! Desak Made Rita Amakan Tiket Olimpiade Paris 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya